21 Tempat Wisata di Bali, Dari Kebun Binatang Hingga Pantai

Tempat Wisata di Bali – Siapa yang tak kenal Provinsi Bali, salah satu ikon wisata Indonesia yang sudah mendunia dengan berbagai jenis tempat wisata di Bali yang indah. Tak salah jika setiap tahun tingkat kunjungan wisata ke Pulau Dewata tersebut tidak pernah surut. Bahkan tercatat di penghujung tahun 2020 saja, setiap hari wisatawan yang datang mencapai 5.000an orang.

Mereka bukan saja mau melihat pantai, tapi juga jenis tempat wisata lain yang terdapat di sana. Mulai dari wisata kuliner, belanja, budaya, tempat bermain anak, hingga objek bersejarah yang kaya informasi penting tentang Bali dan Indonesia.

Memang, dampak Pandemi Covid-19 membuat Bali redup. Banyak objek wisata yang ditutup, namun seiring menggeliatnya kembali pariwisata Indonesia maka Bali juga ikut meningkatkan kembali daya tarik berbagai tempat terbaiknya untuk menjamu kembali wisatawan.

21 Tempat Wisata di Bali yang Terbaik dan Wajib Dikunjungi

1. Bali Safari Park

Objek wisata yang terletak di Safari Marine Park kawasan Jalan Profesor Dr. Ida Bagus Mantra kilometer 19, Serongga, Gianyar ini, berdiri di atas tanah dengan luas hingga 40 hektar. Wajar saja kalau banyak wahana yang bisa dijajal saat Anda datang ke sana, sesuai jam bukanya yaitu pada kondisi normal adalah pukul 09.00 – 17.00.

Tiket masuk standar yang dibebankan kepada pengunjung juga tidak terlalu mahal, hanya berkisar Rp. 150 ribuan/orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak dibanderol Rp. 120 ribuan/orang untuk usia antara 3-12 tahun. Penasaran ingin reservasi dan melihat berbagai satwa dari yang langka hingga jinak? Hubungi saja nomor telepon 0361-950000.

2. Hidden Canyon Beji

Kalau dalam bahasa Indonesia disebut ngarai atau lembah tersembunyi, yang sangat indah dan memiliki rute yang cukup terjal untuk bisa mencapai lokasi wisata ini. Anda hanya perlu mempersiapkan anggaran puluhan ribu saja untuk bisa menikmati keindahan tempat wisata ini.

Berlokasi di Jalan Sahadewa, Wangbung, Guwang Sukawati, tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 16.00 sore. Jadi, pastikan Anda datang sesuai jadwal dan maksimalkan pengalaman menaklukkan trek hiking menakjubkan disana. Anda juga bisa menghubungi 081338724285 untuk reservasi dan informasi lebih lengkapnya.

3. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

ini adalah salah satu ikon baru di Bali yang memiliki banyak wahana untuk rekreasi hingga mengenal lebih dekat budaya Bali. Tempat wisata yang juga disebut GWK Cultural Park ini biasanya buka hanya Hari Jumat hingga Minggu sejak pukul 10.00 – 18.00, tiket masuknya berkisar Rp. 50.000/orang.

Lokasinya sangat mudah dijangkau yaitu di Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Badung. Dengan nomor telepon 0361-700808. Di sana Anda bisa melihat patung raksasa Batara Wisnu yang proses pengerjaannya bertahun-tahun oleh pematung Asli Bali Nyoman Nuarta dan banyak wahana budaya lainnya.

4. Monkey Forest

Tempat wisata ini ada di Jalan Monkey Forest, Ubud, Gianyar, yang buka setiap hari dari pukul 9.00 sampai 16.00 waktu setempat. Jika Anda berkunjung ke Bali, jangan lupa mampir dan nikmati kebersamaan dengan kera jenis ekor panjang yang jumlahnya mencapai ratusan ekor. Juga ada kebun berisi 186 tumbuhan hingga pepohonan rindang.

Penasaran ingin melihat seperti apa hutan monyet yang sudah terkenal sampai mancanegara itu? Anda tinggal hubungi 0361-971304 untuk informasi lengkap seputar objek wisata tersebut dan siapkan anggaran tiket masuk sekitar Rp. 80 ribuan/orang.

5. Museum Antonio Blanco

Pecinta karya seni tak boleh melewatkan kesempatan mengunjungi museum salah satu pelukis terkenal dunia yang sangat mencintai Bali. Di museum yang terletak di Jalan Raya Campuhan, Sayan, Ubud, Gianyar ini sudah berdiri dari tahun 1998. buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00 waktu Bali.

Disana Anda bisa menikmati lukisan hasil karya Antonio Blanco, kemudian studi tempat sang pelukis melahirkan karya-karya spektakulernya. Tak hanya itu, ada juga pustaka yang berisi buku seni dan budaya.

Anda bisa telepon langsung ke nomor 0361-975502 untuk mengecek informasi lainnya, termasuk memastikan harga tiketnya yang saat ini berkisar Rp. 30 ribuan.

6. 3 Dimensi DMZ

Mengadopsi tema 3D yang diusung seniman Korea, di museum yang buka dari pukul 09.00 sampai 18.00 ini Anda bisa melihat berbagai wahana lukisan tiga dimensi yang ditata apik.

Sangat instagramable untuk Anda yang suka update foto di media sosial, tinggal sisihkan saja uang tiket masuk sekitar Rp. 100 ribuan/orang untuk bisa menikmati semua wahana.

Dimana tempatnya? 3 Dimensi DMZ ini terletak di Jalan Nakula Nomor 33X Legian, Kuta, Badung. Jika Anda ingin pesan tiket langsung, juga bisa menghubungi 0361-8496229 atau chat ke nomor Whatsapp 081338337474.

7. Museum Pasifik

Buat Anda yang ingin membawa keluarga melihat lukisan 200 seniman luar biasa dari berbagai negara dengan total lukisan mencapai 600, Anda bisa datang ke museum yang ada di komplek Bali Tourism Development Corporation (BTDC), Area Blok P, Benoa. Kuta, Badung.

Dibuka tahun 2006, museum ini siap menerima Anda setiap hari kecuali Jumat dari pukul 10 pagi sampai 18.00. berhubung sedang masa Pandemi, terdapat diskon tiket masuk yang biasanya mencapai Rp. 70.000/orang menjadi Rp. 25 ribuan saja untuk satu orangnya. Murah dan pastinya puas menikmati berbagai lukisan indah di sana.

8. Museum Topeng Setia Darma

Jika Anda penasaran ingin melihat berbagai macam topeng khas Bali dan Indonesia, dengan berbagai filosofi yang ada di baliknya. Museum Topeng Setia Darma adalah tempat yang tepat, letaknya di Jalan Tegal Bingin, Tengkulak Sawah, Sukawati.

Kalau Anda penasaran soal jam bukanya, bisa langsung hubungi nomor 0361-8987493 karena saat ini masih dalam masa Pandemi. Jadi, sebaiknya pastikan terlebih dahulu sebelum berkunjung kesana. Sedangkan untuk tiket masuk tidak ada biayanya alias gratis, menakjubkan bukan?

9. Pura Tanah Lot

Sebagai salah satu Provinsi dengan mayoritas penduduknya beragama Hindu, wajar jika di Pulau Dewata banyak terdapat pura yang digunakan masyarakat untuk beribadah. Salah satu yang jadi tempat ibadah sucinya adalah Puri Tanah Lot. Selain untuk ibadah, lokasinya di Beraban, Kediri, Tabanan ini juga menjadi ikon wisata Bali.

Pemandangan Indah, lokasi Pura yang berada di bibir pantai menjadikannya banyak dikunjungi wisatawan. Anda juga bisa berkunjung setiap hari 07.00 hingga 19.00, dengan tiket masuk berkisar Rp.20 ribuan saja perorang.

10. Pura Uluwatu

Satu lagi pura luhur yang menjadi tempat ibadah umat Hindu di Bali, sekaligus menjadi destinasi wisata budaya yang banyak dikunjungi pelancong baik domestik maupun internasional. Pura ini terletak di Desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung. Butu perjalanan cukup panjang menuju pura yang ada di ujung tebing tersebut.

Tapi, Anda dipastikan puas dengan suasana dan keindahan tempat wisata ini. Jika tertarik untuk datang, Anda bisa melancong antara pukul 07.00 hingga 19.00. Pastikan saja Anda membawa uang tiket masuk yang cukup, untuk pelancong domestik berkisar 30 ribuan/orang dengan tambahan Rp. 100 ribu untuk menonton tari kecak.

11. Bukit Amuk Bay

Berada di Bukit Amuk Bay, Anda bisa menikmati pemandangan Pantai Amuk Bay yang mempesona. Walau tergolong tempat wisata baru, tapi sudah banyak orang yang datang untuk menikmati wisata disana. Terutama buat Anda yang suka fotografi dan ingin mencari spot foto unik dan super indah.

Lokasinya ada di Desa Amuk Bay, Manggis, Karangasem, dengan tiket masuk super murah yaitu hanya kisaran Rp. 5000/orang saja. Jika Anda ingin menikmati pesona bukit ini, sebaiknya datang di pagi hari ketika matahari baru terbit, atau menikmati matahari tenggelam dengan view sunset yang indah

12. Air Panas Kintamani Toya Devasya

Mandi air panas banyak manfaatnya terutama untuk kesehatan, di Bali ada sejumlah tempat pemandian air panas yang jadi tempat wisata favorit. Salah satunya Toya Devasya Kintamani, letaknya di Jalan Puri Bening Toya Bungkah, Batur Kintamani, Bangli. Pemandian ini buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai 21.00.

Anda bisa membayar tiket masuk seharga Rp. 100 ribuan untuk dewasa dan Rp. 60 ribuan untuk anak-anak berumur 5 tahun ke atas. Untuk reservasi atau mencari informasi lainnya, Anda bisa menghubungi nomor telepon 0366-51205.

13. Pantai Kuta

Pantai yang satu ini sudah dikenal sebagai ikon utama Pulau Dewata, letaknya di Kecamatan Kuta, Bali. Pantai ini memiliki pesona yang indah apalagi untuk Anda ingin menikmati sunset di sore hari. Pantai yang buka 24 jam ini juga punya banyak fasilitas, mulai dari tempat bersantai, pijat alami dari warga lokal dan lainnya.

Untuk tiket masuk tidak dikenakan biaya, Anda hanya perlu mempersiapkan biaya untuk parkir kendaraan sesuai jenis kendaraan. Di dekat Pantai Kuta, juga banyak tersedia tempat wisata lainnya yang tak kalah menari. Jadi, pastikan Anda punya waktu banyak untuk menelusuri pantai dan objek wisata di kawasan tersebut.

14. Pantai Pandawa

Pesona Pantai Pandawa saat ini berhasil menyaingi beberapa pantai cantik di Bali, letaknya di Jalan Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kuta Selatan, Badung. Tiket masuknya sebesar Rp. 8.000 an/orang, Anda juga perlu mempersiapkan biaya parkir yang tergantung dengan jenis kendaraan yang dibawa.

Pantai sepanjang satu kilometer ini juga punya banyak wahana yang bisa dijajal ketika Anda datang kesana, sesuai jam bukanya antara pukul 08.00 sampai 18.00. mulai dari pemandangan indah, bermain kano, hingga wisata kuliner khas Bali yang tersedia di beberapa spot pinggir pantai.

15. Pantai Sanur

Beda dengan berbagai pantai di Bali yang punya ombak besar dan cocok untuk surfing, Pantai ini ombaknya masuk kategori tenang, sehingga nyaman untuk Anda yang ingin membawa si kecil bermain di pantai. Di pesisir pantainya terdapat spot kuliner yang juga tak kalah menarik dibanding pantai lainnya.

Untuk tiket masuknya gratis, hanya saja Anda perlu bayar uang parkir kendaraan saja. Sedangkan jam bukanya 24 jam jadi bebas datang kapan saja bersama keluarga atau orang tercinta.

16. Pantai Nusa Dua

Salah satu pantai yang paling bersih di Bali ini, memiliki pesona yang tak kalah Indah dari pantai lainnya. Anda bisa menikmati keindahannya tanpa harus membayar tiket masuk, hanya perlu bayar parkir kendaraan saja jika memang Anda berkunjung menggunakan kendaraan.

Lokasinya yang mudah dicapai, yaitu di kawasan BTDC, Jalan Nusa Dua, Benoa, Kuta Selatan, Badung. Membuat pantai ini tak pernah sepi pengunjung, apalagi dibuka 24 jam dengan berbagai wahana menarik yang bisa dinikmati. Terutama wisata kuliner di berbagai cafe yang tersedia dengan menu-menu yang siap menggugah selera.

17. Private Beach Pantai Karma

Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai tanpa terganggu oleh pengunjung lain, memilih private beach adalah solusinya. Seperti Pantai Karma yang terletak di Ungasan, Kuta Selatan, Badung, yang akses masuknya terbatas dan harus membayar tiket masuk hingga mencapai Rp. 650 ribuan jika Anda ingin masuk melalui Beach Club Bali.

Untuk menikmati keindahannya Anda bisa datang antara pukul 07.00 sampai 21.30 malam. Atau jika ingin menginap juga tersedia penginapan di kawasan tersebut, dijamin tenang dan relaksasi berjalan lancar. Mau melakukan reservasi langsung? Tinggal telepon ke nomor 0361-8482205, pilih waktu datang dan fasilitas yang diinginkan.

18. Private Beach Pantai Geger

Satu lagi private beach yang ada di Bali yaitu Pantai Geger, terletak di Desa Adat Peminge, Sawangan, Nusa Dua Selatan, Badung. Tiket masuknya juga sangat murah yaitu Rp. 5.000/orang saja.

Di Pantai Geger ini Anda dapat menikmati berbagai fasilitas wisata pantai yang super lengkap. Dari pemandangan indah, tempat nongkrong, sampai wahana yang bisa dinikmati sendiri atau bersama keluarga dan pastikan saja Anda datang antara pukul 06.00 sampai 18.00.

19. Desa Panglipuran

Berwisata dan kontak langsung dengan masyarakat asli Bali, menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Di desa yang terletak pada Jalan Penglipuran, Kubu, Bangli ini Anda akan melihat tampilan bangunan pedesaan yang dibuat seragam.

Kebersihan desa juga jadi prioritas penduduk setempat sehingga ketika Anda datang, tidak akan melihat sampah yang berserakan. Desa ini juga buka 24 jam jadi bisa dikunjungi kapan saja. Penasaran dengan fasilitasnya dan informasi lain? Tinggal hubungi saja nomor 0822-6600 7575.

20. Erlangga 2

Saatnya untuk menikmati wisata belanja di Bali, salah satunya di Erlangga 2 yang ada di Jalan Nusa Kambangan Nomor 162, Dauh Puri Kauh, Denpasar. Disana Anda bisa belanja berbagai pakaian, makanan, hingga aksesoris khas Bali dengan harga relatif murah.

Pastikan saja Anda datang pada jam bukanya yaitu dari pukul 08.30 pagi sampai 22.00 malam. Lalu siapkan saja biaya parkir kendaraan yang Anda bawa, dijamin aman karena Erlangga 2 memiliki lahan parkir yang luas.

Saat Anda merasa penat berbelanja, tersedia lokasi istirahat berupa tempat duduk dengan desain khas Bali yang juga cocok untuk dijadikan spot foto. Begitu juga ketika Anda perlu informasi sebelum berkunjung, tinggal hubungi saja nomor kontak Erlangga di 0361-228860.

21. Pasar Sukawati

Beda dengan Erlangga yang lebih berkonsep modern, ada juga pasar tradisional yang jadi tujuan wisata belanja para pelancong yang datang ke Pulau Dewata. Letaknya di Jalan Raya Sukawati, Gianyar. Pasar ini buka setiap hari dari pukul 06.00 pagi sampai 18.00 sore.

Di sana, Anda bisa membeli berbagai barang seni khas bali dengan harga murah. Cocok untuk tempat belanja bagi Anda yang mau membawa oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

Sudah siap memulai petualangan wisata di Bali? Anda bisa membuat daftar tempat wisata di Bali yang akan dikunjungi. Kemudian pastikan datang sesuai waktu buka lokasi tersebut dan nikmati keindahan, kenyamanan, dan kepuasan wisata di sana bersama orang-orang yang Anda sayangi. Happy holiday guys!

Add Comment