Tempat Wisata di Jogja Terbaru Masih Kalah dengan Kuliner Legendarisnya

Jogjakarta atau yang lebih singkatnya dipanggil Jogja ini adalah surga dunianya Indonesia selain Bali. Kalo kamu berkunjung ke Jogja, kamu akan disuguhi berbagai tempat wisata di Jogja yang bagus dan penuh keindahan.

Ada beberapa tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, seperti, Malioboro dan Candi Prambanan. Ya, berbicara tentang Jogja pasti tidak jauh-jauh dari Malioboro dan Candi Prambanan, karena banyak orang bilang kalo pusatnya Jogja ya Malioboro. Sedangkan Candi Prambanan adalah bukti dari cerita yang melegenda, Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Selain itu, banyak tempat wisata di Jogja yang lagi hits saat ini, seperti, Heha Sky View, merupakan area kafe dan resto, tempat tongkrongan anak muda yang menampilkan pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Selanjutnya, Argo Techno Park, wahana edukasi pertanian, peternakan, dan kolam ikan. Dan tentunya masih banyak lagi.

Namun, dari semua tempat wisata yang ada di Jogja, tidak puas rasanya kalo kamu ke Jogja tidak mencoba kulinernya. Dan kamu harus tau kalo wisata kuliner Jogja murah dan enak loh.

Oh ya, kalo kamu mencoba dan menikmati kuliner Jogja bisa loh sehari penuh. Ini karena ada warung atau tempat makan yang buka sampai malam bahkan dini hari. Kalo kamu kaya gini, bisa banget, kamu bisa pilih deh paket Jogja murah 1 hari. Dan langsung kamu bisa kulineran.

Berkulineran ria di Jogja tidak afdol kalo kamu tidak mencoba kuliner legendarisnya. Kamu bisa merasakan makanan yang sudah melegenda dari tahun ke tahun, yang sudah berdiri puluhan tahun lamanya. Dan kulinernya cocok dinikmati malam hari. Sehingga, wisata kuliner legendaris ini bisa juga disebut wisata Jogja malam hari.

Berikut ini rekomendasi tempat kuliner malam Jogja yang legendaris.

3 Rekomendasi Kuliner Malam Jogja Legendaris

1. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon via goodnewsfromindonesia.id

Gudeg Pawon via goodnewsfromindonesia.id

Gudeg merupakan makanan khas Jogja dari nangka muda dan rasanya manis. Namun, makanan gudeg di Gudeg Pawon ini berbeda dengan gudeg yang biasa, dan perbedaannya ini merupakan salah satu ciri khas dari Guged Pawon.

Tampilan gudeg di Gudeg Pawon adalah basah dan rasa lebih gurih. Selain itu, pemiliknya, Sumarwanto, masih menggunakan tungku kayu bakar untuk memasaknya. Dan uniknya lagi, pembeli bisa melihat proses pembuatan, dan mengambil sendiri gudegnya.

Untuk harganya, gudeg di Gudeg Pawon tergolong murah, dan dihitung berdasarkan jumlah porsinya. Semakin banyak porsi yang diambil, tentu harganya semakin mahal. Harganya berkisar 11 ribu sampai 40 ribu. Oh ya, Gudeg Pawon ini ada di Jalan Janturan, Umbulharjo, dan buka dari jam 10 malam.

2. Brongkos Handayani

Brongkos Handayani via gudeg.net

Brongkos Handayani via gudeg.net

Kuliner selanjutnya yang tidak kalah legendarisnya adalah Brongkos Handayani. Brongkos adalah makanan yang berisi nasi, kacang, tolo, tahu, telur dan tetelan. Sekilas, kalo kamu liat penampilannya, brongkos ini mirip dengan nasi rawon, tetapi kuah brongkosnya ini bersantan ya, sehingga teksturnya lebih kental, dan warnanya kecoklatan, yang berasal dari kluwak.

Brongkos Handayani ini semakin ramai pembeli, mungkin karena pernah diliput di acara Wisata Kuliner Jogja Pak Bondan, di mana Pak Bondan sendiri salah satu chef Indonesia yang melegenda. Dan, Pak Bondan pun sangat suka dan merekomendasikan brongkos sebagai makanan Jogja yang enak.

Selain pernah diliput, tempatnya yang strategis juga menjadi alasan kenapa brongkos Handayani ramai pembeli. Tempatnya yaitu di area Alun – Alun Kidul Jogja. Sehingga, brongkos sangat cocok disantap setelah kamu lelah mengelilingi Alun – Alun Kidul Jogja, yang juga terkenal dengan tempat wisata di Jogja malam hari.

3. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man via idntimes.com

Angkringan Lik Man via idntimes.com

Selain gudeg, Jogja juga terkenal dengan angkringan, dan angkringan yang legendaris adalah Angkringan Lik Man yang ada di dekat Stasiun Tugu dan buka mulai jam 2 siang. Disebut legendaris karena angkringan ini merupakan angkringan warisan dari Mbah Pairo, pedagang angkringan pertama tahun 1950-an.

Di sini menunya seperti angkringan pada umumnya, yaitu, nasi kucing, dan segala macam gorengan, serta sate -satean. Namun, yang membedakan adalah kamu bisa banget kalo mau menghangatkan lauknya, dengan cara dibakar, tentunya oleh si penjual.

Kalo kamu ke angkringan ini kamu juga harus mencoba menu yang paling ikonik, yaitu kopi arang. Di mana kopi panas yang diberi arang yang sudah dibakar. Dan kamu harus tau nih kalo kopi arang ini berkafein rendah karena arang bisa menetalisir kafein. Baca : Tempat Wisata Anak di Bogor yang Harus Dikunjungi Bersama Keluarga

Dari ketiga kuliner legendaris ini, kamu wajib banget mencobanya jika berkunjung ke Jogja. Dan kalo kamu warga Bandung, kamu bisa banget loh liburan ke Jogja dengan memilih paket wisata Bandung Jogja dengan kereta api yang sudah banyak disediakan oleh agen travel perjalanan.

Add Comment