24 Destinasi Wisata di Gunung Kidul Layak untuk Anda Kunjungi

Destinasi Wisata di Gunung Kidul – Karena terkenal akan budayanya yang khas, Yogyakarta banyak dikunjungi wisatawan. Mereka yang datang untuk berwisata ke kota ini biasanya memilih Malioboro dan Candi Prambanan sebagai tujuan. Nah bagi Anda yang ingin berlibur ke Yogyakarta dan ingin mencoba destinasi baru, ada 10 rekomendasi tempat wisata di Gunung Kidul yang bisa Anda coba.

Berlibur di Gunung Kidul memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri. Pasalnya terdapat banyak pantai yang menawarkan suasana dan panorama yang bagus sehingga cocok sebagai destinasi wisata. Di samping itu, juga terdapat banyak tempat wisata yang mematok tarif masuk yang murah sehingga meskipun mengunjungi banyak tempat wisata di kabupaten ini budget yang perlu dikeluarkan masih tergolong hemat.

Kemudian juga banyak tempat wisata di kabupaten ini yang belum banyak diketahui oleh wisatawan sehingga mengeksplorasi tempat-tempat tersebut akan menjadi pengalaman tersendiri.

24 Destinasi Wisata di Gunung Kidul yang Paling Rekomended

Nah bagi Anda yang sudah mulai tertarik untuk mengetahui tempat-tempat wisata di Gunung Kidul ini, berikut 24 destinasi wisata yang bisa Anda coba.

1. Gunung Ireng Patuk

Tempat pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Gunung Ireng Patuk. Gunung Ireng Patuk sering disebut-sebut sebagai salah satu tempat terbaik jika Anda ingin menikmati momen keindahan sunrise. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk mengabadikan, mengambil gambar atau merekam video saat-saat matahari terbit.

Nama: Gunung Ireng Patuk
Lokasi: Ngrancahan, Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, kurang lebih 25 Km dari kota Yogyakarta
Tiket Masuk: 3000 rupiah
Jam operasional: 24 jam

2. Goa Jomblang

Apabila Anda suka berwisata untuk menyusuri goa di Gunung Kidul terdapat satu spot yang bisa Anda kunjungi, yakni Goa Jomblang. Goa ini memiliki perbedaan dari goa pada umumnya karena bentuknya yang vertikal. Kedalaman goa ini mencapai 60 hingga 80 meter yang menawarkan pemandangan yang indah dan eksotis, salah satunya aliran sungai yang terdapat di dasar goa.

Nama: Goa Jomblang
Lokasi: Pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Smanu.
Tiket masuk: 450.000 sampai 1.000.000 per orang
Jam operasional: pukul 08.00 sampai pukul 14.00

3. Gunung Bagus Paliyan

Tempat wisata berikutnya di Gunung Kidul adalah Gunung Bagus Paliyan. Tempat ini juga dikenal sebagai bukit Teletubbies karena bentuknya yang menyerupai bukit-bukit yang terdapat di serial televisi Teletubbies. Dari kota Yogyakarta, dibutuhkan waktu sekitar satu jam berkendara untuk mencapai tempat ini. Tempat ini banyak dikunjungi karena viewnya yang asri dan Instagrammable.

Nama: Gunung Bagus Paliyan
Lokasi: Candi, Giring, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul
Tiket Masuk: gratis, biaya parkir 2.000 untuk motor, 3.000 mobil
Jam operasional: 24 jam

4. Gunung Api Purba Nglanggeran

Tempat wisata selanjutnya adalah geopark Gunung Api Purba Nglanggeran. Tempat ini cocok bagi Anda yang suka mendaki dan hiking. Geopark ini juga telah diakui oleh Global Geopark Network sehingga memiliki keindahan yang sama dengan geopark-geopark lain di dunia. Wisatawan Gunung Api Purba Nglanggeran biasanya datang untuk menikmati matahari terbit.

Nama: Gunung Api Purba Nglanggeran
Lokasi: Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Kecamatan Patuk
Tiket masuk: 20.000 WNI, 30.000 WNA
Jam Operasional: 08.00 sampai 18.00
No. Telepon: 081802606050

5. Air terjun Luweng Sampang

Selain gunung dan perbukitan, di Gunung Kidul juga terdapat taman wisata air terjun. Dikenal dengan nama Air Terjun Luweng Sampang, tempat ini disebut-sebut mirip dengan air terjun Grand Canyon yang terletak di Amerika Serikat. Hanya saja Air Terjun Luweng Sampang memiliki ukuran yang lebih kecil dimana ketinggian air terjunnya sekitar kurang lebih 5 meter.

Nama: Air Terjun Luweng Sampang
Lokasi: Jl. Juminahan, Kayen, Sampang, Kecamatan Gedang Sari
Tiket masuk: gratis, biaya parkir 2.000 untuk motor, 5.000 untuk mobil
Jam Operasional: 06.00 sampai 18.00
No. Telepon: 081233448050

6. Air Terjun Sri Gethuk

Tempat wisata air terjun lain yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Sri Gethuk. Keunikan air terjun ini adalah airnya yang tidak pernah berhenti mengalir bahkan pada musim kemarau. Padahal daerah Gunung Kidul dikenal cukup kering ketika telah tiba musim kemarau. Bahkan meskipun debit airnya agak menurun pada saat musim kemarau, air terjun ini tetap memiliki pesona yang cantik untuk dinikmati.

Nama: Air Terjun Sri Gethuk
Lokasi: Desa Bleberan, Kecamatan Playen
Tiket masuk: 15.000 rupiah per pengunjung
Jam Operasional: 08.00 sampai 16.00

7. Pantai Baron

Kemudian jika Anda menyukai tempat wisata lain yang masih berhubungan dengan air, Pantai Baron dapat menjadi pilihan. Keunikan pantai ini adalah konturnya yang menyerupai bentuk U. Bentuk U ini disebabkan oleh perbedaan jenis air di pantai ini, yakni air asin dan juga air tawar pada sisi barat yang berasal dari sungai.

Nama: Pantai Baron
Lokasi: Rejosari, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari
Tiket masuk: 10.000 rupiah per pengunjung
Jam Operasional: 06.00 sampai 18.00

8. Pantai Timang

Selain berkunjung ke Pantai Baron, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Timang yang juga menawarkan panorama yang indah. Pantai ini memiliki ikon-ikon seperti jembatan gantung, gondola dan bukit karang yang menambah keindahannya. Meski pengunjung tidak dapat berenang di pantai ini, namun panoramanya yang eksotis tetap menjadi daya tarik yang kuat.

Nama: Pantai Timang
Lokasi: Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus
Tiket masuk: 10.000 rupiah per pengunjung
Jam Operasional: 08.00 sampai 17.00

9. Goa Kalisuci

Goa Kalisuci adalah tempat wisata bagi Anda yang menyukai rafting atau berpetualang menjelajahi goa. Pemandangan di destinasi wisata satu ini memang terlihat sangat cantik. Anda akan merasa seperti berada di zaman purba saat memasuki area tempat ini. Pasalnya banyak terdapat bebatuan kapur dan sejumlah gua di sekitarnya.

Nama: Goa Kalisuci
Lokasi: Jetis, Jonge, Pacarejo, Kec. Semanu
Tiket masuk: 80.000 rupiah per pengunjung
Jam Operasional: 08.00 sampai 04.00
No. Telepon: 081931797178

10. Hutan Jati Banyusoco

Jika Anda sedang berlibur di Gunung Kidul, selanjutnya Anda juga bisa mengunjungi Hutan Jati Banyusoco yang Instagramable ini. Pada musim kemarau, biasanya daun pohon-pohon jati di hutan ini akan berguguran sehingga menyajikan panorama seperti di negara-negara yang memiliki empat musim dalam setahunnya.

Nama: Hutan Jati Banyusoco
Lokasi: Jalan Pacar II, Banyusoco, Kecamatan Paliyan
Tiket masuk: gratis
Jam Operasional: 08.00 sampai 17.00

11. Watu Payung

Karena lanskap Gunung Kidul yang didominasi oleh pemandangan berupa perbukitan dan gunung-gunung yang indah maka diperlukan tempat yang pas untuk dapat menikmatinya. Nah di Watu Payung Anda bisa menikmati salah satu pemandangan itu. Di tempat wisata ini, pengunjung dapat melihat lanskap berupa hutan hijau yang terentang di perbukitan luas.

Nama: Watu Payung
Lokasi: Turunan, Girisuko, Kecamatan Panggang
Tiket masuk: 5.000 rupiah per pengunjung
Jam Operasional: 05.00 sampai 21.00
No. Telepon: 087739727837

12. Taman Bunga Nawari

Lokasinya dekat dengan pantai Kukup, terdapat sebuah taman bunga matahari yang disebut dengan Taman Bunga Nawari. Taman ini juga cukup luas. oleh karena itu Anda dapat berfoto dengan background hamparan bunga matahari yang sangat bagus. Untuk menikmati pemandangan yang lebih seru, Anda bisa datang pada pagi hari untuk melihat bunga-bunga ini menghadap satu arah pada matahari.

Nama: Taman Bunga Nawari
Lokasi: Ngasemayu, Salam, Kecamatan Patuk
Tiket masuk: 6.000 rupiah per pengunjung
Jam Operasional: 06.00 sampai 18.00

13. Kebun Bunga Amarilis

Di Ngasemayu, selain bunga matahari ada satu lagi tempat wisata bunga yang cantik, yakni Kebun Bunga Amarilis. Kebun ini nampak seperti hamparan permadani yang indah berwarna oranye. Karena bunga Amarilis tidak selalu mekar, para pengunjung disarankan untuk berkunjung ke tempat ini pada bulan Juli hingga Oktober.

Nama: Kebun Bunga Amarilis
Lokasi: Ngasemayu, Salam, Kecamatan Patuk
Tiket masuk: 10.000 rupiah per pengunjung
Jam Operasional: 06.00 sampai 18.00

14. Goa Pindul

Karena topografi Gunung Kidul yang memang berupa pegunungan kapur, goa bawah tanah dapat cukup banyak ditemui di kabupaten ini. Goa Pindul merupakan salah satunya, dimana goa bawah tanah ini memiliki aliran sungai yang menakjubkan. Anda bisa melakukan cave tubing untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan sekaligus menantang.

Nama: Goa Pindul
Lokasi: Gelaran 2, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo
Tiket masuk: 40.000 rupiah per pengunjung
Jam Operasional: 07.00 sampai 16.00
No. Telepon: 08125050542

15. Goa Gelatik Lorong Sewu

Terletak tidak jauh dari Goa Pindul, ada tempat wisata baru yang bernama Goa Gelatik Lorong Sewu. Kata lorong sewu sendiri dalam bahasa Jawa artinya “seribu jalan”. Diberi nama demikian karena di goa ini terdapat banyak lorong yang menuju ke bawah maupun ke samping. Konon goa ini adalah tempat yang digunakan untuk bertapa.

Nama: Goa Gelatik Lorong Sewu
Lokasi: Gelaran 2, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo
Tiket masuk: 40.000 rupiah per pengunjung
Jam Operasional: 07.00 sampai 16.00
No. Telepon: 08125050542

16. Rafting Kali Oyo

Apakah Anda salah satu pecinta kegiatan susur sungai dengan rakit, atau biasa dikenal juga dengan nama rafting. Di dekat goa Pindul, terdapat tempat wisata yang menawarkan kegiatan tersebut, yang dikenal dengan nama Kali Oyo. Uniknya, di Kali Oyo ini kegiatan rafting tidak dilakukan dengan menggunakan perahu karet, melainkan ban-ban pelampung untuk tiap-tiap orang.

Nama: Rafting Kali Oyo
Lokasi: Goa Pindul Pos 2, Dusun Gelaran RT. 05, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo
Tiket masuk: 45.000 rupiah per pengunjung
Jam Operasional: 07.00 sampai 17.00
No. Telepon: 0812-2944-9004

17. Air Terjun Kedung Kandang

Apabila biasanya air terjun terletak di dalam hutan, Air Terjun Kedung Kandang ini cukup berbeda. Pasalnya air terjun ini terletak di tengah area terasering persawahan warga setempat. Meskipun tergolong landai, air terjun ini memiliki tiga kolam besar dan enam tingkat yang membuatnya terlihat sangat menakjubkan.

Nama: Air Terjun Kedung Kandang
Lokasi: Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk
Tiket masuk: 8.000 rupiah per pengunjung
Jam Operasional: 06.00 sampai 18.00

18. Hutan Wanagama

Mungkin bagi Anda yang ingin ke Yogyakarta, Anda pernah mendengar nama Hutan Wanagama. Hutan ini merupakan sebuah hutan lindung yang dimiliki oleh Universitas Gadjah Mada, UGM. Letaknya masih berada di kawasan Gunung Kidul. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati bermacam-macam pemandangan alam yang menarik. Disini juga terdapat jembatan gantung yang sangat ikonik.

Nama: Hutan Wanagama
Lokasi: Area Hutan, Gading, Kecamatan Playen
Tiket masuk: gratis
Jam Operasional: 06.00 sampai 18.00

19. Embung Batara Sriten

Dalam bahasa Jawa embung artinya adalah danau. Danau biasanya memiliki suasana yang damai karena airnya yang tenang. Hal ini dapat dirasakan ketika Anda mengunjungi Embung Batara Sriten. Danau buatan ini terletak di puncak gunung Batur Agung. Itu sebabnya, danau Batara Sriten merupakan danau tertinggi di Yogyakarta.

Nama: Embung Batara Sriten
Lokasi: Sriten, Pilangrejo, Kecamatan Nglipar
Tiket masuk: 3.000 rupiah per pengunjung
Jam Operasional: 05.00 sampai 18.00

20. Waduk Beton Indah, Ponjong

Selain Embung Batara Sriten, terdapat juga tempat wisata lain yang memiliki bentuk yang hampir sama. Waduk Beton Indah adalah salah satu waduk atau bendungan yang juga ramai dikunjungi wisatawan. Di tempat ini, terdapat beraneka ragam pohon-pohon yang indah dan dilengkapi pula dengan beraneka ragam tempat dan fasilitas bermain.

Nama: Waduk Beton Indah
Lokasi: Waduk Beton, Sangrahan, Umbulrejo, Kecamatan Ponjong
Tiket masuk: gratis
Jam operasional: 06.00 sampai 21.00

21. Gunung Gentong

Selain berwisata ke berbagai tempat, di Gunung Kidul ini Anda dapat mengunjungi tempat wisata bersejarah. Gunung Gentong pada dahulu kala kabarnya merupakan tempat semedi Prabu Brawijaya V, yakni raja terakhir dari Kerajaan Majapahit. Banyak yang menyebut puncak gunung ini sebagai Puncak 4G. Disini para pengunjung juga bisa berfoto selfie dengan latar belakang yang indah.

Nama: Gunung Gentong
Lokasi: Dusun Manggung, Kelurahan Ngalang, Kecamatan Gedangsari
Tiket masuk: gratis
Jam operasional: 06.00 sampai 18.00

22. Bukit Bintang

Bagi Anda yang menyukai pemandangan kota pada malam hari, ada satu tempat yang tidak boleh dilewatkan, yakni Bukit Bintang. Tempat ini biasanya mulai ramai dikunjungi sejak sore hari oleh anak-anak muda yang ingin menikmati pemandangan gunung Merapi Merbabu. Semakin malam, bukit ini terlihat semakin indah dengan kerlap-kerlip lampu kota dan cahaya bintang-bintang di langit.

Nama: Bukit Bintang
Lokasi: Area Kebun, Srimulyo, Kecamatan Patuk
Tiket masuk: gratis
Jam operasional: 24 jam

23. Bukit Kosakora

Bagi Anda yang pernah ke bukit Merese di Lombok, maka di Yogyakarta ada satu tempat yang mirip, namanya Bukit Kosakora. Meskipun bukit ini tidak terlalu tinggi, namun Anda bisa menikmati pemandangan yang indah dari atas sini. Anda dapat melihat pantai dengan air yang biru juga dapat menikmati pemandangan perbukitan Gunung Kidul.

Nama: Bukit Kosakora
Lokasi: Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari
Tiket masuk:5.000 rupiah per pengunjung
Jam operasional: 06.00 sampai 18.00

24. Lembah Karst Mulo

24. Tempat Wisata Lembah Karst Mulo

Salah satu bagian dari Geopark Gunung Sewu, Lembah Karst menawarkan pemandangan hamparan topografi kapur yang luas. Apabila Anda ingin menikmati wisata lembah kapur yang menakjubkan, Lembah Karst Mulo adalah tempat yang harus Anda coba. Anda dapat mengunjungi tempat ini untuk bersantai dan menikmati senja di sore hari.

Nama: Lembah Karst Mulo
Lokasi: Desa Mulo, Kecamatan Wonosari
Tiket masuk: gratis
Jam operasional: 24 jam

Demikianlah tempat-tempat wisata yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Bagaimana, tidak kalah seru bukan dengan tempat-tempat wisata lain yang terdapat di kota pelajar ini. Sebagaimana yang bisa Anda lihat, beberapa tempat wisata di Gunung Kidul ini terdiri dari jenis wisata yang bermacam-macam. Ada yang berhubungan dengan pegunungan, taman, sungai, dan sebagainya. So persiapkan agenda Anda selanjutnya ya.

Add Comment