8 Tempat Wisata di Madiun Yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan!

8 Tempat Wisata di Madiun Yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan!
4.5 (90%) 2 votes

Dahulu kala, ada sepasang suami-istri bernama Sutawidjaja dan Raden Ayu Retni Djumilah. Keduanya, tinggal di kota yang bernama Purabaya — kota yang berdiri pada pada tanggal 18 Juli 1568. Untuk memperingati pernikahan keduanya, pada tanggal 16 November 1590 diubahlah nama kota tersebut, menjadi nama kota yang kini akrab berseliweran di telinga kita. Madiun. Ya, itulah nama kotanya. Kota yang letaknya 160 kilometer sebelah barat Surabaya, dan keduanya berada dalam satu provinsi; Jawa Timur.

Kota Pecel, Kota Budaya, Kota Sastra, Kota Gadis, Kota Brem, Kota Pelajar, Kota Sepur, dan Kota Industri. Itu adalah julukan-julukan untuk Kota Madiun. Keren-keren kan, nama julukan kotanya? Nah, tentu ada yang nggak kalah keren lagi dong ketimbang julukan-julukan tersebut. Apakah itu? Nah, bener; tempat-tempat wisatanya. Penasaran apa aja tempat-tempat wisata keren di Madiun tersebut? Ini dia ulasannya!

1. Nglambangan. Tempat wisata dengan beberapa peninggalan pada masa lampau.

pict: infowisataonline.blogspot.com

pict: infowisataonline.blogspot.com

Situs ini diberi nama Nglambangan karena memang tempatnya terletak di desa Nglambangan, Kecamatan Wungu. Atau berjarak 8 kilometer dari kota Madiun arah timur. Ada beberapa peninggalan dari zaman kerajaan majapahit di Madiun ini seperti Pura Lambang sari, Lumbung, Sumur Kuno, Petirtaan, Punden, lalu ada juga Watu Dakon yang merupakan tempat penyimpanan pusaka pada masa lampau. Cobalah ke Nglambangan pada bulan suro, karena di sini ramai, lantaran lokasinya digunakan sebagai upacara ritual tahunan.

2. Dumilah Park. Tempat yang menjadi tujuan untuk para wisatawan lokal maupun domestik.

pict: dumilahwaterpark.wordpress.com

pict: dumilahwaterpark.wordpress.com

Kamu suka memancing? Ngomong-ngomong, di Dumilah Park ini juga tersedia tempat pemancingan loh. Selain itu, ada juga fasilitas lain seperti game zone, water zone, garden zone dan pujasera. Dumilah Water park menjadi tujuan wisata utama bagi masyarakat Madiun dan sekitarnya, maupun yang dari luar kota. Lokasinya, berada di pusat kota Madiun.

3. Taman Wisata Umbul. Tempat wisata yang hadir dengan wajah baru yang menarik.

pict: www.trendwisata.com

pict: www.trendwisata.com

Pernah menjadi tempat wisata yang paling digandrungi pada tahun 1970-an hingga 1990-an. Kemudian ditinggalkan, setelah tahun-tahun tersebut. Lalu setelah dilakukan renovasi, taman wisata Umbul resmi dibuka kembali pada tahun 2012 dengan wajah baru yang lebih ciamik. Wajah baru yang siap mendulang kembali popularitas sebagai tempat wisata favorit, sebagaimana yang pernah terjadi pada tahun 1970-an hingga 1990-an.

Fasilitas taman rekreasi ini merupakan taman peninggalan Belanda. Beragam fasilitasnya, antara lain seperti kolam renang, sumber air belerang, pesanggrahan, kebun binatang mini, rumah makan, dan tempat bermain anak.

Taman wisata Umbul ini letaknya berada di Desa Glonggong, kecamatan Dolopo yang berjarak 20 kilometer dari kota Madiun ke arah selatan.

4. Monumen Kresek, bangunan peninggalan orde baru.

pict: www.panoramio.com

pict: www.panoramio.com

Monumen Kresek ini merupakan bangunan peninggalan orde baru. Melalui monumen ini, orde baru ingin menggambarkan mengenai keganasan PKI pada tahun 1948. Di dekat monumen ini terdapat nama-nama para prajurit TNI dan pamong desa, yang menurut orde baru, mereka tewas dalam melawan PKI di desa Kresek. Nama-nama mereka diukir pada batu prasasti. Di antara nama-nama tersebut, salah satunya ada Kolonel Muladi. Sebagai bentuk penghormatan kepadanya, oleh orde baru, nama beliau dijadikan sebagai nama salah satu jalan di kota Madiun. Selain itu, didirikan pula patungnya di alun-alun kota Madiun.

Monumen Kresek ini memiliki luas sekitar 2 hektar. Letaknya berada sekitar 8 kilometer ke arah timur kota Madiun. Di tempat ini terdapat fasilitas seperti pendopo untuk tempat istirahat, taman tanaman langka, lengkap dengan area parkir.

5. Wana wisata Grape. Tempat yang cocok untuk melepas penat.

pict: andriantw1964.wordpress.com

pict: andriantw1964.wordpress.com

Wana wisata Grape merupakan salah satu obyek wisata yang bernuansa sejuk dan alami. Air sungainya mengalir jernih, bersumber dari mata air pegunungan Dungus. Di sini, kamu juga bisa melakukan aktifitas olah raga gunung seperti sepeda, panjat tebing, hiking, dan berkemah.

Wana wisata Grape ini letaknya tepat berada di kaki gunung Wilis dengan jarak 15 kilometer dari kota Madiun, dan berada di pinggir hutan jati dengan luas area kira-kira 1,5 hektar yang merupakan wilayah KPH Madiun. Kalau kamu merasa stres dengan pekerjaan yang menumpuk berhari-hari, tak ada salahnya menghabiskan waktu libur ke sini.

6. Air Terjun Krecekan Denu, tempat wisata baru penemuan warga.

pict: mazmuzie.blogspot.com

pict: mazmuzie.blogspot.com

Air terjun Krecekan Denu ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Wana Wisata Grape, atau tepatnya, berada di desa Kepel. Air terjun ini tergolong masih baru, karena warga menemukannya juga belum lama. Jadi harap maklum kalau kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk bisa sampai ke sana. Dari Wana Wisata Grape, kamu bisa jalan naik terus dengan mengikuti jalan satu arah. Kemudian kamu akan menemukan sebuah Gapura yang bertuliskan Air Terjun Krecekan Denu. Tulisan itu berada di sebelah kanan jalan. Setelah memarkir kendaraan, kamu harus berjalan menyusuri jalan yang mengarah ke bawah. Butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai dan melihat Air terjun Krecekan Denu. Oh ya, untuk menikmati Air terjun Krecekan Denu, kamu cukup membayar tiket masuk Rp. 1000 per orang saja.

7. Waduk Kedungbrubus, tempat wisata yang cocok untuk kamu yang suka memancing.

pict: bellapangestika12.blogspot.com

pict: bellapangestika12.blogspot.com

Lokasi waduk Kedungbrubus berada di sebelah utara Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bojonegoro. Selain sebagai sarana irigasi, waduk Kedungbrubus ini juga digunakan sebagai sarana wisata. Sebelum memasuki area waduk, kamu akan disuguhi dengan pemandangan hutan jati sepanjang 4 kilometer yang khas dan tentu saja mampu menyejukkan pikiran yang ruwet. Banyak para pemancing yang memanfaatkan waduk Kedungbrubus ini untuk memuaskan hobi mereka dalam memancing ikan. Saat berkunjung ke sana, kamu juga dapat menikmati ikan goreng/bakar yang disajikan oleh pihak pengelola, langsung dari keramba. Mantap kan?

8. Air Terjun Serondo, tempat wisata yang menyejukkan.

pict: madiungeographic.blogspot.com

pict: madiungeographic.blogspot.com

Air Terjun Serondo ini juga punya nama lain; Air Terjun Seweru atau Selampir, dan berlokasi di desa Kare yang merupakan satu wilayah perkebunan kopi di kabupaten Madiun. Air terjun ini berasal dari sumber mata air dari bawah gunung yang muncul di atas pohon rindang. Kamu juga bisa mengunjungi wisata Argo dengan beberapa perkebunan seperti apel, kebun teh, dan jeruk yang letaknya dekat dari Air Terjun Serondo ini. Lokasinya yang berada di lereng gunung wilis dan berada di ketinggian sekitar 400 mdpl dengan luas sekitar 6 hektar, membuat Air Terjun Serondo begitu elok, dengan pemandangan hutan wisata di sekitarnya.

One Response

  1. Vini 11 months ago

Add Comment