Daftar Tempat Wisata Purwakarta yang Unik dan Menarik

Daftar Tempat Wisata Purwakarta yang Unik dan Menarik
Rate this post

Indonesiaituindah.com – Tempat Wisata Purwakarta – Purwakarta adalah salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat. Purwakarta berjarak 80 km dari Jakarta. Pasti anda menyangka bahwa di Purwakarta tidak memiliki tempat wisata menarik. Jangan berfikir seperti itu, ternyata purwakarta memiliki banyak potensi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata Purwakarta diantaranya adalah wisata alam, wisata waduk dan berbagai wisata lainnya.

Purwakarta memiliki beberapa tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Cocok untuk liburan bersama seluruh anggota keluarga, tempat wisata Purwakarta diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Wisata Air Mancur Taman Sri Baduga

Wisata Air Mancur Taman Sri Baduga
Tempat wisata ini berlokasinya di tengah kota. Taman Sri Baduga Situ Buleud ini memiliki bentuk yang bulat. Danau ini sangat unik karena memiliki air mancur yang sangat Indah. Air mancur di sini bukanlah air mancur biasa, namun air mancur terbesar di Indonesia yang berhias dengan lampu warna-warni. Pertunjukan air mancur diakan setiap malam minggu pada jam 7.30 sampai jam 8 malam dan pada jam 8.30 sampai jam 9 malam.

2. Wisata Air Waduk Jatiluhur Purwakarta

Wisata Air Waduk Jatiluhur Purwakarta
Waduk jatiluhur terletak di tengah perbukitan yang lebih tinggi. Anda akan mengagumi keindahan waduk dalam perjalanan menuju kesana ataupun setelah berada disana. Keindahan berasal dari pemandangan waduk dari atas yang dikelilingi banyak pepohonan dan hamparan hijau di sekitarnya. Banyak pula para pemancing ikan bersantai disana. Waduk Jatiluhur tujuan awalnya adalah sebagai salah satu pusat pembangkit tenaga listrik, namun lama kelamaan tempat ini cocok menjadi tempat refresing dan piknik keluarga.

3. Resort Giri Tirta Kahuripan Wanayasa Purwakarta

Resort Giri Tirta Kahuripan Wanayasa Purwakarta
Giri Tirta Kahuripan akan memberikan pelayanan prima dari resort-nya untuk anda dan keluarga. Di resort merupakan tempat agrowisata. Ada dapat memanen buah-buahan di perkebunan buah-buahan disana. Selain itu juga dilengkapi dengan waterboom, yang bisa menjadi tempat bermain anak-anak ataupun orang dewasa. Jarak resort ini dengan Situ Wanayasa adalah sekitar 5,1km dari jalur utama.

4. Waduk Cirata Plered Purwakarta

Waduk Cirata Plered Purwakarta
Ada satu lagi waduk yang menjadi kebanggaan Purwakarta yang berfungsi sebagai pusat suplai tenaga listrik untuk area Jawa Barat bernama Waduk Cirata. Waduk ini terletak di desa Cirata, kecamatan Plered, yang merupakan perbatasan antara Purwakarta dan Bandung Barat. Waduk ini cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Wisata yang ditawarkan disini adalah pemandangan dari perbukitan yang indah.

5. Trekking ke Gunung Cupu

Trekking ke Gunung Cupu
Wisata alam berikutnya adalah Gunung Cupu yang berada di daerah Plered. Walaupun memiliki tinggi hanya sekitar 300 mdpl, namun di Gunung Cupu memiliki pemandangan alam yang indah dengan banyak bebatuan. Gunung ini terletak di Desa Cianting, perbatasan antara Kecamatan Sukatani dan Kecamatan Plered Purwakarta.

6. Curug Cipurut

Curug Cipurut
Objek wisata selanjutnya adalah Curug Cipurut, lokasinya sangat indah dengan nuansa pegunungan yang sejuk, dan pepohonan pinus yang berderet rapi di punggung gunungnya, serta hamparan sawah dan kebun teh menambah keindahan objek wisata ini. Sangat pas untuk berkemah di sekitar lokasi air terjun ini. Baca juga Pilihan Hotel di Cirebon yang Paling di Rekomendasikan

Demikianlah beberapa tempat wisata Purwakarta yang unik dan harus anda kunjungi. Bagaimana, objek wisata manakah yang akan anda pilih untuk liburan anda. Semoga artikel diatas dapat menginspirasi kita semua ya.

Add Comment