6 Tempat Wisata Air di Jawa Barat Yang Harus Banget Kamu Datangi!

6 Tempat Wisata Air di Jawa Barat Yang Harus Banget Kamu Datangi!
5 (100%) 1 vote

Berbicara tentang Jawa Barat, provinsi ini merupakan sebuah provinsi yang berada di bagian barat Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di barat. Seperti kita ketahui bersama bahwa kebanyakan penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda, denan Bahasa Sunda pula.

Jawa Barat adalah wilayah yang berkarakteristik kontras dengan dua identitas: masyarakat urban yang sebagian besar tinggal di wilayah Jabodetabek (sekitar Jakarta) serta Bandung Raya; dan masyarakat tradisional yang hidup di pedesaan yang tersisa. Menurut data yang dihimpun pada tahun 2002 oleh pemerintah, menunjukkan bahwa populasi Jawa Barat mencapai 37.548.565 jiwa, dengan rata-rata kepadatan penduduk 1.033 jika/km persegi. Jika jumlah tersebut dibandingkan dengan angka pertumbuhan nasional (2,14% per tahun), maka dapat disimpulkan bahwa Provinsi Jawa Barat menduduki peringkat terendah, dengan 2,02% per tahun saja.

Tidak hanya penduduknya saja yang banyak. Namun Jawa Barat juga memiliki tempat wisata yang banyak. Karena saking banyaknya, agar kamu tak kebingungan memilih, siapa tahu 6 tempat wisata air di Jawa Barat ini bisa dijadikan rekomendasi. Yuk!

Kawah Putih, tempat yang cocok untuk prewedding.

via: marriedtoourbackpacks.wordpress.com

via: marriedtoourbackpacks.wordpress.com

Kamu ingin mengambil beberapa adegan film atau mengambil gambar untuk foto prewedding? Ke Kawah Putih aja!

Kawah Putih memiliki warna yang berubah-ubah bila terkena sinar matahari. Kawah Putih ini berada di Gunung Patuha. Sebetulnya, Kawah Putih ini merupakan sebuah kawah berwarna kehijauan dan diselimuti kabut asap tipis serta mengandung belerang yang sangat kuat, sampai-sampai, tidak ada burung yang kuat melintas di atasnya.

Situ Patengan, tempat wisata dengan pemandangan indah dan udara sejuk.

via: www.ragamtempatwisata.com

via: www.ragamtempatwisata.com

Situ Patengan (atau yang lebih dikenal dengan nama Situ Patenggang) ini berupa danau dengan luas sekitar 45.000 ha dan berada di ketinggian 1600 mdpl, letaknya berada di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia. Saat mengelilingi Situ Patengan ini, kamu juga bisa menikmati indahnya Pulau asmara dan batu cinta. Oh ya, di Situ Patengan ini pemandangannya sangat indah dan udaranya sejuk loh.

Pantai Pangandaran, tempat wisata dengan hamparan pasir putih yang indah.

via: permanarikie.blogspot.com

via: permanarikie.blogspot.com

Pantai Pangandaran ini berada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Pangandaran tersebut merupakan kabupaten baru hasil pemekaran wilayah di Provinsi Jawa Barat. Pantai Pangandaran memiliki hamparan pantai yang panjang, dengan hamparan pasir putih yang indah, deretan hotel yang bagus, penjual-penjual di sepanjang pantai sampai aktifitas para nelayan yang sedang melaut dapat kamu nikmati di Pantai Pangandaran ini.

Pantai Pelabuhan Ratu, pantai dengan ombak laut yang sangat besar.

Pantai Pelabuhan Ratu terletak 60 km arah selatan dari Kota Sukabumi, namun letaknya di Kabupaten Sukabumi. Pantai Pelabuhan Ratu memiliki beberapa topografi dari mulai pantai yang curam sampai landai, tebing karang yang terjal, ombak laut yang sangat besar, dilengkapi dengan hutan cagar alam yang masih asli, dan berombak sangat besar, karena memang termasuk dalam deretan pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Selain itu, Pantai Pelabuhan Ratu ini juga memiliki pemandangan laut yang sangat indah. Namun, hati-hati ketika pergi ke sana, karena sangat berbahaya apabila berenang di Pantai Pelabuhan Ratu ini. Jadi ceritanya di Pantai Pelabuhan Ratu ini ada mitos, yakni Nyi Roro Kidul menyukai warna hijau, sehingga apabila ada pengunjung Pantai Pelabuhan Ratu maka akan terseret ombak. Mau coba-coba? Jangan! Sayangi nyawamu!

Pantai Ujung Genteng: surga yang tersembunyi!

via: oldlook.indonesia.travel

via: oldlook.indonesia.travel

Pantai ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah, menakjubkan dan belum terjamah oleh banyak orang. Tempat ini berada di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Karena pengunjung belum banyak, jadi jangan heran kalau di Pantai Ujung Genteng ini masih sepi pengunjung. Jangan heran juga kalau akses menuju lokasi pantai Ujung Genteng ini masih buruk.

Namun, sepinya tempat justru sebetulnya merupakan berkah. Karena pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang masih sepi, serta lebih tenang. Bagi kamu yang gemar memancin, datanglah kemari. Memancinglah. Atau setidaknya, lihatlah enyu hijau di penangkaran penyu di Pangumbahan.

Green Canyon, tempat wisata dengan beragam aktifitas outdoor menarik!

via: www.royaltravelo.com

via: www.royaltravelo.com

Siapa yang suka rafting? Main-mainlah ke Green Canyon. Tempat wisata ini berada di Pangandaran Jawa Barat. Di sepanjang sungai Green Canyon ini kamu dapat melihat pemandangan berupa tebing-tebing tinggi yang sangat menarik. Yah, Jawa Barat memang terkenal sebagai tempat wisata yang menawarkan aktifitas outdoor penuh dengan petualangan. Selamat menikmati Green Canyon, berhati-hatilah saat melewati arus sungai yang cukup deras.

Gimana, udah siap-siap budget buat liburan ke tempat-tempat wisata air di Jawa Barat?

Add Comment