Tempat-Tempat Wisata Pantai di Cilacap Yang Bikin Kamu Betah dan Males Balik!

Tempat-Tempat Wisata Pantai di Cilacap Yang Bikin Kamu Betah dan Males Balik!
5 (100%) 2 votes

Cilacap?

Buat kamu yang belum tahu Cilacap, apalagi yang dari luar Jawa. Sebenarnya kebangeten kalau orang Jawa sampai nggak tahu Cilacap. Tapi ya sudah, nggak apa-apa. Justru tujuan ditulisnya artikel ini emang niatnya pengen ngasih tahu. Hehehe.

Cilacap berada di Jawa Tengah, atau tepatnya berada di Karesidenan Banyumas. Cilacap adalah kota yang memiliki wilayah terluas di Jawa Tengah. Letak Cilacap berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tentu kemujuran soal lokasi ini membuat Cilacap mau tak mau jadi kaya akan tempat wisata. Terlebih, pantai. Wih, kalau bahas pantai-pantai di Cilacap seperti apa, jangan banyak tanya lagi. Langsung aja baca ulasannya di bawah ini yuk!

1. Pantai Indah Widarapayung. Pantai yang cocok banget buat para peselancar.

via: my-cilacap.blogspot.com

via: my-cilacap.blogspot.com

Letak pantai ini berada di sebelah timur Cilacap, tepatnya di Kecamatan Binangun. Usut punya usut, pantai Indah Widarapayung ini pernah diterjang bencana tsunami pangandaran pada 2006 silam loh. Kondisi pantainya sangat landai dan dipagari pohon kelapa, membuat pantai ini begitu menakjubkan.

Di pantai Indah Widarapayung ini terdapat klub selancar bernama WSC (Widarapayung Surfing Club) juga. Memang pantas sih, kalau pantai Indah Widarapayung sampai dijadikan tempat berselancar favorit. Karena memang pantai ini memiliki gelombang yang cukup besar. Nggak cuma sampai di situ, bahkan pantai Indah Widarapayung juga pernah dijadikan tempat untuk Surf Contest Nasional dengan tema Widarapayung Surf Contest pada tahun 2010 dan diikuti oleh para Surfer, Surfgirl nasional dan bahkan hingga mancanegara. Kamu tertarik untuk berselancar atau mungkin sekedar menikmati kerennya pantai Indah Widarapayung? Ayolah, segera ke sana. Tunggu apa lagi?!

2. Pantai teluk penyu. Pantai indah untuk bermain-main, dan berbelanja oleh-oleh.

via: wisatapantai.net

via: wisatapantai.net

Kalau tadi pantai Indah Widarapayung merupakan pantai yang cocok banget buat para peselancar, maka kini saatnya berpindah ke pantai teluk penyu. Yakni pantai yang jaraknya sekitar 2 kilometer dari pusat kota, dan letaknya membujur dari pelabuhan perikanan samudera Cilacap dengan pulau Nusakambangan. Di sini, ombak bergulung-gulung dengan indahnya. Selamat menikmati, dan silakan berpuas-puas diri berenang, bermain banana boat, dan menyelam.

Merasa lapar? Tenang! Di sini juga terdapat restoran-restoran seafood yang menjual aneka makanan seperti cumi-cumi dan ikan bakar. Jangan lupa juga, sebelum pulang, beli oleh-oleh dulu. Kamu nggak perlu bingung mau nyari oleh-oleh di mana, karena di sepanjang pantai ini juga terdapat warung-warung yang menjual aneka ikan asin kering dan basah yang siap diolah menjadi makanan enak ketika kamu sampai di rumah nanti. Atau kalau sedang tak ingin berbelanja oleh-oleh, kamu juga bisa belanja souvenir seperti aneka kerajinan kerang, sebagai souvenir dan cindera mata khas Cilacap.

3. Pantai karang Pandan. Pantai yang selalu ramai saat hari kamis wage atau sehari menjelang sedekah laut (arung sesaji).

via: wisata-kuliner-lengkap.blogspot.com

via: wisata-kuliner-lengkap.blogspot.com

Pantai Indah Widarapayung? Sudah. Pantai teluk penyu? Sudah. Sekarang, saatnya kita beranjak ke Pantai karang Pandan. Pantai yang sangat cantik, dengan pasir putih dan pemandangan laut lepas yang menakjubkan. Tapi meski demikian, kamu juga perlu hati-hati. Karena pantai Karang Pandan ini merupakan pantai dengan ombak yang besar.

Kalau kamu ingin suasana yang ramai, datanglah pada hari kamis wage atau sehari menjelang sedekah laut (arung sesaji). Karena pada saat tersebut, pantai Karang Pandan sangat ramai dikunjungi orang yang ingin berziarah. Oh ya, sekedar mengingatkan, kalau kamu berkunjung ke pantai Karang Pandan, jagalah kesopanan dan etika. Karena selain sering dijadikan sebagai tempat ziarah, juga terdapat beberapa tempat yang dianggap keramat.

4. Pantai Jetis. Pantai dengan panorama alam dan debur ombak pantai selatan yang menarik!

via: mukharomngibadi.blogspot.com

via: mukharomngibadi.blogspot.com

Setelah dari Pantai karang Pandan, mari kita ke pantai Jetis yang letaknya berada di perbatasan antara kabupaten Cilacap dengan Kebumen. Tepatnya, di desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. Tempat ini berada di ujung timur wilayah Cilacap. Pantai Jetis juga dijadikan sebagai pintu masuk Tempat Pelelangan Ikan Jetis. Bagi yang belum pernah ke sana, pasti sesampainya di sana akan takjub tatkala memandang pantai Jetis yang membentang sepanjang hampir 3 kilometer, dengan pintu timur yang berpemandangan pegunungan kapur daerah Kebumen.

Panorama muara kali bodo — yang merupakan perbatasan kabupaten Cilacap dengan kabupaten Kebumen — juga bisa kamu nikmati di pantai Jetis ini. Nikmati pemandangan alam dan debur ombak pantai selatan saat kamu berwisata ke pantai Jetis, suatu hari nanti.

5. Pantai Permisan. Pantai dengan pasir putih dan semilir angin yang menyejukkan.

via: travel.detik.com

via: travel.detik.com

Gimana, masih kurang puas menikmati panorama pantai Jetis beserta muara kali bodo? Okelah, ayo kita berpindah ke Pantai Permisan yang letaknya berada di Pulau Nusakambangan. Untuk sampai menuju pantai Permisan ini, kamu harus menyeberang ke pulau Nusakambangan, yakni dari Pelabuhan Lo Manis ke pelabuhan Sodong dengan menggunakan kapal Feri. Kemudian dari Pelabuhan Sodong, barulah kamu dapat menuju ke Pantai Permisan dengan menggunakan transportasi darat seperti angkutan umum, atau ojek.

Pantai Permisan adalah pantai dengan hembusan angin pantai yang semilirnya sungguh-sungguh menyejukkan. Ditambah lagi dengan pasir putihnya yang indah, dan deburan ombak besar yang tentunya menambah kenyamanan ketika kamu berkunjung ke pantai Permisan ini. Ketika sudah sampai di pantai permisan, sempatkanlah waktu untuk melihat jajaran pulau kecil yang ada di sana. Percayalah, pasti kamu akan tercengang menatap keindahannya!

Oh ya, for your information, pantai ini masih tetap terjaga keasrian dan kealamianya loh. Jadi jangan sekali-kali untuk datang ke sana kalau tujuannya hanya untuk menyampah.

Nah, itu tadi pantai-pantai keren yang cuma bisa kamu peroleh saat berwisata ke Cilacap. Udah nggak sabar pengen ke sana? Bersegeralah!

Add Comment