Tempat Wisata Alam di Bogor Terpopuler 2018

Tempat Wisata Alam di Bogor Terpopuler 2018
4.5 (90%) 2 votes

Indonesiaituindah.com – Tempat Wisata Alam di Bogor – Bogor sejak lama identik dengan kawasan puncak yang merupakan dataran tinggi dengan udara bebas polusi dan tersedia banyak vila untuk menginap wisatawan. Warga ibu kota Jakarta selalu menjadikan Puncak Bogor sebagai tujuan utama saat wisata pada akhir pekan. Namun sebenarnya Bogor memiliki potensi wisata lebih dari itu, terutama wisata alamnya.

Jika tidak terjadi kemacetan lalu lintas, perjalanan dari Jakarta ke Bogor memakan waktu kurang dari dua jam. Struktur Geografis Bogor membuatnya memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik dikunjungi dan merupakan daya tarik utamanya. Berikut ini adalah referensi destinasi wisata alam terbaik dari Bogor dan juga tengah sangat digemari :

1. Air Terjun Bidadari


Air terjun atau dalam bahasa Sunda disebut juga curug ini semula bernama Curug Bojongkoneng. Ketika kemudian diakusisi oleh manajemen Sentul Water Park, namanya pun diubah sebagai Air Terjun Bidadari atau Curug Bidadari yang lebih komersil. Air terjunnya memiliki ketinggian mencapai 75 meter dengan debit air relatif tinggi namun aman.

Di bawah areal air terjun tersebut kemudian dibangun water park atau taman hiburan air yang istimewa karena di sekeliling mata air berbentuk kolam yang terbentuk di bawah air terjun diletakkan pasir putih asli Bangka yang terkenal sangat lembut. Berkat keberadaan pasir tersebut, wisatawan seolah merasa sedang berlibur di pantai.

2. Gunung Pancar


Berlokasi di Desa Karang Tengah, Sentul, Bogor, tempat wisata alam yang satu ini memiliki peningkatan pengunjung yang sangat signifikan dari tahun ke tahun. Daya tarik utamanya terletak pada hutan pinus yang alih-alih tampak seram sebagaimana hutan lain yang lebat, justru terasa sangat romantis dan menenangkan wisawatan yang datang.

Di sini, wisatawan dapat melakukan kegiatan outbond seperti camping, hiking, hingga berkuda. Selain itu, wisatawan dapat pula merasakan pemandian air panas yang terbukti berkhasiat untuk menyegarkan pikiran dan badan. Berkat panorama sekitarnya yang indah, Gunung Pancar juga sering dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan pemotretan pre wedding.

3. Leuwi Lieuk


Green Canyon Bogor adalah julukan untuk destinasi wisata alam yang berlokasi di Kecamatan Madang ini. Di sini, wisatawan akan mendapati aliran sungai yang sangat jernih yang mana airnya berasal dari Curug Leuwi. Sekitar sungai diapit bebatuan cadas yang membuatnya mirip Green Canyon di Amerika. Dapat dikatakan Leuwi Lieuk adalah lembah.

Namun, meski sangat jernih, tidak sembarang wisatawan dapat berenang di Leuwi Lieuk ini karena dari warna biru tosca dari permukaan airnya berarti sungai itu cukup dalam sehingga disarankan hanya yang mahir berenang saja yang menikmatinya, terutama mengingat arusnya juga cukup deras. Juga sangat tidak direkomendasikan untuk anak-anak.

4. Danau Quarry


Meskipun namanya seolah memiliki unsur latin, sebenarnya tidak ada maksud tertentu dari lokasi wisata alam yang berada di Desa Tegalega, Bogor, ini. Disebutkan dahulu lokasi tersebut merupakan areal pertambangan yang tutup dan titik bekas penambangan menadah hujan sehingga kemudian terbentuk danau. Panorama alam di sini indah dan udaranya sangat segar.

5. Sungai Cisadane


Nama sungai yang satu ini pasti familier bagi warga Jabodetabek karena merupakan salah satu aliran sungai terbesar. Sungai ini menawarkan hiburan rafting yang menarik banyak sekali peminat. Arusnya sedang, sehingga aman bagi pemula, apalagi rafter profesional. Sering kali dijadikan ajang pelatihan rafting nasional.

Add Comment