Liburan ke Monkey Forest di Bali

Rate this post

Indonesiaituindah.com – Monkey Forest di Bali – Membicarakan Bali memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya selain membahas alamnya yang begitu mempesona, adat budaya di sana pun juga memikat hati. Bagi siapa saja yang sudah pergi ke sana tentu ingin kembali lagi mengunjunginya. Salah satu tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi adalah monkey forest di Bali. Apa keunggulan yang dimiliki oleh tempat wisata unik tersebut? Temukan jawabannya di bawah ini.

Keistimewaan dari Monkey Forest di Bali


Pulau Bali memang terkenal dengan pesona wisata alamnya yang indah. Mulai dari pantai, gunung hingga kawasan hutan pun selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal. Khusus untuk tempat wisata alam yang unik, di pulau tersebut terdapat monkey forest atau hutan yang menjadi rumah-rumah para monyet. Objek wisata tersebut berada di kawasan Ubud dan di sana pun telah menjelma sebagai salah satu ikon tempat wisata di Ubud yang harus dikunjungi.

Tempat wisata ini tak kalah eloknya seperti wisata pantai lainnya yang ada di Bali. Area seluas 27 hektar ini merupakan kawasan hutan yang memiliki 115 jenis pohon serta terdapat 3 buah pura di dalamnya. Monkey forest di Bali ini begitu istimewa karena tidak hanya 1 atau 2 kera saja yang bisa ditemukan di sana melainkan ada sekitar 340 ekor kera. Kera-kera tersebut juga dianggap keramat oleh masyarakat sekitar, oleh karena itu para wisatawan tidak boleh menyakiti atau membawanya keluar dari hutan tersebut.

Kemudian keistimewaan yang lainnya adalah, terdapat 3 buah pura di monkey forest tersebut. Pura tersebut antara lain adalah Pura Dalem Agung, pura ini letaknya berada di tengah hutan dan merupakan hutan tempat hidup kera-kera tersebut. Kemudian pura yang kedua adalah Pura Beji, pura ini pun mempunyai 3 buah pura kecil di dalamnya yaitu Pura Utama Mandala yang difungsikan sebagai pura pemandian para dewa. Kemudian ada Pura Madia yang memiliki sebuah kolam suci dan yang terakhir adalah Puri Nista Mandala sebagai tempat pemandian umum.

Saat mengunjungi monkey forest pun anda harus memperhatikan tips-tipsnya supaya perjalanan menjelajahi hutan menjadi lebih menyenangkan dan berkesan. Tips tersebut seperti jangan memukul atau menyakiti monyet, simpanlah barang berharga ke dalam tas supaya tidak diambil oleh kawanan monyet, bila membawa kamera harap dipegang erat-erat, saat menyusuri kawasan monkey forest, harap berjalan di jalur yang sudah disediakan dan jangan sampai keluar jalur. Hal ini dimaksudkan supaya kawanan monyet tidak menjadi agresif terhadap para wisatawan yang nantinya bisa melukai.

Kemudian tips selanjutnya adalah berkunjunglah pada jam 2 siang karena monyet-monyet di sana sudah merasa kenyang sehingga monyet tidak akan agresif. Terkadang ada juga beberapa monyet yang nakal seperti mengambil barang di dalam tas anda dan merebut makanan yang anda bawa. Itu lah tadi beberapa tips yang bisa anda ikuti saat berwisata ke monkey forest. Apabila merasa bosan dengan suasana pantai di Bali, tak ada salahnya untuk mengunjungi kawasan wisata unik yang satu ini. Berada di Ubud dan sekitar 1 jam perjalanan dari Kuta, monkey forest di Bali ini begitu mengasyikkan. Baca juga 4 Hotel Termurah di Kawasan Kuta, Pulau Bali

Selain bisa melihat monyet-monyet yang hidup di dalam hutan, anda bisa melihat beberapa jenis pohon serta menikmati udara hutan yang sejuk dan fresh di sana. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan aturan supaya liburan anda tetap menyenangkan.

No Responses

Add Comment