15 Tempat Wisata di Lombok yang Paling Rekomended

Tempat Wisata di Lombok – Selain Bali, Lombok juga dikenal sebagai salah satu pulau dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Oleh sebab itu, tidak heran jika saat ini banyak tempat wisata di Lombok yang mulai dikenal secara luas baik oleh turis lokal maupun turis asing. Meski begitu, ternyata tempat wisata di Lombok sendiri sangat beragam.

Ada berbagai destinasi yang memang khusus ditujukan untuk para solo traveling, atau pencinta tantangan sehingga jalan menuju ke tempat tersebut tidak bisa dianggap mulus. Oleh sebab itu, kalian yang berlibur membawa keluarga apalagi anak-anak sebaiknya hindari tempat-tempat tersebut.

15 Destinasi Tempat Wisata di Lombok Terbaik dengan Harga Terjangkau

Bagi yang membawa keluarga atau pasangan maka ada baiknya jika kalian mencari tempat-tempat yang sudah terkenal di Lombok. Hal ini untuk menghindari kerepotan saat berlibur akibat jalanan yang belum memadai. Oleh sebab itu, bagi kalian yang tertarik mengajak pasangan atau keluarga ke Lombok, berikut beberapa rekomendasi tempat yang bisa didatangi.

1. Lembah Ulem-ulem

Desa ini sangat terkenal sebagai desa wisata air yang sangat nyaman dan menarik. Hal ini dikarenakan ada sebuah air terjun setinggi 5 meter yang mengalirkan air yang sangat jernih dari Gunung Rinjani secara langsung ke bendungan di desa tersebut.

Bendungan inilah yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan karena menyajikan pemandangan yang sangat indah. Yaitu berupa hamparan deretan perbukitan hijau yang menyatu dengan hutan lebat serta udaranya yang sangat segar.

Nama : Lembah Ulem-Ulem
Lokasi : Jl. Pariwisata, Tetebatu, Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. 83663
Tiket masuk : Rp 2.000,00 per orang
Jam operasional : Seni sampai Minggu, 07.00-17.00 WITA
No. Telepon : 0878-6306-1503

2. Pink Beach Lombok

Pantai satu ini sangat terkenal di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara karena sangat langka dan hanya ada beberapa di dunia. Bahkan kalian belum bisa disebut pergi ke Lombok jika belum berwisata ke pantai ini.

Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berjemur, berenang, mengambil foto selfie, snorkeling, diving dan bahkan berwisata kuliner yang ada di sekitar pantai tersebut.

Nama : Pantai Pink
Lokasi : Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat 83672
Tiket masuk : Rp 10.000,00 (turis lokal), Rp 50.000,00 (turis asing), Rp5.000,00 (pelajar/rombongan lokal), Rp 25.000,00 (pelajar/rombongan asing), Rp 275.000,00 untuk snorkeling (sudah termasuk perahu)
Jam operasional : setiap hari, 24 jam
No. Telepon : 0822-3634-3282

3. Lombok Elephant Park

Jika kalian berlibur bersama keluarga khususnya yang memiliki anak kecil maka tempat ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Sebab di tempat ini anak-anak bisa mengenal binatang dengan cara yang menyenangkan serta berbeda dari kebun binatang lain.

Tidak hanya kegiatan edukatif bersama binatang, pengunjung juga bisa menikmati sensasi makan siang mewah di di tengah suasana asri hujan tropis dengan harga yang terjangkau. Menunya juga banyak, restoran di sana menghadirkan berbagai menu mulai dari tradisional hingga menu internasional.

Nama : Lombok Wildlife Park
Lokasi : Jalan Raya Tanjung Sire, Sigar Penjalin, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83352
Tiket masuk : Rp 100.000,00 bagi pemegang KTP atau KITAS
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 09.00-17.00 WITA
No. Telepon : 0819-3670-0717

4. Patung bawah laut di Nest

Bagi para pencinta karya seni maka tempat ini bisa memberikan kalian sensasi baru dalam menikmati karya seni khususnya patung. Sebab, kalian harus menyelam ke dalam laut untuk bisa melihat berbagai patung seukuran manusia yang ditata dengan berbagai posisi menarik. Percaya atau tidak, patung-patung ini dibuat berdasarkan cetakan manusia asli.

Proyek sini ini juga diklaim ramah lingkungan mengingat sang seniman sendiri membuat patung-patung tersebut tidak hanya sebagai karya seni tapi juga sebagai tempat tumbuh terumbu karang baru. dalam kurung waktu berapa tahun ke depan,patung-patung tersebut akan tertutup sepenuhnya dengan terumbu karang dan menjadi rumah bagi biota laut lain.

Nama : Artistic Underwater World of Nest
Lokasi : desa, Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83352
Tiket masuk : Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi tempat ini
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 08.00-12.00 WITA
No. Telepon : 0853-3977-7339

5. Pulau Gili Kedis

Bagi kalian yang ingin menikmati sensasi pulau pribadi yang tidak terlalu ramai maka perlu mencoba tempat wisata ini. sebab, pulau ini merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang dijadikan sebagai objek wisata. Meskipun tanpa penghuni tapi sudah ada bangunan semi permanen berupa gazebo sebagai tempat untuk beristirahat.

Pengunjung bisa bersantai menikmati keindahan pulau atau berenang dan menyelam menikmati keindahan bawah laut pulau ini. kalian tidak perlu takut kepanasan sebab pulau ini cukup rindang degan aneka pepohonan yang tumbuh disana.

Nama : Gili Kedis
Lokasi : Sekotong Barat., Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Bar.
Tiket masuk : Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi tempat ini namun pengunjung perlu menyewa perahu sebagai kendaraan dengan biaya sekitar Rp 200.000,00 per perahu
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 07.00-18.00 WITA
No Telepon : 0877-7730-1990

6. Goa Bankang

Gua yang juga dikenal dengan sebagai sarang kelelawar ini memiliki pesona yang tidak bisa kalian dapatkan di tempat lain. Struktur gua ini sendiri akan mengingatkan kalian pada berbagai film petualangan dari Barat yang memicu adrenalin. Sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto terutama saat ada ribuan kelelawar berterbangan.

Namun, kalian jangan berpikir jika tempat ini gelap gulita dan lembab seperti keadaan gua kebanyakan. Tempat ini sebenarnya mendapat cukup sinar matahari saat pagi sehingga suasananya lumayan terang. Namun, karena tempat ini juga merupakan sarang kelelawar jadi sebaiknya kalian datang sebelum matahari terbenam.

Nama: Goa Prabu Bangkang
Lokasi: Prabu, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573
Tiket masuk: Rp 5.000,00 per orang
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 07.00-18.00 WITA
No Telepon : 0819-1739-4284

7. Aik Nyet Sesaot

Tempat ii dikenal sebagai pemandian air dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Suasana di sekitar tempat wisata tersebut dikenal masih sangat asri sehingga bisa menenangkan tubuh dan pikiran pengunjung. Sambil berendam, kalian juga bisa menikmati udara segar sekaligus pemandangan hutan yang masih rimbun.

Air pemandian ini juga dikenal sangat bersih, bening dan menyegarkan. Arusnya juga tidak terlalu kuat sehingga aman jika untuk berenang. Fasilitas di tempat tersebut juga lumayan lengkap. Jika kalian lapar setelah mandi maka tersedia berbagai warung makan yang menjual berbagai makanan hangat.

Nama : wisata alam Aik Nyet
Lokasi : Aik Nyet desa Buwun Sejati, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Bar. 83371
Tiket masuk : Rp 5.000,00 per orang
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 24 jam
No. Telepon : 0859-3449-4297

8. Rinjani Waterpark

Jika kalian berlibur dengan membawa keluarga besar maka waterpark ini bisa menjadi alternatif terbaik. Selai tempatnya luas, di sana juga terdapat banyak sekali taman dengan tanaman hijau yang menyegarkan mata ketika berenang. Fasilitasnya juga sudah cukup bagus mengingat tempat ini merupakan tempat wisata terbesar di NTB.

Oleh sebab itu, selai digunakan untuk berenang tempat ini juga kerap digunakan sebagai tempat gathering keluarga atau acara-acara tertentu seperti ulang tahun dan kumpul-kumpul. Bahkan, resepsi pernikahan juga bisa dilaksanakan di sana namun tentu saja dengan biaya tambahan karena acara tersebut akan mendatangkan banyak orang.

Nama : Rinjani Waterpark
Lokasi : Jl. Pejanggik, Majidi, Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. 83611
Tiket masuk : Rp 25.000,00 untuk dewasa dan Rp20.000,00 untuk anak-anak
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 09.00-18.00 WITA
No. Telepon : 0819-9781-1944

9. Monti Dome Villas Lombok

Bagi kalian yang tengah berbulan madu atau sedang berlibur bersama pasangan maka resort villa ini bisa menjadi alternatif pilihan yang sangat menarik. Selain desain arsitektur yang sangat unik, tempat ini juga memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan dan sangat romantis saat malam hari.

Tidak hanya itu, tempat ini juga sudah disertai dengan fasilitas yang sangat lengkap serta staf yang berpengalaman. Namun, kalian tenang saja karena privasi kalian dijamin tidak akan terganggu bahkan oleh sesama pengunjung.

Nama : Mentigi Bay Dome Villa Lombok
Lokasi : Jalan Raya, Mentigi, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83352
Harga kamar : Harga sewa kamar mulai dari Rp810.000,00 per malam
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 24 jam
No. Telepon : 0819-9951-1170

10. Hotel Tugu Lombok

Hotel ini merupakan salah satu hotel bintang lima yang ada di Lombok. Oleh sebab itu, kemewahan serta pelayanan hotel ini tidak perlu diragukan lagi. Apalagi hotel ini termasuk ke salah satu jaringan hotel yang terkenal dengan arsitekturnya yang memiliki nilai seni serta historis yang sangat tinggi.

Bangunan hotel yang terinspirasi oleh kerajaan Majapahit benar-benar akan membawa kalian ke zaman kerajaan di masa lalu. Setiap kamar di desain oleh seniman lokal sehingga kalian bisa merasakan sensasi menginap bak seorang raja atau bangsawan. Jadi sangat cocok untuk berbulan madu bersama pasangan.

Nama : Hotel Tugu Lombok
Lokasi : Jl. Pantai Sire No.Desa, Sigar Penjalin, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83352
Tiket masuk : Harga sewa kamar mulai dari Rp 2.500.000,00 per malam
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 24 jam
No. Telepon : 0819-3799-5566

11. Hotel Ombak

Bagi kalian yang suka mengambil foto untuk diunggah ke sosial media maka hotel ini merupakan tempat yang sangat cocok. Tempat ini sangat terkenal dengan ayunan kayu yang berada di pantai. Pengunjung bisa menikmati indahnya matahari terbenam (sunset) sambil berayun bersama teman atau pasangan.

Hotel Ombak sendiri memiliki beberapa hotel di pulau Gili. Namun, yang menjadikannya istimewa dan lain dari hotel kebanyakan adalah ayunan yang menghadap laut lepas. Bentuk ayunannya juga bervariasi mulai dari ayunan biasa hingga ayunan berbentuk sarang burung yang sangat unik.

Nama : Hotel Ombak Sunset dan Hotel Ombak Paradise
Lokasi : Pulau Gili Air, Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83352
Tiket masuk : Harga sewa kamar mulai dari Rp 650.000,00 per malam
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 24 jam
No. Telepon : (0370) 6197234

12. Katamaran Resort

Jika mencari hotel dengan pemandangan Pantai Senggigi yang tenang dan jauh dari pusat keramaian maka tempat ini adalah pilihan terbaik. Selain menawarkan pemandangan serta kemewahan, hotel ini juga akan menjamin privasi kalian sehingga kalian bisa lebih nyaman berlibur di sana.

Selain itu, hotel ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang sangat lengkap mulai dari kolam renang hingga spa yang memanjakan tubuh. Jika kalian merasa bosan maka kalian bisa makan malam romantis bersama pasangan di tepi pantai sambil melihat matahari terbenam.

Nama : Katamaran Hotel & Resort
Lokasi : Jl. Raya Senggigi, Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Bar. 83355
Harga sewa : Harga sewa kamar mulai dari Rp 950.000,00 per malam
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 24 jam
No Telepon : (0370) 6197888

13. Gili Air Lagoon Resort

Resort ini disebut-sebut sebagai salah satu tempat penginapan terbaik sekaligus yang paling unik di seluruh Lombok. Jika resort lain pada umumnya memiliki konsep seperti villa dengan privasi yang sangat terjaga maka beda halnya dengan tempat ini.

Meskipun privasi tamu masih terjaga tapi dari segi bentuk, resort ini memiliki bentuk lingkaran yang dikelilingi oleh pondok kayu. Uniknya setiap bagian depan pondok tersedia kolam air tawar luas sehingga kalian bisa langsung melompat kedalamnya. Bahkan, saking luasnya tempat ini maka kalian bisa bermain kayak transparan di pantai yang jernih.

Nama : Gili Air Lagoon Resort
Lokasi : Gili Air Island, Gili Air, West Lombok Regency, Lombok 83125
Harga sewa : Harga sewa kamar mulai dari Rp 350.000,00-Rp 500.000,00 per malam
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 24 jam
No Telepon : 0817-0368-8999

14. Horizon Restaurant and Lounge

Bagi para pecinta kuliner maka tempat ini bisa menjadi tempat yang pas ketika memilih makanan. Selai menyajikan makanan lezat nan menggugah selera, tempat ini juga menyajikan pemandangan indah berupa hamparan lembah serta pantai yang cerah. Sangat cocok jika dijadikan tempat makan malam romantis bersama pasangan.

Meskipun begitu, kalian juga bisa menikmati tempat ini seorang diri. Menu makannya sangat lengkap mulai dari menu tradisional seperti nasi goreng hingga makanan internasional dan menu vegetarian pun ada. Bahkan, kalian juga bisa memasak cocktail di malam hari.

Nama : ASHTARI – Restaurant Lounge Yoga Loft
Lokasi : Jl. Mawun Prabu, Kuta, Pujut, Kuta Lombok, Nusa Tenggara Bar. 83355
Harga kuliner : Harga makanan berkisar antara Rp35.000,00-Rp105.000,00
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 10.00-21.00 WITA
No. Telepon : 0811-3884-838

15. Artati Lombok Bungalow and Restaurant

Bagi kalian yang mencari tempat penginapan yang lengkap dengan restoran enak maka tempat ini sangat direkomendasikan. Selain memiliki fasilitas lengkap, tempat ini dikenal memiliki pemandangan alam yang sangat bagus serta jauh dari kebisingan. Sangat cocok digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga atau tempat menenangkan diri.

Tempat ini menyajikan hamparan perbukitan yang masih hijau dan asri serta memiliki pelayanan yang sangat ramah. Makanan yang disediakan di restoran juga lumayan banyak. Kalian bisa memesan berbagai menu dengan harga yang terjangkau baik itu makanan khas Indonesia maupun menu Barat.

Nama : Artati Bungalows & Restaurant, Lombok
Lokasi : Mekar Sari, Praya Barat., Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83572
Harga kuliner : Harga makanan berkisar antara Rp35.000,00-Rp95.000,00
Harga kamar : Harga sewa mulai dari Rp300.000,00
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 07.00-22.00 WITA
No. Telepon : (021) 29707600

Berikut setidaknya 15 tempat wisata di Lombok yang bisa dijadikan sebagai alternatif liburan bersama keluarga ataupun pasangan. Meskipun beberapa diantaranya adalah resort atau hotel berbintang tapi fasilitas yang diberikan sangat sesuai dengan harga yang ditawarkan. Kalian tidak akan rugi mengajak keluarga ke sana.

Add Comment