5 Destinasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi

5 Destinasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi
5 (100%) 2 votes

Indonesiaituindah.com – Tempat Wisata di Solo – Kota Solo merupakan salah satu kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Ya, kota kecil yang terkenal akan karya kain batik serta kuliner nya yakni bakso dan mie ayam Solo tersebut ternyata menyimpan pesona wisata alam yang juga tidak kalah dengan beberapa kota lainnya di Indonesia.
Terlebih, Kota Solo juga merupakan tempat kelahiran dari presiden ke 7 Republik Indonesia yakni Bapak Joko Widodo (Jokowi) sehingga masyarakat semakin mengetahui tentang kekayaan alam dan juga budaya dari Kota Solo. Nah, untuk kamu yang berencana untuk berlibur ke Kota Solo, terdapat beberapa Tempat Wisata di Solo yang wajib kamu kunjungi, yakni ;

1. Grojogan Sewu Tawangmangu

grojogan sewu tawangmangu
Salah satu wisata andalah dari Kota Solo yakni Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu. Sebuah air terjun yang memiliki pesona alam yang indah nan cantik ini berada di Kabupaten Karanganyar. Untuk menuju ke tempat wisata air terjun tersebut, kamu dapa menggunakan angkutan umum dari terminal tirtonadi menuju Karanganyar dengan jarak tempuh sejauh 37 km atau sekitar 1 jam perjalanan. Untuk tiket masuk, kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp 18.000 per orang. Ketika kamu berjalan dari pos perijinan menuju Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu kamu akan menemukan kera liar di sepanjang perjalanan. Ya, kera tersebut sengaja dibiarkan hidup di alam liar. Meskipun jinak, kamu harus tetap berhati hati dengan barang bawaan mu sendiri.

2. Keraton Surakarta

keraton surakarta
Tak hanya memiliki destinasi wisata yang berlatar belakang tentang alam saja, Kota Solo juga memiliki tempat wisata yang merupakan peninggalan sejarah yang patut kamu kunjungi untuk mengenang jasa para pahlawan Negara Indonesia. Ya di dalam Keraton Surakarta kamu dapat melihat beberapa peninggalan perang pada zaman penjajahan. Untuk tiket masuk, kamu dikenakan biaya sekitar Rp 10.000 per orang

3. Kampung Batik Kauman

kampung batik kauman
Nah ini adalah destinasi wisata budaya khas dari Kota Solo. Di Kampung Batik Kauman yang merupakan salah satu Tempat Wisata di Solo dan juga menjadi tempat untuk membeli batik khas Kota Solo Tentunya. Hal ini pun menarik minat dari wisatawan lokal maupun wisatawan asing untuk berkunjung ke Kampung Batik Kauman. Disini, kamu dapat membeli koleksi kain batik atau baju batik. Selain itu, kamu juga dapat melihat sekaligus belajar membatik diatas kain. Cukup seru bukan berwisata ke Kampung Batik Kauman.

4. Pasar Klewer

pasar klewer
Salah satu ikon dari Tempat Wisata di Solo. Siapa yang tidak tahu tentang Pasar Klewer ? Hampir semua orang yang berwisata ke Kota Solo selalu mampir terlebih dahulu ke Pasar Klewer. Ya, pasar yang memang menjual beberapa souvenir khas Kota Solo seperti kain batik, baju serta celana batik, serta berbagai pernak pernik cantik dari Kota Solo. Lokasi yang cukup mudah dijangkau yakni berada di sebelah alun alun Kota Solo sehingga memudahkan kamu untuk menuju Pasar Klewer. Pasar Klewer juga menjual beberapa kebutuhan sehari hari semisal seragam sekolah, kaos, jaket, serta kebutuhan sehari hari lainnya.

5. Taman Sriwedari

taman sriwedari
Salah satu taman yang merupakan destinasi wisata di Kota Solo adalah Taman Sriwedari. Dahulu taman ini merupakan taman rekreasi bagi keluarga kerajaan. Dan sekarang taman ini dibuka untuk umum jadi, liburanmu akan terasa kurang lengkap bila kamu belum berkunjung ke Taman Sriwedari yang berada di Kecamatan Lawiyan.

Nah itulah 5 destinasi wajib di Kota Solo yang harus kamu kunjungi bila kamu berencana melakukan liburan ke Kota Solo. Jangan lupa beli oleh oleh untuk saudara dan kerabat di rumah tentunya.

No Responses

Add Comment