Tempat Wisata di Magelang yang Harus Kamu Catet

Tempat Wisata di Magelang yang Harus Kamu Catet
Rate this post

Indonesiaituindah.com – Tempat wisata di Magelang – Provinsi Jawa Tengah memiliki berbagai pesona wisata di masing-masing daerahnya. Selain Dataran Tinggi Dieng yang namanya sudah tersohor, daerah Kabupaten Magelang juga tidak kalah dalam hal pariwisatanya dengan banyaknya destinasi tujuan wisata yang ada di daerahnya. Kabupaten Magelang memang memiliki letak yang sangat strategis yaitu di antara Yogyakarta dan Semarang sehingga menjadi daerah yang banyak dikunjungi orang. Magelang juga menjadi sebuah pertigaan besar bagi mereka yang ingin atau dari Kabupaten Temanggung hingga Purwokerto melalui jalur tengah Provinsi Jawa Tengah.

Magelang juga dikelilingi oleh gunung-gunung tinggi di Jawa Tengah yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing sehingga selain udara di daerah ini sejuk, pemandangan ke segala arah pun begitu indah. Kabupaten Magelang juga semakin lengkap dengan banyaknya destinasi wisata di sekitarnya, antara lain:

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Siapa yang tidak tahu Candi Borobudur? Hampir semua orang di dunia tentunya tahu akan candi ini. Keterkenalan Candi Borobudur tak perlu diragukan lagi karena sudah dikenal hingga skala internasional. Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Pengunjung dapat menyaksikan dengan mata kepala sendiri arsitektur megah yang dibangun di masa lalu sekaligus dipercantik dengan keindahan bentang alam pegunungan indah di sekitar Candi Borobudur.

2. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu
Destinasi tempat wisata di Magelang kedua masih berhubungan dengan Candi Borobudur, meskipun letaknya bukanlah luar kompleks areanya. Nama lokasi ini adalah Punthuk Setumbu. Jawaban mengapa destinasi ini berhubungan dengan Candi Borobudur adalah, pengunjung dapat menyaksikan indahnya Borobudur dari ketinggian. Letak Punthuk Setumbu adalah di Desa Karangrejo, Kecamatan Prambanan, Magelang.

Punthuk Setumbu merupakan wisata sunrise sehingga pengunjung harus datang sebelum matahari terbit. Pemandangan dari sini begitu indah, yaitu panorama Candi Borobudur yang berselimut kabut tipis yang akan terlihat semakin cantik saat perlahan matahari muncul dari ufuk timur.

3. Gereja Ayam

Gereja Ayam
Destinasi tempat wisata di Magelang ini berada di sekitar Punthuk Setumbu sehingga menjadi tujuan wisatawan usai menikmati indahnya matahari terbit. Arsitekturnya yang unik menyerupai ayam (lebih mirip merpati sebenarnya) merupakan magnet wisatawan. Terlebih lokasi ini adalah lokasi syuting AADC 2 yang semakin membuat Gereja Ayam semakin terkenal dan dikunjungi banyak wisatawan yang telah menyaksikan keunikan arsitekturnya dari film tersebut.

4. Pinusan Kragilan

Pinusan Kragilan
Tempat ini terletak cukup jauh dari Candi Borobudur, Punthuk Setumbu, maupun Gereja Ayam. Letak dari destinasi yang berupa hutan pinus ini ada di lereng Gunung Merbabu. Sesuai namanya, pengunjung dapat melakukan selfie dengan latar belakang pemandangan hutan pinus yang teduh. Udara di tempat ini juga begitu segar; khas udara sejuk pegunungan. Baca juga 5 Pilihan Hotel di Dieng Wonosobo yang Harus di Kenali

5. Ketep Pass

Ketep Pass
Objek tempat wisata di Magelang satu ini letaknya tidak begitu jauh dari Top Selfie Pinusan Kragilan. Tempat ini berupa sebuah gardu pandang yang terletak di atas bukit; antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tentu saja letaknya yang berada di antara 2 gunung membuat pemadangan dari sini begitu menakjubkan. Tersedia fasilitas teropong untuk semakin memperjelas pandangan ke arah puncak Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Gardu Pandang ini terletak di samping jalan utama Magelang-Boyolali yang juga berada di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Selain pemandangan ke arah dua gunung tersebut, bentang alam luas di sisi barat juga terlihat mempesona. Jika cuaca cerah Gunung Sumbing dan Sindoro di sisibarat laut terlihat berdiri tegak di kaki langit.

Add Comment