Destinasi Wisata Hutan Tertua Pulau Jawa Yakni Taman Nasional Alas Purwo Yang Penuh Misteri

Destinasi Wisata Hutan Tertua Pulau Jawa Yakni Taman Nasional Alas Purwo Yang Penuh Misteri
4.7 (93.33%) 3 votes

indonesiaituindah.com – Kota Banyuwangi yang berada di wilayah provinsi Jawa Timur, ternyata menyimpan berbagai spot destinasi wisata menarik, dimana Banyuwangi sebelumnya dikenal dengan berbagai destinasi wisata pantai yang indah serta menyediakan spot surfing atau selancar terkenal selain di bali, ternyata kota ini juga menawarkan wisata alam yang eksotis dan sangat asri yakni Taman Nasional Alas Purwo yang berada pada kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.
Taman Nasional Alas PurwoTaman Nasional Alas Purwo atau biasa juga disebut TNAP ini merupakan salah satu satu hujan hutan yang masih sangat alami di Pulau Jawa. Taman Nasional Alas Purwo yang diambil dari arti kata bahasa Jawa Purwo yang berarti permulaan, dan alas berarti hutan sehingga hutan ini disebut sebagai hutan pertama atau merupakan hutan tertua di Jawa. Di Taman Nasional Alas Purwo ini terdapat lebih dari 50 jenis fauna serta 580 jenis flora yang tersebar di area hutannya, dimana di Taman Nasional Alas Purwo dibagi menjadi empat zona daerah yakni zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan, dan juga zona penyangga. Di hutan ini anda dapat menemukan berbagai satwa dan flora yang indah dan aman dari gangguan “tangan-tangan jahil” manusia.
Taman Nasional Alas PurwoBagi penduduk lokal, hutan Alas Purwo ini populer sebagai tempat yang terkenal akan keangkerannya dan merupakan salah satu tempat yang keramat, dimana Alas Purwo dianggap sebagai situs sebuah penciptaan maupun tanah awal mula, sehingga membuat hutan ini memiliki banyak tempat yang sering dijadikan tempat bersemedi, dimana setiap tanggal 1 syuro, banyak masyarakat beramai-ramai mengunjungi Alas Purwo ini untuk melakukan ritual bertapa atau bersemedi. Bahkan banyak masyarakat lokal meyakini, bahwa di Alas Purwo ini terdapat istana jin yang merupakan tempat berkumpulnya para jin di seluruh pulau Jawa. Dengan berbagai cerita rakyat mengenai Alas Purwo tentu membuat kesan yang penuh misteri menyelimuti hutan ini dimana hutan ini juga diperkuat dengan kondisi alam Alas Purwo yang masih “perawan” yang sangat asri dan eksotis.
Taman Nasional Alas PurwoTerlepas dengan berbagai misteri dan cerita rakyat mengenai Alas Purwo, adapun spot-spot terkenal di kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang patut anda kunjungi sebagai berikut :

Hutan Bambu
Tempat ini merupakan salah tempat favorit para wisatawan untuk berfoto dimana tempat ini dipenuhi oleh hutan bambu berjenis bambu jajang yang masih sangat alami dengan udaranya yang sangat sejuk dan memiliki unsur magis.

Pantai Triangulasi
Hutan pantai ini memiliki pantai berpasir putih yang masih sangat alami yang dikelilingi oleh pohon nyamplung dan pohon bogem. Di pantai ini, para wisatawan tidak diperbolehkan berenang sebab pantai ini sangat berbahaya.

Sadengan
Tempat ini akan memberikan pemandangan alam yang serupa di Afrika, dimana anda dapat menemukan kawanan banteng, rusa, sapi, dan jika anda beruntung maka anda juga dapat melihat kawanan burung merak yang indah. Tapi untuk memasuki kawasan ini, anda tidak diperbolehkan masuk ke kawasan padang savana tanpa kawalan para pemandu.

Pura Giri Seloka dan Situs Kawitan
Di Taman Nasional Alas Purwo, para wisatawan juga dapat menemukan berbagai peninggalan sejarah dari kerajaan majapahit, dimana Situs Kawitan yang dibangun Pura Giri Selaka yang digunakan umat Hindu untuk melakukan acara keagamaan ini dikenal keramat dan dipercaya bukan situs sembarangan. Banyak masyarakat mempercayai, di sekitar Situs Kawitan terdapat banyak gapura-gapura gaib yang hanya dapat dilihat oleh orang bersemedi dan bermeditasi tanpa memiliki rasa amarah terhadap apapun untuk dapat melihat gapura ajaib peninggalan kerajaan Majapahit lengkap beserta para prajurit yang berlalu-lalang.

Gua
Di kawasan Taman Nasional Alas Purwo terdapat 3 gua yakni Gua Mayangkoro, Gua Istana, dan Gua Padepokan. Diantara ketiga gua tersebut, gua istana yang banyak dikunjungi para wisatawan, sedangkan Gua Padepokan dan Gua Mayangkoro dikenal sebagai gua yang keramat dan kerap dijadikan tempat semedi.

Pantai Pancur
Pantai berpasir putih ini terkenal dengan muara air tawar yang dipercaya dapat memberi kasiat awet mudah bagi yang mandi maupun meminumnya.
Taman Nasional Alas PurwoSekian informasi wisata kami mengenai Destinasi Wisata Hutan Tertua Pulau Jawa Yakni Taman Nasional Alas Purwo Yang Penuh Misteri, yang akan sangat pas bagi anda yang berjiwa petualang dengan rasa tahu yang besar dengan berbagai kemistikan dan kemisteriusan hutan Alas Purwo ini dibalik keindahan alam yang sangat indah dan asri.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Yuk Liburan ke 6 Tempat Wisata di Ciamis, Jawa Barat Yang Menarik dan Indah

Add Comment