Alasan Kenapa Selain Membawa Peta Digital, Sebaiknya Kamu Juga Harus Membawa Peta Cetak

Alasan Kenapa Selain Membawa Peta Digital, Sebaiknya Kamu Juga Harus Membawa Peta Cetak
4.5 (90%) 2 votes

Alasan Kenapa Selain Membawa Peta Digital, Sebaiknya Kamu Juga Harus Membawa Peta Cetak

Pada era dengan teknologi yang sangat berkembang seperti sekarang ini, banyak hal telah beralih ke digital. Termasuk, soal peta yang dibawa ketika naik gunung. Banyak pendaki telah beralih menggunakan aplikasi maps pada gadgetnya, ketimbang memakai peta dalam bentuk cetak. Apakah kamu juga salah satunya?

Kalau kita melihat para pendaki mancanegara, dan juga para pendaki profesional, mereka malah justru mencari peta cetak, setibanya di lokasi di mana mereka akan mendaki gunung. Tentu tindakan ini bukan tanpa alasan. Malah justru beralasan. Setidaknya, inilah beberapa alasannya:

Peta bisa dipakai kapan pun!

Tak seperti gadget, yang untuk membuka maps, dibutuhkan adanya sinyal. Atau taruhlah, sinyal itu offline. Tapi walau offline sekalipun, kita tak pernah bisa memprediksi, pada langkah mana gadget akan mati dan tak bisa diandalkan untuk melihat peta.

“Batre habis? Kan, ada powerbank!”

Okelah, kalau memang begitu bantahannya. Tetapi, bagaimana jika pada langkah tertentu powerbank pun kehabisan daya, dan tak bisa diandalkan untuk menyetor daya kepada gadget, sedangkan pada saat yang sama kamu juga sedang kebingungan menentukan jalan? Tentu peta cetak jauh lebih bisa diandalkan, bukan?

Praktis

Peta cetak sekarang, bentuknya sudah praktis. Bisa kamu selipkan pada tas dan di bagian pinggiran yang kecil itu. Bahkan kalau kamu khawatir soal kebasahan, pabriknya sudah membuatkan peta cetak dengan versi ada semacam lapisan minyak, jadi bisa menjaga kertas agar tidak meresap air.

Skala peta cetak lebih statis

Dengan minus tidak bisanya peta cetak dilakukan pembesaran ataupun pengecilan, justru ini akan mempermudah dalam perhitungan jarak berdasarkan skala yang tertera pada peta tersebut. Kamu bisa melihat dengan mudah jarak dan cara menuju ke suatu titik pada peta dari lokasi di mana kamu berada sekarang.

Enak dicorat-coret

Karena terbuat dari kertas inilah, kamu bisa dengan mudah menuliskan catatan atau informasi penting yang kamu peroleh dari warga atau orang-orang yang kamu tanyai ketika dalam perjalanan.

Bentuk peta cetak lebih menyesuaikan

Jika kamu membeli peta cetak di tempat di mana kamu akan mendaki, biasanya, gambar pada peta sudah disesuaikan dengan kondisi sekitar. Seperti perubahan-perubahan tempat, penjualan souvenir, oleh-oleh, dan banyak hal lainnya. Selain itu, bonusnya, juga beberapa nomer telepon penting yang bisa kamu gunakan jika terjadi suatu hal atau membutuhkan pertolongan.

Itulah manfaat-manfaat yang bisa kamu peroleh jika menggunakan peta cetak, yang tentu tak akan kamu peroleh jika menggunakan peta pada gadget. Tak ada yang paling baik dan yang paling buruk, karena keduanya, ada plus dan minusnya. Bahkan, dalam saat-saat tertentu, keduanya bisa saling mengisi satu sama lain. Jadi, demi kewaspadaan, sebaiknya, bawa saja semuanya. Toh, peta cetak bisa diselipkan di kantong pada samping tas, sedangkan gadget bisa masuk ke kantong. Tetap praktis, bukan?

Add Comment