Urutan Berwisata ke Purwokerto Yang Seharusnya Kamu Lakukan

Urutan Berwisata ke Purwokerto Yang Seharusnya Kamu Lakukan
4.5 (90%) 2 votes

Purwokerto adalah kota dengan banyak sebutan. Lha gimana, memang banyak sebutan untuk Purwokerto itu. Mulai dari kota transit, kota pendidikan, kota wisata, kota kripik, sampai kota pensiunan karena begitu banyaknya pejabat-pejabat negara yang pensiun dan akhirnya menetap di kota ini. Dahsyat memang, kota di jalur selatan Jawa Tengah ini.

Selain dahsyat karena memiliki banyak julukan nama kota, Purwokerto juga dahsyat lantaran punya banyak tempat wisata menarik yang wajib banget kamu kunjungi. Apa sajakah itu? Ini dia!
1. Combong Valley, tempat keren untuk bermain paint ball.
paintball-Combong-Valley-di-Purwokerto
Biar pembukaannya lebih greget, mula-mula, mari kita berkunjung ke Combong Valley. Ini cocok banget buat kamu yang menyukai kegiatan outbound. Di sini kamu bisa menikmati wahana paint ball yang seru. Namun meski kamu jomblo, usahakan, saat datang ke Combong Valley, datanglah bersama rombongan, dan menikmati kegiatan outbound tersebut beramai-ramai. Kalau cuma sendirian, masa ya mau nembak diri sendiri?
2. Wanawisata Baturraden, tempat paling enak untuk membangun tenda!
Wanawisata-Baturraden

Setelah bermain Combong Valley, kamu dan teman-teman bisa membangun tenda, dan kemudian beristirahat di Wanawisata Baturraden. Kali aja, esok hari mau berwisata lagi. Wanawisata ini bisa menampung hingga 1000 tenda loh. Selain itu, ada juga cagar alam, pembibitan tanaman seperti cemara dan pinus. Kamu akan merasakan udara sejuk yang menyegarkan badan dan juga pikiran, karena hutan di sini masih sangat alami.
3. Baturraden, tempat yang bisa banget kalau mau mandi air panas!
wisata_baturaden_purwokerto

Setelah beristirahat cukup di Wanawisata Baturraden, bermainlah ke Baturraden, karena di sana ada banyak wahana seperti kolam renang, kolam luncur, sepeda air dan pemandian air panas. Cukup dengan membayar 14.000 rupiah saja kamu sudah bisa menikmati sejuknya kawasan Baturraden ini loh. Masa sih nggak ada niatan mampir ke sana?

Untuk menuju kawasan ini, kamu butuh waktu sekitar 15 menit kalau dari pusat kota. Dijamin, kamu nggak bakalan nyesel. Karena selain banyak wahana-wahan keren tadi, kawasan ini juga terkenal sebagai kawasan bebas polusi saat malam atau pun siang hari.
4. Pancuran 3 dan Pancuran 7: berwisata sekaligus berobat!
air_panas_pancuran_pitu

Mumpung masih di sekitaran Baturraden, mari kita pindah ke Pancuran 3 dan Pancuran 7. Untuk bisa mencapai pancuran 3 dan pancuran 7 ini, kamu harus berjuang keras melalui ratusan anak tangga. Tapi tenang, karena capekmu akan terbayar dengan nikmatnya pemandangan di sekitar yang akan menghilangkan rasa penat dan lelah yang kamu rasakan. Oh ya, di sini juga banyak orang yang memanfaatkan tempat ini untuk pengobatan berbagai macam penyakit loh, karena air yang ada di sini katanya merupakan air dengan kandungan belerang yang tidak berbahaya dan baik untuk kesehatan. Tertarik mencoba?
5. Gua Maria Kaliori, tempat wisata rohani.
Gua-Maria-Kaliori

Setelah dari Pancuran 3 dan Pancuran 7, saatnya ke Gua Maria Kaliori. Ini adalah tempat wisata yang berfungsi sebagai wisata rohani. Di sini ada patung Bunda Maria yang sudah diberkati oleh Paus Paulus II, dan berbagai fasilitas seperti pendopo untuk istirahat, gereja untuk beribadah hingga dudukan kursi di bawah pohon yang rindang agar kamu dan teman-teman bisa bersantai ria.

Selain itu, di lahan seluas 5,6 hektar ini kamu juga bisa berziarah ke makam dengan patung-patung malaikat. Untuk sampai di sini, kamu harus menempuh jarak 20 kilometer dari pusat kota Purwokerto.
6. Gua Sarabadak. Gua yang cocok banget buat kamu penyuka tantangan.
Gua-Sarabadak
Sekarang kita beranjak ke gua lainnya, yakni Gua Sarabadak. Gua ini cocok banget buat kamu yang suka tantangan. Apalah arti berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang cukup melelahkan, kalau harga yang diperoleh adalah kepuasan menikmati batuan warna keemasan dan juga aliran air segar alami di gua ini? Bukankah begitu? Oh ya, di Gua Sarabadak ini tidak hanya ada air dingin loh, tapi juga ada siraman air panasnya.
7. Telaga Sunyi. Telaga yang keindahannya turut dilengkapi dengan banyaknya kupu-kupu dan capung yang terbang di sekitar telaga.
Telaga-Sunyi

Wih, ngelihat tempatnya aja, responsnya udah langsung bilang: ‘indah banget!’ iya nggak? Keindahan tempat ini, semakin dilengkapi dengan banyaknya kupu-kupu dan capung yang terbang di sekitar telaga. Kawasan telaga yang alami dan airnya dingin ini terletak sekitar 3 km di timur kawasan Baturraden. Kalau kamu lagi ke Purwokerto, harus banget mampir ke sini!
8. Curug Cipendok. Curug dengan pemandangan alami dan udara yang sejuk.
Curug-Cipendok

Kalau tadi Gua Maria Kaliori letaknya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Purwokerto, maka sekarang kita ke Curug Cipendok yang letaknya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Purwokerto. Nambah-nambah 5 kilometer, lah. Tapi tenang, akses untuk menuju tempat wisata di Purwokerto ini sudah cukup bagus kok, sehingga memudahkan kamu kalau ingin berkunjung kemari.

Curug Cipendok letaknya di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas. Karena letaknya berada di dataran tinggi, Curug dengan pemandangan yang masih alami ini memiliki udara yang sejuk. Jadi sesampainya di sini, kamu bisa langsung terjun ke genangan di bawah air terjun setinggi 100 meter ini.
9. Pemandian Kalibacin. Mandi sambil menyembuhkan penyakit kulit!
Pemandian-Kalibacin

Setelah menikmati Combong Valley, Wanawisata Baturraden, Baturraden, Pancuran 3 dan Pancuran 7, Gua Maria Kaliori, Gua Sarabadak, Telaga Sunyi dan Curug Cipendok, sebelum pulang ke rumah, mari kita bersih-bersih badan di Pemandian Kalibacin, atau yang memiliki nama lain yaitu Wisata Husada.

Lokasi Pemandian Kalibacin yang juga merupakan kawasan wisata sejarah peninggalan Belanda ini ada di desa Tambak Negara, kecamatan Rawalo, atau sekitar 17 kilometer dari Purwokerto. Selain menyegarkan, mandi di Pemandian Kalibacin ini juga bisa menyembuhkan penyakit kulit serta tulang loh. Tertarik mencoba? Segeralah mandi di Pemandian Kalibacin!
10. Kawasan Wisata Jalan Prof Dr. Suharso, tempat kece berburu kuliner!
Kawasan-Wisata-Kuliner-Jalan-Prof-Dr.-Suharso
Setelah mandi di Pemandian Kalibacin, lalu badan betul-betul segar, sebelum pulang, saatnya berburu oleh-oleh ke Kawasan Wisata Kuliner Jalan Prof Dr. Suharso, atau sering juga disebut dengan kawasan GOR Satria Purwokerto. Berbagai jenis makanan, termasuk makanan khas dari Purwokerto seperti mendoan bisa kamu temukan di sini. Selain mendoan, ada juga getuk goreng yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah!

Jangan lupa juga untuk membaca Destinasi Objek Wisata Alam Jogjakarta Yang Sayang Untuk Anda Lewatkan.

All Image via : wisataku.id & anekatempatwisata.com

Add Comment