Selain Candi Boroburur, Tempat-Tempat Wisata di Magelang Ini Ternyata Juga Tak Kalah Keren!

Selain Candi Boroburur, Tempat-Tempat Wisata di Magelang Ini Ternyata Juga Tak Kalah Keren!
5 (100%) 3 votes

Dahsyat ya, film ‘Ada Apa dengan Cinta 2’ bisa memegang rekor perolehan penonton paling tinggi. Sejak diputar 28 Maret 2016 lalu, AADC 2 membukukan 3.663.928 hingga 12 Juni 2016, dan kalau dikalikan dengan 30 ribu (tiket yang kamu beli) berarti pendapatan kotornya sekitar Rp 109.917.840.000. Beuh, mantap kan? Dari jumlah 3.663.928 manusia yang nonton itu, apakah kamu termasuk salah satunya? Kalau bukan, berarti kamu adalah orang yang lagi nungguin bajakannya! Wah, parah!

Tapi guys, kali ini bukan waktunya untuk membahas tentang AADC2. Bukan pula membahas tentang Gereja Ayam yang dipakai syuting film tersebut. Bukan juga membahas tentang Borobudur yang terkenal dan pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia itu. Kali ini, Indonesia Itu Indah akan membahas tempat-tempat lain di Magelang yang juga nggak kalah keren dibanding 2 tempat tersebut. Ini dia!

1. Rumah Kamera

via: ipongdjembe.blogspot.com

via: ipongdjembe.blogspot.com

Kamu suka dunia fotografi? Harus banget deh datang ke tempat ini. Bangunan yang bentuknya mirip dengan kamera DSLR yang berisi galeri lukisan karya Tanggol Angien Jatikusumo. Letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur loh. Jadi bisa tuh, kalau setelah ke Rumah Kamera, dilanjut keliling ke Borobudur. Oh ya, setibanya di Rumah Kamera, jangan lupa untuk mengabadikan momen selama berada di sana.

2. Punthuk Setumbu

via: dolanmagelang.blogspot.co.id

via: dolanmagelang.blogspot.co.id

Punthuk Setumbu juga jadi lokasi syuting AADC 2 loh.

Kamu termasuk pemburu pemandangan matahari terbit? Wah, Punthuk Setumbu berarti merupakan tempat yang wajib kamu datangi ketika datang ke Magelang. Punthuk Setumbu berada di Dusun Kerahan, Karangrejo. Bukit dengan tinggi 400 mdpl dan terletak di barat daya Candi Borobudur ini akan menyajikan pemandangan pagi hari yang memesona. Jadi, jangan lewatkan melihat momen matahari terbit dari atas bukitnya, berselimut kabut pula. Ini pasti cocok banget untuk bikin pagi hari kamu jadi lebih bersemangat!

3. Gunung Andong.

via: gpswisataindonesia.blogspot.com

via: gpswisataindonesia.blogspot.com

Kamu belum pernah mendaki gunung, dan termasuk dalam kategori pendaki pemula? Mendakilah ke Gunung Andong! Karena gunung ini hanya memiliki tinggi 1.726 mdpl. Selain mudah, kamu cuma butuh 1,5 jam untuk bisa sampai di puncak. Ganjarannya? Kamu akan melihat pemandangan indah!

4. Alun-alun Magelang

via: www.magelangkota.go.id

via: www.magelangkota.go.id

Kurang lengkap memang, kalau pergi ke sebuah kota dan tak berkunjung ke alun-alunnya. Termasuk Magelang! Di sini, kamu bisa menikmati suasana malam hari di alun-alun. Banyak hal bisa kamu lakukan, mulai dari berbelanja dan menikmati bangunan-bangunan tua. Buat kamu yang juga seneng wisata kuliner, harus banget deh nyobain kupat tahu dan sop senerek khas Magelang.

5. Desa Wisata Candirejo

via: www.youtube.com

via: www.youtube.com

Udah ke Magelang, tapi nggak mampir ke Desa Wisata Candirejo? Wah, rugi banget! Ini adalah sebuah desa wisata di Magelang yang akan menyuguhkan senyum paling ramah dari penduduknya loh. Buat kamu. Iya, kamu. Ditambah lagi, kalau lagi beruntung, kamu juga bisa menyaksikan tradisi khas seperti Nyadran, Sedekah Bumi, Wayangan, dan tradisi-tradisi lainnya. Jangan lupa juga mampir ke industri rumahan kerajinan pandan dan bambu.

6. Grojogan Kedung Kayang

via: www.ardiyanta.com

via: www.ardiyanta.com

Gimana, sudah puas main-main ke Rumah Kamera, Punthuk Setumbu, Gunung Andong, Alun-alun Magelang dan Desa Wisata Candirejo? Itu semua masih wisata dalam bentuk darat loh. Maka sekarang lah saatnya, main-main ke tempat wisata yang berbau air.

Kali ini kita ke Grojogan Kedung Kayang. Oh ya, for your information, grojogan itu artinya air terjun. Air Terjun Kedung Kayang ini terletak di Desa Wonolelo, Sawangan. Untuk bisa melihatnya secara langsung, Anda harus melewati jalan setapak di antara lembah. Ah, tapi nggak apa-apa. Apalah arti melewati jalan setapak di antara lembah, kalau hasil yang diperoleh bisa cukup memuaskan, yakni aliran sungai yang sangat jernih dan dingin. Ayo, tunggu apalagi? Segeralah ke Grojogan Kedung Kayang!

7. Kali Progo

via: www.arungjerammagelang.net

via: www.arungjerammagelang.net

Kamu suka memacu adrenalin? Main-mainlah ke Kali Progo, dan bermainlah arung jeram di sana! Buat yang belum tahu, kali itu sama dengan sungai. Boleh disebut kali, boleh juga disebut sungai. Monggo, lah, suka-suka.

By the way, kali Progo ini memiliki grade yang cukup tinggi untuk arung jeram loh. Jadi selama 2 jam, kamu akan melintasi sungai yang penuh dengan pemandangan elok di kanan dan kirinya. Udah nggak sabar? Ajaklah teman-teman untuk pergi ke sana. Bukan apa-apa. Jomblo sih jomblo. Tapi masa, kalau mau arung jeram, mainnya sendirian.

8. Curug Silawe

via: www.idtempatwisata.com

via: www.idtempatwisata.com

Untuk bisa sampai ke Curug Silawe ini, kamu kudu menempuh perjalanan melalui jalan raya Purworejo – Magelang, kemudian belok di pertigaan Krasak. Karena letak curug ini ada di kaki Gunung Sumbing sebelah selatan atau di Dusun Kopeng Kulon, Sutopati, Kabupaten Kajoran. Saran sebelum mau pergi ke sana:

“Siapkan fisik yang kuat untuk menempuk medan yang cukup melelahkan.”

Eit, tapi jangan dipikirin capeknya dulu. Tapi pikirkanlah nikmat yang bakal kamu peroleh ketika sampai di sana, yakni Curug Silawe yang menakjubkan, yang membuatmu tak ingin bersegera pulang!

9. Air Terjun Sekar Langit

via: dolanmagelang.blogspot.com

via: dolanmagelang.blogspot.com

Setelah menikmati Curug Silawe, mari kita menikmati Air Terjun Sekar Langit, yang konon katanya ini adalah tempat di mana Jaka Tarub mengintip para bidadari yang sedang membersihkan diri. Air Terjun Sekar Langit ini letaknya ada di Kecamatan Grabag, Magelang. Ngomong-ngomong, suasana di sini masih sangat alami loh. Sumpah, sayang banget kalau kamu sampai nggak mampir ke Air Terjun Sekar Langit.

10. Pemandian Air Hangat Candi Umbul

via: negeriangin-negeriangin.blogspot.com

via: negeriangin-negeriangin.blogspot.com

Merasakan tempat-tempat wisata darat di Magelang? Sudah. Merasakan tempat-tempat wisata yang berbau air di Magelang? Sudah. Eh, tapi kali ini ada satu lagi nih satu tempat wisata yang berbau air, sebagai penutup artikel ini. Jadi kalau 9 destinasi di atas sebagai ajang untuk melelah-lelahkan diri berwisata, maka sekarang saatnya untuk relaksasi, yakni dengan mandi air panas. Apalagi kalau bukan di Pemandian Candi Umbul?

Situs ini diperkirakan sudah ada sejak jaman Wangsa Syailendra. Jadi, bisalah digolongkan sebagai situs purbakala. Tapi, jangan pernah berpikir kalau ini akan mahal. Enggak! Sama sekali enggak! Harga untuk menikmati air panas di Pemandian Candi Umbul merupakan harga lokal banget. Beneran deh. Selain murah, sembari berendam, kamu juga bisa menikmati pemandangan yang menenangkan.

Gimana, Masih mikir kalau wisata di Magelang cuma Boroburur? Atau, Gereja Ayam yang dipakai syuting film AADC2? Jelajahi juga 10 tempat keren di atas, dan kamu akan mendapatkan pengalaman yang menakjubkan.

One Response

  1. Terra Concrete 11 months ago

Add Comment