Bosan dengan Pantai Gunung Kidul? Ada Tempat Wisata Gunung Kidul Selain Pantai yang Recommended Lho!

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Jogja yang terkenal dengan pantainya yang luar biasa indahnya. Kamu bisa menemukan banyak pantai, seperti Pantai Baron, Pantai Timang, Pantai Gesing, dan lainnya. Namun, kamu harus tahu, masih banyak tempat wisata di Gunung Kidul yang sangat recommended selain pantai.

Penasaran, apa saja destinasi wisata gunung kidul selain pantai yang tidak kalah kerennya, dan wajib kamu kunjungi jika kamu berlibur ke daerah Gunung Kidul? Ayo simak saja daftar tempat wisatanya di bawah ini.

4 Tempat Wisata Gunung Kidul Selain Pantai yang Recommended

1. Kalisuci Cave Tubing

Kalisuci Cave Tubing via travelindoasia.blogspot.com

Kalisuci Cave Tubing via travelindoasia.blogspot.com

Salah satu rekomendasi objek wisata Gunung Kidul adalah Kalisuci Cave Tubing. Di mana tempat wisata yang berlokasi di Jetis, Jonge, Pacarejo, Kecamatan Semanu Kabupaten Gunung Kidul ini, memberikan pengalaman luar biasa bagi para pengunjungnya. Di Kalisuci Cave Tubing, pengunjung bisa menjelajah sebuah sungai yang biru dan bersih dengan melakukan rafting.

Kemudian, pengunjung juga bisa menyusuri goa melalui sungai dengan ban karet besar dan pastinya didampingi oleh petugas. Ini karena bisa dikatakan Kalisuci dikelilingi oleh beberapa goa. Sebelum pengunjung menyusuri goa, petugas akan memberikan perlengkapan lengkap, seperti ban karet yang besar, jaket pelampung, pelindung kepala, pelindung lutut, dan tangan, serta headlamp.

2. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Lweng Sampang via paketwisata.id

Air Terjun Lweng Sampang via paketwisata.id

Kamu tahu bukan, jika Gunung Kidul sangat populer dengan wisata alamnya. Nah, salah satu wisata alam Gunung Kidul yang juga tak kalah indahnya adalah Air Terjun Luweng Sampang. Dan Air Terjun ini sangat wajib untuk dikunjungi jika kamu berpetualang ke Gunung Kidul, karena Air Terjun ini berbeda dari yang lain.

Dalam hal ini Air Terjun Luweng Sampang memiliki keunikan yang beda dari air terjun yang lain, dan keunikan tersebut menjadi daya tariknya. Di mana air terjun ini berada pada tengah tebing unik yang berasal dari bebatuan kapur yang bergaris. Dan kamu harus tahu nih, jika bentuk tebingnya mirip dengan tebing yang ada di Antelope Canyon.

Selain itu, airnya yang jernih berwarna biru yang hampir mendekati tosca juga sayang untuk dilewatkan. Di mana jernihnya air bisa membuat pikiran kamu menjadi fresh kembali.

Kemudian, kamu juga merasakan langsung kesegaran dari jernihnya Air Terjun Luweng Sampang dengan berenang di kolam yang berada di bawah air terjun. Namun, jika kamu ingin menantang diri kamu lebih jauh lagi, kami bisa mencoba melompat dari atas tebing ke kolamnya loh.

3. Goa Jomblang

Goa Jomblang via mldspot.com

Goa Jomblang via mldspot.com

Selain pantai, wisata Gunung Kidul Jogja juga terkenal dengan Goanya. Salah satu goa yang ada di Gunung Kidul dan Goa yang cukup ekstrim serta unik adalah Goa Jomblang. Hal ini karena Goa Jomblang berada di permukaan tanah, dan untuk mencapai Goa, pengunjung harus turun ke dasar permukaan tanah tersebut.

Untuk mencapai ke dasar Goa Jomblang, pengunjung harus turun menggunakan tali panjang. Namun, tenang saja, pengunjung akan dilengkapi dengan perlengkapan yang aman, dan sebelum turun ada pelatihannya, serta turunnya didampingi oleh pemandu. Meskipun demikian, pengunjung harus berhati-hati, karena medannya cukup menantang.

Dan Goa Jomblang ini menjadi salah satu list objek wisata di Gunung Kidul yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Hal ini karena para pengunjung ingin mencoba pengalaman baru dengan menaklukkan Goa Jomblang.

4. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran via travel.detik.com

Gunung Api Purba Nglanggeran via travel.detik.com

Buat kamu nih yang suka sekali mendaki, tidak ada salahnya jika kamu melakukan pendakian di Gunung Api Purba Nglanggeran, yang merupakan salah satu tempat wisata di Gunung Kidul. Dan sebelum kamu ingin mendakinya, kamu harus tahu jika Gunung Api Purba Nglanggeran ini sudah tidak aktif lagi. Jadi, sangatlah aman untuk dipendaki, bahkan untuk pemula.

Disarankan nih jika kamu ingin mendaki gunung, datanglah saat sebelum matahari terbit. Hal ini karena Gunung yang terletak di ketinggian 700 mdpl akan memperlihatkan keindahan sunrise yang luar biasa. Baca : Tempat Wisata Murah di Jakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Weekend

Nah, itulah empat wisata Jogja Gunung Kidul yang bisa menjadi alternatif jika kamu tidak ingin mengunjungi wisata pantainya.

Add Comment