6 Destinasi Wisata di Purworejo Yang Wajib Banget Kamu Kunjungi

6 Destinasi Wisata di Purworejo Yang Wajib Banget Kamu Kunjungi
Rate this post

Kabupaten Purworejo berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang di utara, Kabupaten Kulon Progo (Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di timur), Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Kebumen di sebelah barat. Purworejo merupakan wilayah strategis yang hampir tiap hari selalu dilintasi kendaraan-kendaraan luar kota yang memilih jalur selatan untuk perjalanan lintas provinsi di Pulau Jawa.

Menurut sensus penduduk pada tahun 2010, menunjukkan bahwa Purworejo memiliki jumlah penduduk sekitar 948.000 jiwa, dengan kepadatan 916,83 jiwa/km2 serta luas 1.034 km2. Dengan luas daerah yang dimiliki tersebut, tentu Purworejo juga memiliki beberapa destinasi wisata yang keren abis dan wajib banget kamu kunjungi. Apa sajakah itu? Ini dia…

1. Wisata Edukasi Tlogoguwo

via: www.krjogja.com

via: www.krjogja.com

Di kawasan Desa Wisata Edukasi Tlogoguwo ini juga terdapat Gua Anjani, Curug Setawing dan kolam renang. Di sini juga ada kelompok peternak Kambing Peranakan Etawa (PE) ras Kaligesing. Selain itu, pengunjung juga bisa mengakses paket belajar mengolah susu kambing menjadi susu bubuk dan permen karamel. Ditambah lagi, di kawasan Desa Wisata Edukasi Tlogoguwo ini juga menyiapkan beberapa kambing untuk wisata edukasi berupa memerah susu, memandikan, mengawinkan atau belajar seluk beluk budidaya kambing. Gimana, seru kan? Bagi kamu yang ingin berkunjung ke kawasan Desa Wisata Edukasi Tlogoguwo, tempat ini berlokasi di Kecamatan Kaligesing. Selamat berbahagia!

2. Desa Ekowisata Karangrejo

via: www.krjogja.com

via: www.krjogja.com

Setelah berpuas-puas ke kawasan Desa Wisata Edukasi Tlogoguwo, mari kita beralih ke Desa Ekowisata Karangrejo. Di sini, kamu bisa memilih paket wisata seperti: outbond, permainan di sawah, kolam ikan, saluran irigasi atau menyusuri hutan rakyat di sekitar desa, flying fox dan paket arung jeram Sungai Bogowonto. Jadi ceritanya sejumlah warga membentuk Bogowonto Indonesia Adventure (BIA). Arung jeram dimulai di Bendung Penungkulan dengan finish terjauh di Jembatan Liwung, Kelurahan Tambakrejo, Purworejo. Bagi kamu yang lagi di Purworejo, harus banget kesini. Desa Ekowisata Karangrejo ini tempatnya ada di Kecamatan Loano.

3. Taman Wisata Sidandang

via: sudutpandangedward33.blogspot.com

via: sudutpandangedward33.blogspot.com

Taman Wisata Sidandang ini merupakan objek wisata air unggulan di Desa Kaligono. Akses jalannya mudah, karena terletak di tepi jalan alternatif Purworejo – Yogyakarta. Objek wisata di Taman Wisata Sidandang ini menyuguhkan beberapa spot untuk kegiatan canyoning serta outbond. Pengelola di sini juga menyediakan sarana pelampung, helm dan pemandu — kalau kamu berminat menyusuri aliran sungai. Tapi kalau tidak, di Taman Wisata Sidandang ini pun kamu bisa sekedar ‘mengapungkan’ diri sambil menatap birunya langit, hijau dedaunan serta segarnya udara.

4. Pantai Jatimalang

via: www.telusurindonesia.com

via: www.telusurindonesia.com

Pantai Jatimalang ini sangat mudah diakses, karena letaknya dekat dengan Jalan Daendels. Sesuai namanya, Pantai Jatimalang ini terletak di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi. Nelayan di sini menjalankan aktivitas secara tradisional dengan mendorong dan menarik perahu menggunakan tenaga manusia. Ketika kesini, kamu akan disuguhi pemandangan pantai, bahkan dapat ikut berbaur dengan aktivitas nelayan setempat loh. Kala lapar melanda, kamu pun tak perlu khawatir, karena di sekitar Pantai Jatimalang ini juga terdapat banyak warung makan dengan menu ikan laut.

5. Gua Seplawan

via: www.krjogja.com

via: www.krjogja.com

Gua Seplawan terletak di Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing atau di ketinggian kurang lebih 700 meter di atas permukaan laut. Gua Seplawan merupakan salah satu situs peninggalan kebudayaan Hindu masa kerajaan Mataram Kuno. Banyak bukti yang mengamini akan hal ini, seperti ditemukannya arca emas berujud Dewa Syiwa dan Dewi Parwati dari dalam gua. Bahkan beberapa situs pemujaan juga terdapat di pelataran gua itu.

Di Gua Seplawan ini juga ada gardu pandang di bukit kawasan objek. Di gardu pandang tersebut, kamu bisa melihat Yogyakarta, Wates serta pantai selatan Jawa dengan jelas, dari atas ketinggian. Selain itu, Gua Seplawan juga dapat ditelusuri hingga 800 meter ke dalam perut bumi. Terdapat aliran sungai di dalam gua. Panorama di dalam pun tidak kalah indah dengan konfigurasi stalagmit dan stalagtit. Saat berada di dalam, pemandu akan mencegah pengunjung masuk terlalu jauh ke dalam gua ketika cuaca hujan deras, karena sungainya bisa banjir.

6. Curug Siklotok

via: www.panoramio.com

via: www.panoramio.com

Curug Siklotok adalah kawasan wisata air terjun yang terletak di Dusun Jeketro. Jika kamu pergi ke Siklotok, maka wajib memerhatikan peringatan pemandu wisata. Karena meski ada beberapa lokasi curug yang pengunjung boleh bermain air, namun ada lokasi curug yang pengunjung dilarang bermain air karena bahaya. Di Curug Siklotok ini terdapat tiga tingkatan air terjun. Dan yang tertinggi, Curug Silangit. Oh ya, di Curug Siklotok ini juga sudah dilengkapi sarana flying fox loh. Selamat mencoba!

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi 6 destinasi keren yang Purworejo miliki di atas? Buruan, sebelum menyesal di kemudian hari.

Add Comment