Rekomendasi Tempat Wisata di Garut, Swiss van Java Lengkap

Rate this post

Indonesiaituindah.com – Tempat Wisata di Garut – Indonesia memang sudah sejak dahulu kala terkenal akan keindahan alamnya. Negara dengan gunung-gunung apinya yang menjulang tinggi seakan semakin mempercantik keelokan pesona Sang Ibu Pertiwi. Ada banyak sekali tempat-tempat yang menjadi destinasi utama wisata di Indonesia yang tak terhitung jumlahnya. Salah satu tempat di Indonesia yang sejak zaman dahulu terkenal akan keindahannya adalah Garut; Provinsi Jawa Barat. Wilayah Garut memang begitu indah. Terletak di daerah dataran tinggi dengan dikepung oleh deretan pegunungan, Garut menyajikan panorama alam yang begitu luar biasa.

Selain menyajikan pemandangan yang menawan, letak Garut di dataran tinggi juga membuat udaranya menjadi sejuk dan segar; khas udara pegunungan. Tidak heran dengan berbagai keindahannya, Garut terkenal sejak zaman Kolonial Belanda. Bahkan oleh Bangsa Belanda, Garut mendapat julukan sebagai Swiss van Java karena kekaguman akan keindahan alam dan sejuknya udara di Garut yang disejajarkan dengan Swiss di Eropa. Garut pun jelas menjadi tujuan utama pariwisata, bahkan beberapa artis kelas dunia seperti Charlie Chaplin pernah menginjakkan kakinya menikmati tempat wisata di Garut.

Wisata di Garut memang termasuk lengkap. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam mulai dari tepi laut hingga ke puncak gunung yang mengelilinginya. Berikut ini adalah klasifikasi tempat-tempat wisata di Garut.

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan
Papandayan menjadi gunung favorit para pendaki. Keindahan panorama alam yang ditawarkan benar-benar mampu untuk memikat hati para pengunjungnya. Jarak tempuh yang masih termasuk dekat semakin memudahkan wisatawan untuk mengunjungi Gunung Papandayan.

2. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray
Gunung ini menjadi favorit para pendaki dengan medan yang lebih terjal jika dibanding dengan Papandayan. Tentunya Gunung Cikuray juga memiliki pesona keindahan di puncaknya. Puncak gunung ini bahkan mendapat julukan sebagai “Negeri di Atas Awan.”

3. Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian Air Panas Cipanas
Garut juga memiliki berbagai sumber air panas sebagai destinasi wisata andalan karena letaknya yang ada di sekitar gunung api. Pemandian Cipanas merupakan yang paling terkenal dan menjadi tujuan wisatawan terutama pada hari libur dan akhir pekan. Sensasi mandi di sumber air panas alami memang selain menyenangkan juga menyehatkan.

4. Pemandian Air Panas Darajat

Pemandian Air Panas Darajat
Selain Cipanas, Garut masih memiliki sumber air panas lainnya. Pemandian Darajat menjadi salah satu alternatif pilihan untuk merasakan mandi air panas alami. Pemandian ini juga menawarkan panorama alam sekitarnya yang begitu indah sehingga menjadi nilai jual tersendiri. Selain itu, Pemandian Darajat juga sudah dilengkapi dengan wahana outbond yaitu flying fox.

Letak Garut yang berada di daerah pegunungan menjadi berkah tersendiri dengan adanya banyak curug atau air terjun. Berikut ini adalah beberapa air terjun indah di Garut.

5. Curug Orok

Curug Orok
Curug ini begitu indah yang mana tidak hanya terdapat satu air terjun, melainkan terdapat air terjun besar dan beberapa air terjun kecil. Pengunjung bisa menikmati kesegaran air di curug ini.

6. Curug Citiis

Curug Citiis
Curug ini terletak di kaki Gunung Guntur. Udara sejuk dan airnya yang dingin semakin membuat curug ini semakin mempesona. Keadaan alam yang masih alami juga semakin menarik kunjungan wisatawan ke Curug Citiis ini.

Garut yang terletak di antara pegunungan ternyata juga menyimpan pesona alam berupa pantai sebagai tujuan tempat wisata di Garut. Pantai-pantainya yang terletak di ujung selatan antara lain adalah:

7. Pantai Karang Paranje

Pantai-Karang-Paranje
Pengunjung bisa menikmati indahnya matahari terbenam di pantai ini. Keadaan alam yang masih asri serta jauh dari keramaian membuat Pantai Karang Paranje sangat tepat bagi mereka yang menginginkan ketenangan. Baca juga Hotel di Yogyakarta yang Dekat dengan Malioboro

8. Pantai Cijeruk

Pantai Cijeruk
Panorama alam yang indah hingga air lautnya yang jernih, serta pasir pantainya yang lembut membuat Pantai Cijeruk menjadi tujuan wisata favorit keluarga. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan pada hari libur atau akhir pekan.

Add Comment