Wisata Danau Kelimutu, Sebuah Fenomena Alam Dengan Danau Eksotis Menampilkan 3 Warna Ajaib

Wisata Danau Kelimutu, Sebuah Fenomena Alam Dengan Danau Eksotis Menampilkan 3 Warna Ajaib
4.5 (90%) 4 votes

indonesiaituindah.com – Kekayaan wisata alam Indonesia tidak perlu lagi dipertanyakan, dimana Indonesia memiliki beragam wisata alam yang sangat menakjubkan dan memukau bagi mata setiap mata yang memandangnya. Dari berbagai wisata alam di Indonesia yang indah, ada sebuah danau yang berlokasi di Kabupataen Ende, Nusa Tenggara Timur yang memiliki sebuah fenomena alam yang ajaib dan menjadi salah satu objek wisata favorit bagi para wisatawan lokal hingga mancanegara yakni Danau Kelimutu.
Danau kelimutu
Danau kelimutu masuk pada kawasan Taman Nasional Kelimutu yang memiliki kawasan dari wilayah Nusa Tenggara hingga Bali, dimana taman nasional ini diambil namanya dari sebuah puncak gunung dengan ketinggian 1.690 meter di atas permukaan laut bernama Kelimutu, dan diatas puncak gunung inilah danau kelimutu yang “ajaib” ini dapat dikunjungi, dimana Danau kelimutu merupakan sebuah kawah atau kubangan yang membentuk danau dengan menampilkan warna yang berbeda-beda pada setiap kawahnya sehingga Danau Kelimutu biasa juga disebut danau 3 warna dimana kubangan tersebut menampilkan 3 warna yang berbeda walaupun memiliki jarak yang berdekatan, dimana warna dapat berubah menjadi merah, putih dan biru, hingga hijau, hitam dan coklat, dan berbagai variasi warna lainnya yang tidak pernah memiliki warna yang sama pada setiap kawahnya.Uniknya dari air danau Kelimutu, beberapa peneliti pernah mencoba mengambil sampel air danau ini dimana airnya sama sekali tidak berwarna alias bening.

Danau Kelimutu ini pertama kali ditemukan oleh seorang berkebangsaan Belanda bernama Van Such Telen, dimana ia pun segera mengabarkan penemuannya tersebut pada warga sekitar dimana ia menemukan 3 warna danau yakni merah, biru dan putih yang menyerupai warna bendera Belanda yang membuat banyak orang tidak mempercayainya saat itu hingga mereka datang di puncak gunung Kelimutu untuk membuktikannya sendiri. Kepopuleran dan keajaiban danau ini menjadi sangat populer ketika danau ini masuk dalam karya pelukis Y. Bouman pada tahun 1929 an, dan membuat banyak wisatawan menjadi penasaran akan keajaiban danau ini.
Danau kelimutu
Menurut versi penduduk lokal, danau ini merupakan sebuah tempat bersemayam jiwa-jiwa dari orang yang telah meninggal, dimana ketiga danau atau bahasa lokalnya dikenal dengan nama “tiwu” ini memiliki nama masing-masing yakni Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai , dan Tiwu Ata Polo, dan danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai lah yang paling sering berganti warna disebabkan merupakan tempat persemayaman jiwa-jiwa yang masih labil dan muda. Oleh karena itu, danau Kelimutu dikeramatkan oleh penduduk lokal dan bahkan sering mengadakan ritual dan upacara adat khusus untuk meminta keberkahan dan keselamatan, yang menjadi sebuah objek wisata menarik bagi wisatawan.

Perubahan warna pada ketiga danau ini juga dipercaya sebagai suatu pertanda bencana alam di Indonesia, dimana hal tersebut terjadi pada rentang tahun 1992 hingga 2004 dimana pada tahun 1992, warna danau ini berubah menjadi warna cokelat kemerahan dan terjadi gempa bumi di Flores yang menimbulkan banyak korban jiwa, sedangkan pada tahun 2004, warna danau ini berubah lagi dan terjadi bencana Tsunami Aceh dengan korban yang mencapai ratusan ribu yang kehilangan nyawa.

Akan tetapi terlepas dari segala cerita rakyat dan kepercayaan anda, Danau Kelimutu ini sangatlah indah dan mempesona yang patut anda jadikan sebagai destinasi wisata selanjutnya, dimana selain danau kelimutu yang terkenal, anda juga dapat menikmati berbagai jenis tumbuhan dan binatang eksotis yang terancam punah pada Taman Nasional Kelimutu seperti elang Flores, burung hantu Wallacea, serta kancilan Flores.

Sekian informasi wisata kami mengenai Wisata Danau Kelimutu, Sebuah Fenomena Alam Dengan Danau Eksotis Menampilkan 3 Warna Ajaib. Dimana kita patut berbangga sebagai bangsa Indonesia yang memiliki keindahan alam yang sangat kaya dan indah. Terima kasih.

Baca juga destinasi wisata kami lainnya mengenai Destinasi Tempat Wisata di Belitung, Mari Berlibur Ke Daerah Laskar Pelangi

Add Comment