11 Tempat Keren di Indonesia Untuk Menikmati Keindahan Sunset

11 Tempat Keren di Indonesia Untuk Menikmati Keindahan Sunset
4.7 (93.33%) 3 votes

Beberapa hari lalu ‘Indonesia Itu Indah’ membuat artikel dengan judul ‘Kalau Berbulan Madu ke Bali Sudah Biasa, Maka Saatnya Bagi Kamu dan Pasangan Untuk Honeymoon ke Tempat Selain Bali yang Ternyata Tak Kalah Keren’. Kalau kamu memperhatikan dengan saksama, pada poin nomer 9 ada poin begini:

‘Menikmati indahnya sunrise dan pemandangan di Gunung Bromo, Malang’.

Maka kalau sunrise sudah disinggung, sekarang saatnya kita membahas tentang sunset. Oh ya, beberapa dari kamu pasti masih aja ada yang sering kebalik-balik makna dari sunrise maupun sunset. Iya kan? Kalau iya, berarti sama. Intinya kalau sunrise itu matahari terbit, dan sunset adalah matahari terbenam.

Pada artikel kali ini, ‘Indonesia Itu Indah’ bakal kasih 11 tempat keren untuk melihat sunset nih. Kenapa sebelas? Ya, karena biar kayak jumlah tim sepak bola aja. Nanti kalau cuma dua, malah dikatain mau tenis meja. Oke, langsung aja ke 11 tempat menarik untuk nonton sunset.

1. Sunset akan tampak cantik sekali saat dilihat dari Candi Ijo, Yogyakarta.

via: beatifulindonesia.com

via: beatifulindonesia.com

Pokoknya kalau kamu ke sini, satu hal yang jangan sampai dilupakan ialah bawa kamera. Pokoknya jangan sampai lupa. Atau kalau enggak punya kamera bagus, pinjem atau nyewa apa gimana gitu lah. Asli, kalau kamu lihat sunset dari Candi Ijo ini bakal ngiler gara-gara saking kerennya. Oh ya, Candi Ijo ini berada di dekat Candi Ratu Boko. Bukan berada di dekat Candi Borobudur. Apalagi berada… di pelukanmu… mengajarkanku… apa artinya… kenyamanan…

2. Selain disuguhi pertunjukan tari kecak, di Uluwatu, Bali kamu juga bakal kesengsem sama indahnya sunset!

via: balihellotravel.com

via: balihellotravel.com

Kalau kamu tanya ke temen-temen kamu yang pernah ke Bali, kebanyakan dari mereka pasti pernah ke Uluwatu. Ini adalah salah satu tempat yang paling terkenal di Bali. Bayangkan, di sini kamu bisa menikmati pertunjukan tari kecak yang waktunya barengan sama adanya sunset. Mantap kan?

3. Nonton sunset juga bisa kamu lakukan di pantai Gili Trawangan, NTB. Pantai dengan pasir putih yang menakjubkan!

via: biasputih.com

via: biasputih.com

Ya, namanya juga pantai, asiklah pasti kalau buat berjemur. Berjemur sore-sore? Ya enggak apa-apa dong. Kan, berjemur di bawah sinar rembulan. Di pantai Gili Trawangan ini kamu enggak cuma bakal kagum sama pasir putihnya doang. Tapi juga sama sunsetnya, yang kayak-kayaknya cocok deh kalau kamu nontonnya bareng pasangan.

4. Kalau kamu ke Pulau Kanawa, Flores untuk nonton sunset, sekalian naik ke bukit aja. Lihat dari sana lebih mantap!

Pulau Kanawa

Iya, bener. Jadi kalau kamu memutuskan untuk berlibur ke Pulau Kanawa, Flores, lalu sorenya meluangkan untuk nonton sunset, mending naik ke bukit Kanawa deh. Dari sana, kamu akan menemukan sunset yang memantulkan cahaya ke laut.

Oh ya, untuk mencapai ke sana, kamu harus menyeberang dari Labuhan Bajo untuk sampai di Pulau Kanawa ini. Karena saking kecilnya pulau ini, kamu bahkan bisa berkeliling dalam waktu kurang dari satu jam saja. Iya, satu jam saja. Tapi bukan, satu jam saja, ku telah bisa, cintai kamu… kamu… kamu… di hatiku…

5. Liburan ke Pulau Gili Lawa, Flores? Nah, nonton sunset di sini sambil naik ke bukit Gili asik juga.

via: rumahkuliner.wordpress.com

via: rumahkuliner.wordpress.com

Sama dengan poin nomer 4 di atas, yang kamu kudu naik ke bukit Kanawa biar bisa ngelihat sunset yang keren abis, maka di Pulau Gili Lawa ini juga. Kalau kamu menghendaki sunset yang bagus, maka naiklah ke bukit Gili Lawa. Keindahan yang kamu nikmati dengan mata kepala, akan membayar seluruh lelahmu yang dipakai untuk naik menuju bukit. Percayalah!

6. Pantai Padang-Padang, Bali.

via: jejaklensa.wordpress.com

via: jejaklensa.wordpress.com

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota dari provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kalau dari Samudra Hindia, maka Kota Padang adalah pintu gerbang barat Indonesia.

Tapi, pikiranmu enggak perlu langsung sampai ke Padang, Sumatera Barat deh. Karena meskipun nama pantai ini adalah ‘Padang-Padang’, namun letaknya berada di Bali. Keren kan? Ini jangan-jangan di Padang ada pantai yang namanya ‘Bali-Bali’ deh. Iya enggak, hey?

Saat ke Bali, kunjungilah pantai Padang-Padang, demi bisa menikmati indahnya sunset di sana.

7. Bisa juga nih lihat sunset dari Candi Ratu Boko, Yogyakarta.

via: www.exrentalcar.com

via: www.exrentalcar.com

Kalau kamu lagi piknik ke Candi Prambanan, sekalianlah mampir ke Candi Ratu Boko. Kalau kamu mampirnya udah malem, ya nginep situ dulu, sampai hari esok di sore hari. Lalu ketika sore, nontonlah sunset dari Candi Ratu Boko. Yakin, keren banget lihat dari sini.

8. Berenang di laut Pulau Derawan, Kalimantan Timur sembari menyaksikan sunset.

via: wijayaryputu.wordpress.com

via: wijayaryputu.wordpress.com

Anti mainstream banget itu kalau lihat sunset sambil berenang. Hehehe. Dan kamu bisa melakukan ini di laut Pulau Derawan, Kalimantan Timur. Oh ya, laut ini sangat terkenal dengan ubur-ubur yang tidak beracun loh. Rasakan sensasinya!

9. Melihat sunset di salah satu serpihan surga di Labuhan Bajo, Flores.

via: wisatakomodotours.com

via: wisatakomodotours.com

Kamu bisa naik kapal, kemudian tinggal di atas laut saat berada di tengah-tengah laut. Dari sana, kamu bisa menyaksikan betapa indahnya sunset jika dilihat dari tengah-tengah laut. Terlebih, kamu melihatnya di tempat di mana tempat tersebut merupakan salah satu serpihan surga di Labuhan Bajo, Flores.

10. Menikmati sunset, lalu menyaksikan sendratari Ramayana di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta.

via: www.klikhotel.com

via: www.klikhotel.com

Melihat sunset di Candi memang memiliki keseruan tersendiri, yang pastinya berbeda dengan keseruan yang kamu peroleh jika melihatnya di laut dan pantai. Di Candi Prambanan, kamu bisa menunggu sunset sembari hunting-hunting foto dengan spot-spot yang bagus dulu. Kalau sudah, selanjutnya, silakan menikmati indahnya sunset. Setelahnya, sebuah sendratari Ramayana di kompleks Candi Prambanan akan memberikan suguhan terbaiknya untuk kamu.

11. Candi Borobudur, Magelang

via: kisahasalusul.blogspot.com

via: kisahasalusul.blogspot.com

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Magelah loh ya, bukan Jogja. Karena secara lokasi saja jaraknya sekitar 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Di sini, kamu bisa menikmati indahnya pesona sunset yang tentu saja bakal membuatmu terperangah.

Bagaimana, siap menyaksikan sunset di 11 tempat keren di atas? Kalau bisa, jangan sendirian ya. Masa yang lain pada bawa gandengan, kamu enggak. Kalau kamu enggak ada gandengan, kan, bisa gandeng truk atau apa gitu. Selamat mencoba!

Add Comment