Liburan Ke Jakarta, Yuk Ke Destinasi Wisata Kota Tua Yang Kaya Akan Sejarah Batavia

Liburan Ke Jakarta, Yuk Ke Destinasi Wisata Kota Tua Yang Kaya Akan Sejarah Batavia
4.57 (91.43%) 14 votes

indonesiaituindah.com – Ibukota negara Republik Indonesia yang terletak di DKI Jakarta tentunya memiliki segudang cerita dan sejarah yang wajib kita ketahui sebagai bangsa Indonesia dimana Jakarta yang dulu bernama Batavia memiliki segudang sejarah yang bentuk fisiknya dapat anda lihat di sebuah wilayah bernama Kota Tua di Jakarta yang merupakan wilayah yang memegang peranan penting pada zaman penjajahan Belanda dimana wilayah kota tua mencakup daerah antara Pelabuhan Sunda Kelapa hingga Museum Bank Indonesia dan Wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Mengapa harus ke Kota Tua Jakarta ? sebab selain anda dapat berlibur atau berwisata pendidikan sejarah bersama keluarga untuk mengenal lebih dalam mengenai Jakarta untuk lebih menghargai sejarah, anda juga akan disuguhi berbagai pemandangan gedung-gedung tua yang eksotis yang dapat anda abadikan dengan foto bagi anda pecinta fotografi dan berbagai destinasi wisata lainnya di wilayah Kota Tua ini. Berikut tempat-tempat yang wajib anda kunjungi ketika berkunjung ke kota tua di Jakarta yang dulunya merupakan pusat pemerintahan pemerintahan Kolonial.

Pelabuhan Sunda Kelapa
Pelabuhan ini memiliki cerita sendiri pada masa lalu dimana pelabuhan ini merupakan pelabuhan utama perdagangan internasional tersibuk dan terbesar dan menjadi saksi mengenai kejayaan Jakarta atau Batavia pada masa lalu. Dulu, pelabuhan ini sangat ramai oleh berbagai pedagang India, Arab, Cina, dan Eropa yang ingin menjual barang untuk ditukarkan dengan rempah-rempah maupun uang. Pelabuhan tua ini juga menyisakan banyak cerita mengenai berbagai cerita yang terjadi di Batavia mulai dari kejayaan Kerajaan Pajajaran, kehidupan makmur Kerajaan Demak, kedatangan bangsa Portugal hingga jaman masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Namun sekarang, pelabuhan dengan segudang sejarah ini telah berhenti beroperasi dan hanya dijadikan tempat kapal nelayan setempat berlabuh. Namun walaupun begitu, tempat ini patut tidak anda lewatkan dimana waktu yang pas berkunjung ke tempat ini adalah wajtu senja dan melihat sunset yang indah ditemani banyangan kapal-kapal yang berlabuh dipinggir pelabuhan ini, dan bagi anda pecinta kuliner, ditempat ini terdapat banyak warung makan seafood yang lezat yang patut anda cicipi.
Pelabuhan Sunda Kelapa
Museum Fatahillah
Museum Fatahillah ini juga bias disebut sebagai museum sejarah Jakarta atau Museum Batavia dengan segudang koleksi sejarahnya. Disini anda akan disuguhi lebih dari 25.000 koleksi sejarah mulai dari keramik, meriam, prasasti, furniture, serta berbagai peninggalan sejarah lainnya mengenai kota Batavia yang kini dikenal dengan Jakarta. Di masa lalu, gedung Museum Fatahillah ini pernah menjadi pengadilan, balai kota, bahkan memiliki penjara bawah tanah dimana di lapangan di luar gedung ini dulu menjadi tempat eksekusi pada tahanan para penjajah.

Untuk masuk ke Museum Fatahillah ini anda cukup membayar Rp 2.000 rupiah untuk menikmati berbagai kekayaan sejarah kota Jakarta yang buka setiap hari dan cocok menjadi destinasi wisata bagi anda dan kelurga.
Museum Fatahillah
Toko Merah
Berkunjung di wilayah Kota Tua, anda juga dapat menemukan destinasi favorit lainnya yakni toko merah ini dimana tempat ini didirikan oleh orang yang juga merancang bangunan istana Bogor yakni Baron Van Imhoff yang juga merupakan gubernur jendral VOC pada masanya. Di tempat ini anda dapat melihat secara langsung berbagai perabotan dan suasana masa zaman kolonial lalu yang masih sangat terjaga originalitasnya dan masih alami seperti dulu. Namun bagi anda yang ingin masuk ke tempat ini, haruslah memiliki izin khusus dari kepolisian sebab tempat ini tidak terbuka untuk umum, tetapi jangan kuatir, bagi anda yang tidak dapat masuk, anda tetap dapat menikmati dan berfoto di area toko merah dengan nuasanya kolonialnnya.
Toko Merah
Museum Bank Indonesia
Tempat ini salah satu destinasi di Kota Tua yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan, dimana di bangunan ini dulunya merupakan rumah sakit atau Binnen Hospital, dan kemudian berganti fungsi menjadi Bank pada tahun 1828 dengan nama De Javasche Bank yang merupakan cikal bakal Bank Indonesia.

Untuk dapat menikmati museum bank Indonesia ini anda tidak perlu merogoh kocek sepeserpun alias gratis dan menikmati berbagai objek menarik didalam Museum Bank Indonesia maka tidak heran tempat ini ramai dikunjungi para wisatawan.
Museum Bank Indonesia
Sekian informasi kami mengenai Destinasi Wisata Kota Tua Yang Kaya Akan Sejarah Batavia, yang akan sangat pas bagi liburan keluarga untuk mengenalkan sejarah pada anak-anak dan menikmati berbagai cerita dan peninggalan masa lalu yang sudah sepatutnya selalu kita hargai. Terima kasih.

Baca juga informasi wisata kami lainnya mengenai Tempat Nongkrong Asik di Jakarta Yang Wajib Menjadi Tempat Hang Out Anda

Add Comment