Keindahan Objek Wisata Pulau Tidung yang Wajib Anda Ketahui

Keindahan Objek Wisata Pulau Tidung yang Wajib Anda Ketahui
4 (80%) 2 votes

Indonesiaituindah.com – Objek Wisata Pulau Tidung – Tahukah Anda tempat-tempat Wisata ada di Ibukota Jakarta, selain Monas, TMII dan Ancol? Jika Anda pernah berwisata ke Kepulauan Seribu, Anda pasti pernah mendengar informasi tentang objek wisata Pulau Tidung.

Pulau Tidung berada di kawasan selatan Kepulauan Seribu dan juga berdekatan dengan Pulau Pari. Pulau Tidung terdiri dari 2 pulau, yaitu Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar adalah salah satu pulau berpenghuni dan berukuran besar diantara pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, namun Pulau Tidung Kecil merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni.

Pulau Tidung merupakan pulau dengan hamparan pasir berwarna putih yang sangat cantik dan mempesona, keindahan Pulau Tidung semakin menarik dengan air laut yang jernih berwarna kebiruan yang dapat memungkinkan para wisatawan dapat menikmati keindahan bawah air lebih jauh. Karena masih banyak terdapat ikan cantik warna-warni atau terumbu karang yang mempesona. Keindahan tersebut yang menjadi daya tarik bagi wisatawan dari Pulau Tidung.
Pulau Tidung Kecil cukup terkenal dengan cerita horornya yang menarik. Beberapa pengunjung yang datang karena ingin mengetahui misteri di balik Pulau Tidung Kecil ini. Sebenarnya, yang menyeramkan dari objek wisata Pulau Tidung Kecil yaitu karena tempat ini merupakan kawasan perkebunan dan pemakaman. Warga desa Pulau Tidung biasanya dimakamkan di tempat tersebut, sehingga kebersihan di Pulau ini pun juga kurang terjaga menyebabkan banyak nyamuk bersarang di tempat itu.

Transportasi menuju Pulau Tidung

Wisata Pulau Tidung Jakarta
Bagaimana transportasi menuju Pulau Tidung? Oke, pada bagian ini akan diberikan referensi yang dapat Anda pilih untuk dapat sampai ke tempat tujuan. Jika Anda ingin ke Pulau Tidung terdapat beberapa referensi pilihan, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Anda memilih ingin cepat sampai ke Pulau Tidung dengan ongkos yang lebih atau Anda ingin menikmati perjalanan Anda dengan ongkos standar. Semua pilihan tergantung kepada Anda.

Anda dapat memilih menggunakan kapal ferry reguler atau menggunakan perahu motor (speedboat). Jika Anda memilih menggunakan kapal ferry reguler Anda membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk sampai ke Pulau Tidung. Jadwal keberangkatan kapal dari pelabuhan keberangkatan yaitu di Dermaga Pelelangan Ikan Muara Angke menuju Pulau Tidung sekitar pukul 07.00 WIB. Anda cukup merogoh dompet sebesar Rp 33.000,- untuk satu orang.
Namun jika Anda menginginkan untuk cepat sampai tujuan maka sebaiknya Anda menggunakan speedboat karena waktu tempuh akan jauh lebih sedikit. Anda dapat berangkat dari Dermaga Marina Ancol dengan menyewa speedboot, tetapi biaya yang ditawarkan akan lebih mahal dibanding menggunakan kapal ferry reguler. Nah, sekarang semua pilihan ada di tangan Anda.

Titik Ramai Wisata Pulau Tidung

Di Pulau Tidung terdapat beberapa pilihan wisata yang menarik untuk Anda nikmati, diantaranya Anda dapat melakukan wisata bahari seperti snorkeling, renang dan melihat pemandangan alam bawah laut yang indah. Selain itu, wisata yang menarik dari objek wisata Pulau Tidung yaitu Jembatan Cinta Pulau Tidung.

Jembatan Cinta Pulau Tidung adalah sebuah jembatan yang terbuat dari kayu dengan panjang kira-kira 800 m. Jembatan tersebut membentang menyambungkan dua pulau yaitu antara Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Dari jembatan cinta tersebut wisatawan dapat melihat pemandangan di dalam laut seperti terumbu karang yang luar biasa mempesona dan ikan-ikan yang berenang indah dari sisi jembatan.

Pada menjelang pagi atau sore hari, jembatan cinta Pulau Tidung menjadi lokasi yang sangat romantis untuk menikmati keindahan sunrise dan sunset. Di jembatan cinta banyak digunakan wisatawan berkumpul untuk menikmati beraneka macam permainan air. Anda dapat mencoba beberapa wahana yang ditawarkan disana seperti: kanno, banana boat, sofa boat, jet ski dan permainan air yang lain.

Beberapa pengunjung juga melakukan kegiatan yang cukup extream di sana yaitu melompat dari Jembatan Cinta Pulau Tidung ke laut setinggi sekitar 10 m. Anda berani mencoba? Silahkan datang kesana.

Fasilitas yang Ditawarkan di Pulau Tidung

GEDSC DIGITAL CAMERA
Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di Pulau Tidung dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan seperti bersepeda berkeliling pulau, pantai atau menyusuri Jembatan Cinta dengan ongkos sewa sepeda hanya Rp 15.000,- per hari. Biaya yang cukup terjangkau untuk Anda, seharian Anda dapat mengelilingi pulau tersebut dengan puas. Aktivitas yang menyenangkan sekaligus sebagai sarana membugarkan tubuh yang letih. Kendaraan transportasi tidak akan mengganggu Anda selama bersepeda karena di sana tidak ada mobil. Jalanan yang sempit adalah penyebabnya.

Snorkeling di pantai Pulau Tidung sangatlah menyenangkan dengan air yang jernih membuat Anda dapat melihat aneka makhluk hidup yang ada di bawah air dan terumbu karang yang sangat indah. Di sekitar objek wisata Pulau Tidung terdapat penyewaan peralatan snorkeling untuk Anda yang tidak membawa peralatan ini, cukup membayar dengan biaya sewa yang terjangkau yaitu Rp 35.000,-. Untuk menikmati pemandangan bawah laut yang lebih indah, Anda dapat menyewa perahu agar dapat mencapai beberapa spot snorkeling bawah laut yang lain dan lebih mempesona.

Banana boat dan kanno merupakan permainan air lainnya yang dapat Anda coba di sekitar pantai Pulau Tidung. Namun berenang dengan anak-anak dapat pula dijadikan pilihan untuk menikmati wisata Anda, selain menyenangkan tentunya juga lebih hemat biaya. Karena pantai di Pulau Tidung memiliki karakteristik yang dangkal dan airnya jernih layak menjadi tempat bermain untuk anak-anak.

Selain menikmati wahana permainan, untuk Anda yang ingin istirahat atau lapar, Anda dapat mencari cafe atau rumah makan. Karena di sana terdapat beberapa cafe atau rumah makan yang dapat Anda sambangi. Tidak hanya itu, ada juga toko oleh-oleh khas Pulau Tidung seperti kerupuk ikan, keripik sukun dan t-shirt berlogo Pulau Tidung yang dapat Anda jadikan oleh-oleh untuk sanak saudara, kerabat atau teman.

Jika Anda memutuskan untuk menginap di objek wisata Pulau Tidung, pilihlah penginapan sesuai kebutuhan Anda. Namun jika Anda mencari resort atau hotel mewah Anda tidak akan menemukannya, karena tempat penginapan di pulau ini sebagian besar adalah home stay milik penduduk sekitar yang disewakan untuk wisatawan. Home stay tersebut ada yang dilengkapi menggunakan AC atau tanpa AC, Anda dapat memilih sesuai keuangan. Kebersihan penginapan tetap terjaga dan yang pasti harganya lebih bersahabat. Tetapi jika Anda ingin berhemat, Anda bisa berkemah di pinggir pantai.

Jika Anda berminat berwisata ke Pulau Tidung, Anda juga dapat mencari agen wisata dengan paket wisata sesuai kantong Anda. Karena di sana banyak paket wisata yang menawarkan wisata ke pulau ini dengan biaya sekitar Rp 300.000,- yang sudah mencakup biaya untuk transportasi, penginapan serta makan. Maka, jika Anda ingin berwisata tanpa harus mengeluarkan banyak biaya lagi, objek wisata Pulau Tidung dapat menjadi salah satu pilihan tujuan wisata di Jakarta yang menarik Anda kunjungi. Baca juga Kepulauan Seribu, Andalan Destinasi Wisata di Jakarta

Nah, Bagaimana? Anda tertarik berwisata ke sana? Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengetahui beberapa hal yang menarik tentang objek wisata Pulau Tidung. Informasi yang kami dapatkan bersumber dari internet. Sekian, semoga bermanfaat.

Add Comment