Destinasi Wisata Danau Toba di Sumatera Utara Yang Indah Dengan Sejarah Yang Kelam

Destinasi Wisata Danau Toba di Sumatera Utara Yang Indah Dengan Sejarah Yang Kelam
4.54 (90.77%) 13 votes

indonesiaituindah.com – Danau Toba yang terletak di provinsi Sulawesi Utara merupakan sebuah danau terbesar di Indonesia bahkan se Asia Tenggara yang berukuran lebar sekitar 30 km dengan panjang sekitar 100 km dan dahulunya merupakan danau vulkanik dimana di tengah danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik bernama pulau Samosir. Bahkan bagi anda yang ingin melihat danau Toba, anda dapat melihatnya dengan aplikasi citra satelit yakni Google Maps. Keindahan pesona alam Danau Toba dengan udara yang segar dan masih alami pun serta pemandangan danau yang indah membuat tempat ini ramai dikunjungi wisatawan lokal hingga mancanegara.
Destinasi Wisata Danau Toba di Sumatera UtaraDanau Toba yang diperkirakan terbentuk menjadi danau saat terjadi ledakan pada sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dimana terjadi sebuah letusan supervolcano atau gunung berapi super yang ledakan tersebut dapat juga dikatakan fenomena kematian massal dimana terjadi letusan gunung Toba yang memuntahkan sekitar 800 km3 batuan inimbrit, dan 2.000 km3 abu vulkanik yang tertiup dan menyebar hingga separuh bumi mulai dari Cina hingga Afrika, yang mana letusannya melontarkan debu vulkanik hingga 10 km diatas permukaan laut yang terjadi selama 1 minggu lamanya. Mengapa di sebut sebagai fenomena kematian massal, sebab letusan gunung Toba telah diperkirakan membunuh sekitar 60 % populasi dunia saat itu dimana sekitar 60 juta manusia tewas akibat kejadian tersebut, bahkan beberapa ilmuwan mengatakan letusan gunung toba yang memicu zaman es walaupun hal tersebut masih diperdebatkan.

Letusan yang terjadi dari gunung Toba dahulu memang begitu dahsyatnya, dimana ditemukan bentuk molekul debu vulkanik yang sama di hampir 2100 titik diberbagai belahan dunia dan bahkan debu vulkanik gunung Toba ditemukan hingga di Kutub Utara yang semakin meyakinkan betapa besar dan luasnya dampak letusan gunung Toba. Dan kini yang tersisa adalah sebuah pesona danau yang indah dengan pemandangan yang menakjubkan yang sangat sayang untuk anda lewatkan jika anda berkunjung dan berwisata di Sumatera Utara.

Sekian informasi wisata kami mengenai Destinasi Wisata Danau Toba di Sumatera Utara Yang Indah Dengan Sejarah Yang Kelam, semoga berguna dan bermanfaat bagi anda yang berencana berlibur dan berwisata di Sumatera Utara dan menikmati waktu santai di danau Toba yang penuh akan cerita sejarah yang kelam sekaligus menambah wawasan anda. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Destinasi Wisata Borobudur, Objek 7 Keajaiban Dunia di Indonesia Yang Menganggumkan

No Responses

Add Comment