Pantai-Pantai di Solo Yang Haram Sekali Kalau Kau Sampai Tak Mengunjunginya Saat Pergi Kesana!

Pantai-Pantai di Solo Yang Haram Sekali Kalau Kau Sampai Tak Mengunjunginya Saat Pergi Kesana!
Rate this post

Solo berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur dan barat, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan. Solo adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah yang menurut sensus pada tahun 2010 menunjukkan jumlah penduduk 503.421 jiwa dan kepadatan 13.636/km2. Solo merupakan kota yang memiliki luas 44 km2, yang berarti, dengan luasnya area yang dimiliki Solo tersebut, sudah pasti berbandinglurus dengan banyaknya tempat-tempat wisata yang kota tersebut miliki. Salah satunya, Pantai.

Tidak kalah dengan kota-kota lain yang memiliki beragam pantai indah nan apik, Solo pun demikian. Solo punya banyak pantai menarik yang harus banget kamu kunjungi saat berkunjung ke sana. Apa saja pantai-pantai itu? Mari kita simak satu per satu ulasan di bawah ini.

1. Pantai Banyutowo, Pantai unik yang airnya tidak lengket bila terkena kulit.

via: www.ticpati.com

via: www.ticpati.com

Jangan samakan Pantai Banyutowo dengan pantai-pantai lainnya. Di sini, airnya tidak lengket bila terkena kulit. Dengan keunikan tersebut, maka dari itu jangan heran apabila Pantai Banyutowo sampai dijadikan ikon wisata Jawa Tengah. Oh ya, bagi kamu yang suka memancing, di Pantai Banyutowo ini wisatawan dapat memancing tanpa dikenakan biaya apapun loh. Asik kan?

2. Pantai Menganti, Pantai yang kerennya kayak pantai-pantai yang ada di New Zealand.

via: www.telusurindonesia.com

via: www.telusurindonesia.com

“Kok, kayak pantai yang ada di New Zealand, ya?” begitulah rata-rata komentar banyak orang setelah mengunjungi Pantai Menganti ini. Soal itu memang benar adanya. Lha bagaimana tidak? Pantai dengan pasir yang putih, deras ombak yang cukup besar, pohon kelapa yang menambah kesejukan, bertempat di area perbukitan yang tentu menambah suasana keindahan, ditambah dengan adanya tebing bidadari yang dijadikan sebagai icon pantai ini, jelas-jelas tidak salah sama sekali kalau mereka-mereka yang baru saja berkunjung akan berkomentar demikian.

Seperti semua hal: butuh perjuangan untuk menikmati apa-apa yang bagus. Ini juga berlaku untuk Pantai Menganti ini. Untuk bisa sampai ke sana, kamu harus melewati jalur akses yang sangat sulit dan tentu saja harus berhati-hati dalam menempuhnya, apalagi kalau kamu masih jomblo. Ini memang seperti tidak ada hubunannya, tapi kalau terjadi apa-apa dan kamu belum menikah, kan, agak gimana gitu. Pokoknya kalau mau berkunjung ke Pantai Menganti hati-hati. Tikungan menuju ke sana cukup tajam, jadi diharapkan untuk tidak menggunakan kendaraan yang terlalu panjang. Beloknya itu loh. Menggelisahkan.

3. Pantai Bopong, Pantai yang kerennya kayak pantai-pantai yang ada di Selandia Baru.

via: olipeoile.com

via: olipeoile.com

“Kok, kayak pantai yang ada di New Zealand, ya?” Itu kalau respons untuk Pantai Menganti di atas tadi. Kalau untuk Pantai Bopong ini, maka respons yang sering muncul adalah:

“Kok, kayak pantai yang ada di Selandia Baru, ya?” Ini serius loh. Lalu, apa bedanya antara New Zealand dengan Selandia Baru? Bukankah sama saja, dan yang membedakan hanya bahasa untuk nama negaranya saja? Lha iya. Hahaha.

Tapi respons itu memang sesuai, karena Pantai Bopong ini unik, memiliki pesona mata jika memandang sangat luas. Yang membuat orang-orang berkomentar kalau pantai ini mirip pantai-pantai di Selandia baru adalah gara-gara pohon di sekitarnya. Kalau biasanya di sekitar pantai itu kebanyakan dihiasi pohon kelapa, maka di Pantai Bopong ini justru banyak dihiasi pohon cemara. Oh ya, saat berkunjung ke sana, jangan kaget kalau menemukan kepiting yang terinjak dengan tidak sengaja. Karena memang ada banyak kepiting pada musimnya yang terdampar di sini.

4. Pantai Nampu, pantai dengan ombak besar dan angin yang bertiup kencang.

via: ahmadmushofihasan.wordpress.com

via: ahmadmushofihasan.wordpress.com

Pantai Nampu terletak di Desa Wonogiri. Kalau kamu dari kota Solo, Pantai Nampu ini dapat ditempuh dengan jalur alternatif ke Paranggupito. Saat tiba di Pantai Nampu, kamu akan disambut oleh hamparan ombak yang cukup besar dan angin yang bertiup kencang. Maka dari itu, berbahagialah.

5. Pantai Sembukan Solo, sebuah pantai keramat.

via: www.inilahtempatwisata.com

via: www.inilahtempatwisata.com

Coba tanya ke orang Solo, siapapun, tanyalah begini:

“Tahu Pantai Sembukan Solo, enggak?”

Silakan potong leher kambing pada saat idul qurban, kalau sampai ada yang menjawab:

“Tidak. Aku tidak tahu!”

For Your Information, Pantai Sembukan Solo ini terkenal banget di sana. Ketika kamu menyebut nama pantai tersebut, pikiran orang yang kamu tanyai akan langsung mengarah kepada hal-hal mistis. Karena memang begitulah adanya. Pantai Sembukan Solo ini erat dengan sebutan pantai keramat dan pintu gerbang masuk Nyi Roro Kidul.

Pantai sembukan juga menyimpan keunikan tersendiri sebagai wisata solo, terletak di sekitarnya derah wonogiri dan tak jauh dari pusat kota solo. Salah satu keunikan yang paling dikenal oleh masyarakat adalah mistisnya. Masyarakat sekitar banyak yang melakukan semedi di sini, dan melakukan upacara syukur.

Silakan berkunjung ke pantai yang menyimpan sejumlah keindahan bebatuan, dan ombak alam ini. Kalau sedang mujur, kamu bahkan bisa memperoleh suguhan atraksi wayang dan larung sebagai tanda puji syukur masyarakat sekitar.

6. Pantai Pecaron, pantai dengan struktur udara yang sejuk.

via: www.kaskus.co.id

via: www.kaskus.co.id

Jadi siapa, di antara kamu yang suka nonton My Trip My Adventure?

Cie, beberapa mengaku dengan bangga. Lalu beberapa lainnya, sok-sokan enggak suka, tapi ngikutin melulu setiap episodenya. Parahnya lagi, bilang enggak suka My Trip My Adventure, tapi emang dasarnya enggak pernah piknik. Wah!

Informasi baik nih buat kamu para penggemar My Trip My Adventure, bahwa Pantai Pecaron masuk dalam salah satu destinasi pilihan My Trip My Adventure. Pantai yang terletak di area pegunungan ini memberikan keunikan tersendiri. Pantai ini sangat asri, hijau, dan udaranya sejuk. Lha wong dipengaruhi struktur udara dari gunung, pantaslah kalau sejuk. Jadi walau terik berusaha menyengat sepanas apapun, udara tersebut akan melindungimu dari panas matahari. Asik kan?

7. Pantai Bandengan, pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Solo.

via: www.penawisata.com

via: www.penawisata.com

Pantai Bandengan adalah pantai yang menjadi tempat wisata favorit para turis. Lha gimana, karena memang ada beberapa faktor yang menjadikan Pantai Bandengan layak untuk banyak digandrungi, di antaranya: karena aksesnya mudah dan ada beberapa bus travel agen yang menyediakan perjalanan menuju ke sini. Tak cuma sampai di situ, hal lain yang membuat Pantai Bandengan layak, adalah karena memiliki beberapa wahana seperti banana boat, jet sky dan wave house.

 

Bagaimana, sangat tertarik untuk mengunjungi pantai-pantai di Solo, kan? Yuk, buruan!

Add Comment