Tari Kecak Bali yang Wajib Kamu Lihat

Tari Kecak Bali yang Wajib Kamu Lihat
4 (80%) 6 votes

Indonesiaituindah.com – Tari Kecak Bali – Siapa yang tak mengenal Tari Kecak, tentu pada saat kita berada di Bangku Sekolah Dasar telah di perkenalkan oleh bapak ibu guru kita dengan Seni Tari Kecak ini bukan? Tari Kecak adalah sebuah tarian tradisional masyarakat yang di ciptakan sejak tahun 1930 oleh seniman Bali yang bernama Wayan Limbak. Beliau selain menjadi penari juga sebagai seorang seniman profesional, bersama dengan seniman asal jerman yang bernama Walter spies beliau menciptakan Tari Kecak yang tersohor hingga kini.

Tari kecak Bali di ciptaan dengan tidak sengaja oleh Wayan Limbak dan walter Spies, mereka hanya mengambil dari tarian adat pemujaan di Bali. Tarian tersebut di namakan Shangyang yang berarti tarian untuk menolak bala dan mengusir suatu hal buruk. Oleh karena itu Wayan Limbak dan Walter spies mencoba menciptakan tarian kecak sebagai wujud pelestarian kesenian adat Bali. Tak di sangka jika Tari kecak yang mereka ciptakan, saat ini menjadi sangat terkenal di mata Internasional.

Tari Kecak Sebagai Warisan Budaya Bangsa Indonesia


Tari kecak Bali memiliki ciri khas gerakan tangan yang penuh dengan kemistikan para penarinya. Tari kecak biasanya di mainkan oleh banyak laki-laki dan menjadi sebuah simbol kesenian budaya Bali. Ekspresi yang di pertunjukkan oleh para penari membuat para penonton semakin terpana, gaya khas jari jemari mereka yang bergerak seiring dengan irama gamelan yang di mainkan menambah semarak tarian ini.

Tarian Kecak inilah yang membuat Pulau Dewata Bali semakin tersohor di mata dunia Internasional, tak salah jika banyak wisatawan asing yang takjub dengan tarian kecak ini. meskipun tari kecak bali ini terlihat simpel akan tetapi bisa menyihir para penonton untuk kembali melihat tarian ini saat berkunjung ke Bali. Biasanya tari kecak di mainkan oleh puluhan hingga ratusan laki-laki. Oleh sebab itulah tarian ini semakin terlihat unik dan istimewa.

Untuk dapat melihat Tari kecak Bali anda dapat mengunjungi Uluwatu, Garuda Wisnu Kencana, Ubuda Dan Gianyar Bali. Untuk dapat mengetahui alur cerita pada tarian kecak tersebut, anda harus menyaksikan pertunjukan tari ini dari awal hingga akhir. Karena jika menyaksikan hanya separuh saja, maka anda tak akan mengetahui alur cerita yang di bawakan pada tarian tersebut. Sebagai ciri khas tari kecak ini pastinya anda akan selalu mendengar para penari mengumandangkan lagu Cak,cak,cak,cak.


Tari kecak Bali biasanya mengisahkan tentang cerita ramayana yaitu kisah dewi sinta yang di culik oleh rahwana. Dan pada akhir pertunjukan tari ini mengisahkan tentang pembebasan dewi shinta. Beberapa tokoh yang selalu ada dalam tarian kecak yaitu: Hanoman, Dewi shinta, rahwana, rahma, sugriwa. Adapun beberapa properti dalam tarian kecak ini seperti: selendang, tempat sesaji, topeng dan krincingan.

Masyarakat Bali memang terkenal sangat memegang teguh adat dan tradisi nenek moyang, baik itu dalam hal kesenian maupun dalam berkehidupan masyarakat. Tak heran jika setiap sudut Kota bali terdapat banyak ornamen-ornamen penanda kebudayaan khas mereka. Oleh sebab itu banyak wisatawan yang datang untuk belajar kesenian budaya khas Bali. Baik itu dalam tarian maupun dalam berkerajinan seperti melukis dan memahat. Baca juga Tempat Snorkeling di Bali yang di Rekomendasikan

Pulau Dewata Bali selalu bisa memberikan kenyamanan dan keindahan bagi setiap jiwa yang datang, semoga pulau dewata Bali bisa terus mempertahankan adat dan kesenian tradisional yang mereka miliki sebagai warisan untuk anak cucu kita kelak. Demikian informasi Tari kecak Bali semoga dapat menambah pengetahuan anda.

Add Comment