Ini dia Uniknya Wisata Air Terjun Kanto Lampo di Gianyar

Pulau Bali yang terkenal dengan Pulau dewata ini berpusat di Denpasar. Nah, kamu pasti tau kan kalo Pulau Bali terkenal dengan wisata alam yang begitu mengagumkan, yang membuat para turis asing suka sekali untuk berkunjung. Ini karena suasana alamnya masih begitu asri.

Membahas tentang Bali, tidak afdol kalo kamu tidaklah berkunjung ke Kabupaten Gianyar. Sayangnya banyak orang yang tidak kenal Gianyar, padahal mungkin orang tersebut sudah ada di Kabupaten Gianyar. Hal ini karena nama Gianyar kalah tenar dengan Ubud. Namun, harus kamu tau kalo Ubud itu salah satu kecamatan di Kabupaten Gianyar.

Kabupaten Gianyar merupakan Kabupaten di Bali yang terkenal sebagai pusat kesenian dan budaya ukiran Bali. Gianyar sendiri terletak di Bali Tenah. Nah, karena letaknya yang berada di tengah, jadi Gianyar menghubungkan dua kawasan tempat wisata, yaitu tempat wisata Bali Selatan, dan tempat wisata Bali Timur.

Tau kan apa saja objek wisata Bali Timur? Ya, di Bali Timur ada beberapa objek wisata, seperti Candidasa, Tulamben, Padang Bai, dan masih banyak lagi. Karena tempatnya dekat dengan Bali Timur, kamu bisa deh kalo sudah berwisata di Gianyar, bisa ke Bali Timur.

Berbicara tentang Gianyar, kamu sudah tau belum kalo ada tempat wisata Bali terbaru di Gianyar? Namanya adalah wisata Air Terjun Kanto Lampo. Nah, Air Terjunnya tergolong unik karena berbentuk miring, jadi air tidak langsung jatuh ke bawah. Hal apa aja yang buat air terjun ini unik? Lalu, apalagi keunikan lainnya?

3 Hal yang Membuat Wisata Air Terjun Kanto Lampo Unik

1. Pohon di Sekitar Air Terjun Kanto Lampo

Pohon di Sekitar Air Terjun Kanto Lampo via nativeindonesia.com

Pohon di Sekitar Air Terjun Kanto Lampo via nativeindonesia.com

Pasti masih banyak yang belum mengenal Air Terjun Kanto Lampo ini, karena air terjunnya masih terbilang wisata di Bali terbaru. Yang mana wisata ini baru terekspos pada tahun 2015. Ini karena pemuda yang mengabadikan keindahan Gianyar, salah satunya ya air terjun Kanto Lampo ini.

Nah, kamu juga harus tau nama Kanto Lampo dari mana. Ternyata nama Kanto Lampo ini adalah nama pepohonan yang ada di air terjun. Pohonnya cukup unik karena buahnya kalo masih mentah berwarna hijau, dan berubah jadi merah kalo sudah matang.

2. Lokasi Air Terjun Kanto Lampo

Lokasi Air Terjun Kanto Lampo via airpaz.com

Lokasi Air Terjun Kanto Lampo via airpaz.com

Seperti yang kita tau, kalo air terjun itu selalu ada di dataran tinggi, di Bali pun begitu, seperti air terjun di tempat wisata di Bali Utara. Sayangnya, Air Terjun Kanto Lampo justru terletak di Gianyar, di mana termasuk dataran rendah.

Dengan keadaan yang rendah, membuat suhunya panas, bahkan suhunya sama persis seperti di Denpasar ketika siang. Kemudian, tidak seperti air terjun di tempat wisata Bali Utara, yang jauh dari pemukiman, air terjun ini kebalikannya. Di mana Air Terjun Kanto Lampo dekat dengan pemukiman penduduk.

3. Sumber Air Terjun Kanto Lampo

Sumber Air Terjun Kanto Lampo

Sumber Air Terjun Kanto Lampo

Masih dibandingkan dengan air terjun yang ada di wisata di Bali Utara, yang mana sumber airnya dari alam. Kalo Air Terjun Kanto Lampo, sumber airnya dari saluran irigasi yang awalnya untuk mengaliri subak di hilir. Sayangnya, seiringnya waktu, airnya tersumbat dan meluap. Dan dengan ajaibnya, luapannya mengalir menjadi air terjun.

Dari 3 hal yang membuat Air Terjun Kanto Lampo unik, apakah kamu ada niatan pergi ke sana? Disarankan nih, kamu juga datang ke objek wisata di Bali Utara yang menyungguhkan air terjun, jadi kamu tau lebih jelas perbedaan dan keunikan dari Air Terjun Kanto Lampo.

Add Comment