Tempat Wisata Anak di Bandung yang Seru dan Edukatif

Tempat Wisata Anak di Bandung yang Seru dan Edukatif
Rate this post

Indonesiaituindah.com – Tempat Wisata Anak di Bandung – Bandung bukan sekedar ibu kota pemerintahan Jawa Barat, namun juga menawarkan beragam destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi berbagai usia, mulai anak-anak hingga lansia. Terutama beberapa tahun terakhir, semakin banyak bermunculan destinasi wisata baru di Bandung yang sayang jika dilewatkan. Mulai wisata alam hingga modern tersedia lengkap di Bandung.

Anak-anak selalu senang diajak berwisata, terlebih bagi yang memiliki orang tua di mana sehari-hari sibuk dan kurang memiliki waktu luang untuk dihabiskan bersama dengan anak. Tempat-tempat wisata berikut ini cocok dijadikan pilihan wisata keluarga di akhir pekan maupun saat liburan tiba, yang tidak hanya menyenangkan namun dapat menambah wawasan :

1. Kebun Binatang Bandung


Memperkenalkan satwa kepada anak sejak dini merupakan langkah edukasi yang penting agar membentuk karakteristik mereka menjadi sosok yang menyayangi semua makhluk hidup, termasuk binatang. Tempat wisata terbaik untuk mengajarkan anak tentang satwa adalah kebun binatang Bandung yang berlokasi tidak jauh dari Institut Pertanian Bandung (IPB) yang termasuk kampus prestisius Indonesia.

Di sini juga terdapat satwa terlindungi akibat populasinya yang hampir punah. Selain itu, agar tidak bosan hanya melihat satwa, untuk anak-anak juga tersedia taman bermain sedangkan orang dewasa dapat menjajal flying fox. Terdapat pula banyak koleksi tumbuhan yang merupakan aksi nyata komitmen pemerintah untuk menggalakkan program penghijauan, pencegahan pemanasan global.

2. Taman Lalu Lintas Ade Suryani


Mengajarkan anak mengenal berbagai moda transportasi serta petunjuk lalu lintas merupakan konsep dari taman yang satu ini, sekaligus juga menjadi pelopor dan sampai saat ini adalah satu-satunya di Indonesia. Konsep edukasinya yang sangat kuat membuat wisatawan domestik maupun asing berbondong-bondong mendatangi areal wisata ini. Terutama pada akhir pekan, pengunjung membludak.

Selain sepeda, motor, dan mobil yang biasa dilihat sehari-hari, wisatawan dapat menyaksikan kereta, becak, andong, serta moda transportasi lain dan berbagai macam tanda peringatan lalu lintas. Semua moda transportasi itu dapat dijajal oleh wisatawan. Selain itu, tersedia pula playground dan foodcourt sebagai hiburan tambahan. Beberapa bulan sekali selalu digelar pertunjukan.

3. Kampung Dago Pojok


Dago bukan sekedar kawasan hangout di Bandung. Di salah satu sudut Dago, ada kawasan wisata edukatif untuk anak yang disebut Kampung Dago Pojok. Areal ini sangat kreatif karena dari awal masuk daerah, wisatawan sudah disambut mural dinding warna-warni yang artistik. Pusat kesenian sudut Dago ini mengajarkan banyak hal kepada anak.

Di sini, anak-anak akan diajari tentang kesenian pembuatan wayang dan bermain alat musik tradisional. Selain itu, anak-anak juga dapat memilih mengikuti kelas tari tradisional Sunda, yakni Jaipong. Wisatawan tidak dikenakan biaya retribusi apa pun untuk mengeksplorasi kawasan ini, tetapi akan bijaksana memberikan donasi untuk kelangsungan aktivitas kelompok mulia tersebut.

4. Padepokan Dayang Sumbi


Di sini, wisatawan dapat mempelajari sekaligus menyaksikan langsung proses pembuatan kain sutra yang memiliki harga jual sangat tinggi di pasaran. Tidak hanya menyaksikan, wisatawan yang ingin membeli produk sutra yang sudah jadi pun dapat langsung mendapatkannya.

5. Jendela Alam


Destinasi wisata yang satu ini mengajarkan wisatawan cara bercocok tanam yang baik, begitu pula dengan memelihara satwa. Mengajarkan kedua hal tersebut pada anak semenjak dini akan membuatnya semakin menghargai orang tua dan tumbuh dengan memiliki rasa welas asih yang besar.

Add Comment