Berkunjung ke Surga Tempat Wisata Curug di Sukabumi

Berkunjung ke Surga Tempat Wisata Curug di Sukabumi
5 (100%) 1 vote

Indonesiaituindah.com – Provinsi Jawa Barat seakan tidak ada habisnya dalam hal pesona tempat wisata yang dimilikinya. Selain Garut yang sudah termahsyur sejak dahulu kala, masih ada daerah-daerah lain yang menyimpan pesona keindaha alam ciptaan Tuhan. Salah satu daerah dengan keindahan alam tersebut adalah Kabupaten Sukabumi. Daerah Sukabumi terletak sebelah di pojok barat daya provinsi Jawa Barat yang berbatasan dengan Provinsi Banten di sebelah barat, Samudera Hindia di sebelah selatan, Kabupaten Bandung di sebelah timur, serta Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur di sebelah utara.

Kabupaten Sukabumi memiliki begitu banyak destinasi tempat wisata yang tersebar di seluruh penjuru wilayahnya. Destinasi wisata yang banyak ditemukan di Sukabumi adalah air terjun. Berikut ini adalah air terjun (curug) yang ada di wilayah Sukabumi.

1. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum
Nama curug ini begitu familiar di telinga para pendaki karena letaknya berada di lereng Gunung Gede yang merupakan tujuan favorit pendaki. Pengunjung yang ingin menuju Curug Cibeureum harus berjalan kaki menyusuri area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) yang juga merupakan rute pendakian sehingga memerlukan persiapan fisik meskipun jalurnya tidak begitu menanjak. Pengunjung pun harus memiliki tiket dan izin resmi dari kantor TNGGP sebesar Rp18.500,00.

2. Curug Awang

Curug Awang
Nama curug kedua sebagai tempat wisata di Sukabumi adalah Curug Awang. Air terjun ini berada di Kecamatan Ciletuh di Kabupaten Sukabumi. Curug Awang menawarkan pesona wisata alamnya yang masih asri dan alami. Pengunjung juga bisa memakai paket-paket wisata yang telah disediakan oleh penyedia paket wisata seharga 700-800 ribu rupiah untuk 8 orang. Cukup mahal memang tetapi pengunjung pasti akan merasa lebih puas saat menggunakan paket-paket wisata tersebut.

3. Curug Cikaso

Curug Cikaso
Air terjun yang berada di urutan ketiga ini terletak cukup jauh ke pedalaman lembah pegunungan. Letak Curug Cikaso adalah di Kampung Cinti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung. Letaknya yang berada di pedalaman lembah pegunungan membuat curug ini begitu indah. Biaya masuk ke curug ini pun sangat murah yaitu hanya Rp2.000,00 saja. Pengunjung juga tidak usah khawatir jika masih kebingungan karena tersedia guide atau pemandu wisata dengan tarif yang cukup terjangkau yaitu Rp50.000,00-Rp70.000,00.

4. Curug Sawer

Curug Sawer
Masih ada curug di Kabupaten Sukabumi. Kali ini adalah Curug Sawer yang tentu menjadi destinasi tempat wisata alam di Sukabumi. Lokasi curug ini berada di kawasan Wisata Situ Gunung, Kecamatan Kedungdampit, Kabupaten Sukabumi. Tarif masuk menuju Curug Sawer juga tidaklah mahal; hampir sama dengan Curug Cikaso yaitu hanya Rp3.000,00 saja. Tersedia penginapan semacam villa yang bisa disewa oleh pengunjung jika ingin menginap dengan biaya 250-360 ribu rupiah untuk menginap selama satu malam.

5. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung
Curug yang ada di urutan kelima ini berbeda dari curug-curug sebelumnya. Perbedaan paling besar ada di akses menuju lokasinya. Cukup sulit untuk mengunjungi Curug Cimarinjung ini karena pengunjung harus menuju Pelabuhan Ratu, kemudian meneruskan perjalanan dengan menggunakan boat, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sampai di curug ini. Sulitnya akses ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan karena indahnya pemandangan yang dinikmati dari perjalanan panjang membuatnya terasa lebih menyenangkan.

6. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa
Curug yang berada di urutan terakhir sebagai referensi tempat wisata di Bumi Sukabumi ini adalah Curug Cigangsa. Curug ini sangat menarik untuk dikunjungi karena menawarkan pesona alamnya yang begitu indah. Letaknya memang cukup jauh yaitu sekitar 110 kilometer dari pusat Kota Sukabumi sehingga sangat pas bagi pengunjung yang ingin melarikan diri dari keramaian. Pengunjung harus menyewa perahu dengan biaya sekitar Rp60.000,00 untuk dapat mencapai air terjun ini.

Add Comment