Harga Tiket Masuk Wisata Tangkuban Perahu dan Isi yang Menjadi Daya Tariknya!

Jika kamu berkunjung ke Bandung, tidak afdol rasanya jika kamu tidak mengunjungi wisata alamnya. Di mana Bandung sangat terkenal dengan wisata alam yang indah. Namun, bukan hanya dari sisi indahnya saja, wisata alam di Bandung juga ada wisata yang terkenal karena cerita legendanya yaitu wisata Gunung Tangkuban Perahu.

Cerita legenda tersebut adalah Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Di mana cerita tersebut menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke tempat wisata Tangkuban Perahu. Alasannya karena wisatawan ingin melihat gunung berbentuk seperti perahu terbalik, yang menjadi bukti cerita. Selain hal itu, ada beberapa hal yang menjadi daya tarik Tangkuban Perahu .

3 Daya Tarik Lain dari Wisata Tangkuban Perahu Bandung

1. Gunung yang Masih Aktif

Gunung Tangkuban Perahu via geooutbound.com

Gunung Tangkuban Perahu via geooutbound.com

Daya tarik pertama dari objek wisata Tangkuban Perahu adalah gunung api yang aktif. Di mana sebenarnya Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung aktif di provinsi Jawa Barat, tepatnya di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Tangkuban Perahu dikatakan gunung yang masih aktif karena gunung tersebut masih diawasi oleh Badan Direktorat Vulcanologi Indonesia. Selain itu, ada beberapa kawah yang masih aktif, serta munculnya gas belerang dan sumber air api yang ada di kaki gunung.

2. Kawah yang Indah

Kawah Domas via travelspromo.com

Kawah Domas via travelspromo.com

Seperti yang kamu tahu, jika gunung berapi pasti memiliki kawah yang aktif begitu juga Gunung Tangkuban Perahu. Di mana Gunung Tangkuban Perahu memiliki beberapa kawah, tetapi hanya tiga kawah saja yang terkenal, yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas.

Kawah Ratu merupakan kawah terbesar di Gunung Tangkuban. Di mana kawahnya berbentuk seperti mangkuk besar dengan kedalaman sekitar 500 meter. Di dalamnya terdapat campuran lava, sulfur, dan belerang. Sehingga, kawah menimbulkan bau belerang. Namun, Kawah Ratu cocok untuk dijadikan spot foto karena pinggirannya dilindungi pagar dan dikelilingi pepohonan khas pegunungan.

Kemudian, Kawah Domas adalah kawah kedua yang ada di wisata Gunung Tangkuban Perahu. Kawah Domas ini terletak sekitar 1,2 km dari Kawah Ratu. Dalam mencapai Kawah Domas, kamu akan dimanjakan dengan berbagai tanaman yang indah, dan jika kamu beruntung, kamu bisa melihat hewan endemik, seperti lutung dan surili.

Kawah Upas via whateveri'mbackpacker.com

Kawah Upas via whateveri’mbackpacker.com

Nah, setelah kamu sampai di Kawah Domas, kamu diperlihatkan beberapa kolam yang menampung air panas dengan berbagai macam suhu. Di mana kamu bisa merendam kaki dan menggunakan lulur lumpur belerang di kolom bersuhu tidak terlalu panas. Sedangkan, di kolam yang suhu tinggi kamu bisa merebus telur, dan telurnya bisa dimakan.

Kawah ketiga yang menjadi daya tarik adalah Kawah Upas. Kawah Upas ini berjarak sekitar 1,5 km dari Kawah Ratu. Di Kawah Upas kamu bisa menikmati keindahan dari tebing curam yang bernama Tebing Upas. Apalagi jika kamu berkunjung sebelum matahari terbit, kamu bisa melihat keindahan sunrise dari Kawah Upas.

3. Kuliner Hangat di Tangkuban Perahu

jagung bakar via jakmall.com

jagung bakar via jakmall.com

Setelah kamu mengelilingi objek yang ada di Tangkuban Perahu, kamu bisa menikmati camilan hangat. Di mana camilan tersebut sangat cocok dinikmati di udara dingin sambil menikmati keindahan wisata Tangkuban Perahu, seperti di Tangkuban Perahu. Camilan tersebut yaitu jagung rebus, jagung bakar, ketan bakar, oncom raos, susu, dan bandrek. Baca : Rekomendasi Keindahan Tempat Wisata di Dago Bandung

Nah, itulah beberapa daya tarik yang bisa kamu nikmati jika kamu berkunjung ke wisata Gunung Tangkuban Perahu. Jika kamu ingin berkunjung, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 20.000 saat weekday, dan Rp. 30.000 saat weekend.

Add Comment