6 Pantai Keren yang Merupakan Surga Tersembunyi di Kabupaten Gunungkidul, Jogja!

6 Pantai Keren yang Merupakan Surga Tersembunyi di Kabupaten Gunungkidul, Jogja!
3.78 (75.56%) 9 votes

Yang belum pernah berwisata ke Gunungkidul, mana suaranya?

Pukpukpuk. Ya udah, nggak apa-apa. Yang belum tahu Gunungkidul, mungkin aja artikel ini bisa bikin kamu jadi tahu Gunungkidul. Yang sudah tahu, jadi semakin tahu. Yang semakin tahu, kemudian mencintai, lalu mengunjungi. Begitulah.

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia yang relatif rendah kepadatan penduduknya daripada kabupaten-kabupaten lainnya di Jogja. Kabupaten Gunungkidul memiliki 18 kecamatan. Sebagian besar wilayah kabupaten ini berupa perbukitan dan pegunungan kapur, yakni bagian dari Pegunungan Sewu. Gunungkidul dikenal sebagai daerah tandus dan sering mengalami kekeringan di musim kemarau. Namun jangan salah, meski demikian, Gunungkidul juga menyimpan surga-surga tempat wisata. Di antaranya, pantai-pantai. Apa saja pantai-pantai keren yang ada di Gunungkidul? Ini dia!

Pantai Drini. Pantai dengan pulau kecil yang seolah terbagi menjadi dua bagian.

Pantai Drini

Pantai Drini via proleevo.wordpress.com

Pantai Drini adalah sebuah pulau kecil di tengah-tengah pantai yang terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Keberadaan pulau kecil ini seolah membuat Pantai Drini terbagi menjadi dua bagian. Pada bagian barat, kamu bisa melihat banyak perahu bercadik yang pulang dari berlayar mencari ikan. Ombak yang besar membuat perairan di barat ini terlihat lebih ganas. Sementara di sisi lain, yakni di sisi timur pantai, ada barisan tebing yang berdiri kokoh layaknya benteng yang menghadang ombak. Lalu menariknya, hal tersebut dipadukan dengan keindahan pulau karang, sehingga airnya yang tentunya lebih tenang bisa kamu gunakan untuk berenang.

Pantai Jogan. Pantai dengan air terjun menawan di tepi pantai.

Pantai Jogan Yogyakarta

Pantai Jogan Yogyakarta via iewenkphotos.com

Setelah dari Pantai Drini, kita move on ke Pantai Jogan. Buat kamu yang pernah ke Pantai Banyu Tibo di Pacitan, nah, Pantai Jogan ini mirip-mirip kayak gitu. Yakni sebuah pantai dengan air terjun yang sangat indah di tepi pantai. Air terjun yang jatuh dari atas tebing, lalu langsung menuju ke laut. Nikmati guyuran air terjun yang segar, indahnya pantai, deburan ombak dan tebing-tebing menjulang khas pegunungan kapur.

Pantai Sadranan. Pantai yang cocok buat kamu yang doyan snorkeling.

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan via safartrans.com

Setelah Jogan, kita pindah ke Pantai Sadranan. Pantai yang merupakan rumah dari beberapa spesies laut menarik seperti Ikan Lepu, Kerondong, Kepe-kepe, Ikan Neon, Botana Kuning, Areng-areng, dan masih banyak lagi spesies lainnya. Selain itu, Pantai Sadranan juga terkenal sebagai salah satu spot snorkeling baru yang banyak diminati di pulau Jawa. Kalau kamu tertarik untuk melakukannya, maka waktu terbaik untuk snorkeling di pantai Sadranan ini adalah pada pagi, tengah, atau sore hari menjelang matahari terbenam. Kamu juga tak perlu khawatir soal peralatan snorkeling, karena di Pantai Sadranan terdapat tempat penyewaan bernama ‘Sadranan Snorkeling’ buat kamu yang ingin menyewa peralatan snorkeling. Asik kan?

Pantai Kesirat. Pantai yang pas buat kamu yang suka camping.

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat via travelmatekamu.com

Sudah puas ber-asik-ria bermain snorkeling? Yuk pindah ke pantai yang justru tidak memiliki keindahan pasir putih yang memukau, seperti pantai di kawasan Gunungkidul lainnya. Mengapa demikian? Karena justru keindahan Pantai Kesirat memang bukan terletak pada pasir putihnya. Melainkan lebih ke tebing karang yang kokoh dan suara deburan ombak kencang yang menghantam sisi karang. Ditambah lagi, jingga senja yang menarik jika kamu ingin bercengkrama dengan teman, sahabat atau pasangan. Karena memang, Pantai Kesirat ini cocok banget buat kamu yang seneng ber-camping, lantaran pantai ini tidak terlalu padat dan sangat bersih pula.

Pantai Siung. Pantai yang sangat cocok buat kamu para pendaki!

Pantai Siung

Pantai Siung via yukpiknik.com

Ini adalah pantai dengan julukan “the best rock climbing site in Jogja”. Mengapa demikian? Karena pantai Siung ini merupakan satu-satunya pantai di Jogja yang memiliki medan untuk wisata panjat tebing. Hingga saat ini, Pantai Siung memiliki 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Di pantai ini, kamu akan disuguhi pemandangan batu karang raksasa yang berdiri kokoh di sisi timur dan barat pantai. Jadi, cocok banget buat kamu yang kepengen moncoba sensasi mendaki. Kalau kamu pengen menikmati pemandangan laut lepas yang lain dari biasanya, cobalah melihat dari atas bebatuan karang pantai Siung. Wah, pasti kamu akan tercengang!

Pantai Ngobaran. Pantai dengan wisata kuliner “Landak Goreng” yang ke-khas-an nikmatnya sungguh-sungguh akan memanjakan lidah.

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran via yukpiknik.com

Snorkeling? Udah. Mendaki? Udah. Sebagai destinasi terakhir pantai-pantai di Gunungkidul yang diulas dalam artikel ini, sekarang saatnya untuk pindah ke pantai yang memiliki kisah mistis. Pantai yang juga rutin digunakan sebagai lokasi upacara adat masyarakat sekitar. Kisah mistis yang kental di Pantai Ngobaran ini menceritakan tentang Prabu Brawijaya V. Tapi jangan takut, khawatir, dan apalagi merasa ngeri. Lebih besar mana sih; ketakutanmu, atau keinginanmu untuk menikmati keindahan pantai Ngobaran? Hehehe.

Kalau tadi kamu masih merasa capek setelah nyobain snorkeling di pantai Sadranan, atau mendaki di pantai Siung, bolehlah lebih dulu menikmati wisata kuliner “Landak Goreng” yang merupakan kuliner andalan di pantai Ngobaran ini. Kalau sudah kenyang, dan rasa capek menghilang, silakan kalau mau dilanjut menikmati Pantai Ngobaran. Ada spot-spot menarik yang kudu kamu coba, seperti Bukit Karang, Candi Pemujaan, dan Patung Dewa. Udah keburu nggak sabar? Bergegaslah ke pantai Ngobaran!

Nah, itu pantai-pantai keren yang merupakan surga tersembunyi di Kabupaten Gunungkidul, Jogja yang sayang banget kalau sampai kamu lewatkan. Segeralah ke sana. Tunggu apalagi?!

Bagi yang masih ingin mengeksplore lebih lanjut, silahkan dibaca juga Wisata Pantai Indrayanti di Jogyakarta, Pantai Indah Nan Eksotis

Add Comment