Destinasi Wisata Borobudur, Objek 7 Keajaiban Dunia di Indonesia Yang Menganggumkan

Destinasi Wisata Borobudur, Objek 7 Keajaiban Dunia di Indonesia Yang Menganggumkan
4 (80%) 4 votes

indonesiaituindah.com  – Sebagai bangsa Indonesia, maka sudah sepatunya kita berbangga diri memiliki sebuah negara yang sangat kaya akan keanekaragaman sumber daya alam, tanah yang subur, sejarah yang besar, dan juga berbagai objek destinasi wisata yang menarik dan menganggumkan yang sangat populer dan dikenal di dunia. Salah satunya adalah candi Borobudur yang merupakan sebuah banguan megah raksasa peninggalan kejayaan agama Budha yang pernah besar di Indonesia dan bahkan candi Borobudur masuk dalam 7 keajaiban dunia yang fenomenal dan juga masuk dalam World Wonder Heritages yang harus selalu dijaga dan dilestarikan.
Destinasi Wisata Borobudur, Objek 7 Keajaiban Dunia di IndonesiaCandi Borobudur yang terletak di Magelang Yogyakarta ini merupakan sebuah bangunan raksasa yang dibangun oleh Raja Samaratungga, keturunan Wangsa Syailendra, yang merupakan salah satu raja dalam silsilah kerajaan Mataram Hindu. Dalam sebuah prasasti Kayumwungan mengatakan candi Borobudur yang juga menjadi tempat ibadah para umat Budha dulu selesai dibangun pada 26 Mei 824M dimana terdapat rentang 100 tahun dari sejak awal pembangunannya. Nama Candi Borobudur sendiri yang memiliki 504 stupa Budha, dan mempunyai sekitar 1469 macam relief ini diambil dari kata Budhara yang berarti gunung yang berteras-teras, dan ada juga yang mengatakan Borobudur memiliki arti biara pada tempat yang tinggi.

Adapun penemuan candi Borobudur pertama kali pun cukup menjadi fenomena dan masih menjadi pertanyaan banyak pihak hingga sekarang, dimana candi Borobudur ini ditemukan dalam keadaan terkubur, sehingga banyak pertanyaan timbul mengapa bangunan raksasa ini dapat terkubur ? Namun banyak pihak yang beranggapan, mengapa candi Borobudur terkubur adalah karena disebabkan oleh letusan gunung merapi sehingga membuat candi borobodur tertimbun lahar dingin merapi, dan anggapan ini pun semakin dikuatkan oleh sebuah prasasti Kalkutta bertuliskan ‘Amawa’ yang memiliki arti lautan susu.

Bangunan bersejarah raksasa Candi Borobudur merupakan salah satu bangunan penting untuk umat Budha didunia dimana keseluruhan relief yang terdapat di candi Borobudur ini mencerminkan ajaran sang Budha, oleh karena itu candi ini pun dijadikan media edukasi dan pembelajaran bagi orang-orang yang ingin mempelajari ajaran Budha. Bahkan salah satu budhis asal India pada abad ke 10 bernama Atisha ini sempay mengunjungi candi Borobudur ini pada abad ke 10 ini untuk belajar dan mendalami ajaran Budha, dan dengan berbekal naskah ajaran Budha dari Serlingpa yakni naskah raja Kerajaan Sriwijaya dulu hasilnya ia pun berhasil mengembangkan ajaran agama Budha dan menjadi kepala biara Vikramasila serta mengajari orang Tibet tentang ilmu dan cara mempraktekkan Dharma. Adapun naskah Serlingpa tersebut dikenal dengan nama “The Lamp for the Path to Enlightenment” atau juga dikenal dengan nama Bodhipathapradipa.

Sekian informasi wisata kami mengenai Destinasi Wisata Borobudur, Objek 7 Keajaiban Dunia di Indonesia Yang Menganggumkan, dan akan sayang untuk anda lewatkan untuk anda kunjungi dimana candi Borobudur yang terkenal ini terlokasi di tanah air kita sendiri, hebat bukan ?? semoga bermanfaat dan berguna. Terima kasih.

Baca juga informasi wisata kami lainnya mengenai Pesona Tanjung Benoa di Bali Yang Indah dan Eksotis

No Responses

Add Comment