Kawah-Kawah Keren dan Air Terjun Menakjubkan Yang Cuma Bisa Kamu Nikmati Saat Berwisata ke Banjarnegara!

Kawah-Kawah Keren dan Air Terjun Menakjubkan Yang Cuma Bisa Kamu Nikmati Saat Berwisata ke Banjarnegara!
4.8 (96.67%) 6 votes

Mendengar nama Banjarnegara, pasti hal pertama yang terbesit di kepala adalah bahasa ngapaknya. Bahasa yang juga selain digunakan dalam keseharian oleh penduduk Banjarnegara, juga digunakan oleh Kabupaten-Kabupaten sekitarnya, seperti; Wonosobo, Kebumen, Banyumas, Purbalingga, dan Kabupaten-Kabupaten lainnya.

Banjarnegara adalah Kabupaten yang terletak di antara 7° 12′ – 7° 31′ Lintang Selatan dan 109° 29′ – 109° 45’50” Bujur Timur. Luas Wilayah Kabupaten Banjarnegara adalah 106.970,997 ha atau 3,10 % dari luas seluruh Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Tentu dengan luasnya wilayah tersebut, Banjarnegara juga memiliki banyak destinasi tempat wisata yang keren abis. Salah duanya adalah Kawah-Kawah menarik dan air terjun (curug) yang ada di sana. Kamu berniat mau ke Banjarnegara? Sayang banget kalau sampai melewatkan 3 Kawah dan 3 Curug keren di Banjarnegara ini!

1. Kawah Sikidang Banjarnegara

via: panduanwisatadieng.com

via: panduanwisatadieng.com

Kawah Sikidang adalah obyek wisata di Banjarnegara yang masih berada di kawasan dataran tinggi Dieng. Saat berkunjung ke sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan kawah, dan bisa melihat semburan air kawah dari perut bumi secara dekat. Asal jangan sampai dekat-dekat sih.

Kalau sudah puas menikmati pemandangan kawah, cobalah hiburan-hiburan lain yang ada di sana, seperti menyewa motor trail, atau menyewa kuda, atau menyewa sepeda gunung, hingga ATV yang bisa kamu gunakan untuk mengelilingi kawah.

Kalau sudah puas, jangan lupa untuk mampir ke kios-kios di sekitar kawah yang menjajakan oleh-oleh khas Dieng, oleh-oleh yang tidak bisa dijumpai di daerah lain, oleh-oleh untuk keluarga tercinta di rumah.

2. Kawah Sileri Banjarnegara

via: dambiro.blogspot.com

via: dambiro.blogspot.com

Setelah berpuas-puas di Kawah Sikidang, kini saatnya beranjak ke kawah lain di Banjarnegara yang juga nggak kalah keren: Kawah Sileri. Ini adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika traveling ke Dieng. Lokasinya berada di kecamatan Batur, Banjarnegara. Kawah Sileri merupakan kawah paling luas yang ada di Dataran Tinggi Dieng, karena memiliki luas hingga sekitar 4 hektar.

Permukaan air di kawah ini selalu diselimuti oleh uap. Hal itu merupakan tanda bahwa ada aktivitas vulkanik di sana. Jadi jangan heran kalau Kawah Sileri sering-sering disebut sebagai kawah vulkanik aktif yang berada di lereng gunung Pagergedang.

Akibat aktivitas vulkanik kawah ini, maka suasana di sekitar Kawah Sileri cenderung hangat. Waktu paling pas untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pagi hari. Mengapa demikian? Karena uap dari kawah ini seperti masih menempel di permukaan air, kemudian jika ditunggu sampai beberapa saat, uap air ini akan mulai terangkat, dan terpisah dari permukaan air. Kamu penasaran? Kalau lagi ke Banjarnegera, jangan sampai melewatkan Kawah Sileri ini.

3. Kawah Candradimuka

via: panduanwisatadieng.com

via: panduanwisatadieng.com

Masih bermain-main ke tempat wisata tentang Kawah nih. Kalau tadi kamu sudah ke Kawah Sikidang dan Kawah Sileri, maka sekarang saatnya untuk berwisata ke Kawah Candradimuka. Hampir sama seperti Kawah Sikidang dan Kawah Sileri, Kawah Candradimuka ini juga merupakan salah satu dari sekian banyak kawah yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Juga, sama-sama berada di kecamatan Batur, Banjarnegara. Kalau Kawah Candradimuka, tepatnya, berada di desa Pekasiran. Kawah ini juga merupakan kawah yang sangat aktif, sebagaimana kawah-kawah di Dieng pada umumnya, termasuk dua kawah yang tertulis di atas.

Penasaran untuk menyaksikan aktivitas dari perut bumi?

Datang saja ke Kawah Candradimuka!

4. Curug Pitu

via: www.nmhana.com

via: www.nmhana.com

Setelah berpuas-puas main-main di 3 Kawah menarik di atas tadi, sekarang waktunya buat pindah ke Curug. Curug yang pertama ini adalah Curug Pitu. Curug yang tentu tak kalah keren dibanding Kawah Sikidang, Kawah Sileri, dan Kawah Candradimuka. Curug Pitu menyuguhkan pemandangan air terjun yang begitu alami, dan juga pemandangan rimbunnya pohon di sekitaran, serta jalan menuju air terjun ala hutan tropis. Jika ada pepatah yang mengatakan:

“Selalu ada harga yang harus dibayar, untuk memperoleh sesuatu yang menakjubkan!”

Maka hal ini juga terjadi pada tempat wisata Curug Pitu ini, tempat yang untuk bisa menikmati keindahannya, mau tak mau kamu harus menyusuri jalan setapak yang agak sulit. Tapi, apalah arti jalan yang sulit, kalau sesuatu yang bakal diperoleh akan mengesankan. Bukankah begitu?

5. Curug Sirawe

via: dedelisna.wordpress.com

via: dedelisna.wordpress.com

Kurang puas bermain-main di Curug Pitu? Tenang, ini masih ada Curug Sirawe yang juga nggak kalah cakep! Lokasi Curug Sirawe berada di dusun Bitingan, desa Kepakisan, kecamatran Batur, Banjarnegara. Air ini memiliki tinggi sekitar 80 meter, dan berada di lingkungan terbuka. Kalau dilihat-lihat, Curug Sirawe ini nyaman dan teduh banget loh. Jadi kalau pikiran lagi kacau dan agak ruwet akibat problematika duniawi seperti menurunnya harga saham dan dapat penolakan dari gebetan, maka sudah saatnya bagimu buat main-main ke sini.

Oh ya, karena lokasi Curug Sirawe berada di alam terbuka, jadi kalau kamu mau meluangkan waktu untuk trekking selama sekitar setengah jam, ada satu hal lagi yang tak kalah menarik. Jadi, tepat di bawah guyuran air terjun ini terdapat kolam mungil alami yang airnya segar banget. Datangi sekalian, lah, nanggung. Iya nggak?

6. Curug Muncar Banjarnegara

via: putrihayuc.blogspot.com

via: putrihayuc.blogspot.com

Mengakhiri artikel ini, ada satu tempat yang jangan sampai kamu lewatkan saat berkunjung ke Banjarnegara: Curug Muncar. Ya, itu namanya. Dijamin deh, Curug Muncar merupakan curug yang paling bagus kalau dibandingkan dengan curug-curug yang lain di Banjarnegara. Termasuk dua curug yang tertulis di atas tadi. Hahaha. Tiap orang punya penilaian masing-masing sih, kali aja kamu berpendapat beda. Nggak apa-apa. Sah!

Untuk menuju Curug Muncar ini, kamu harus menyusuri jalan setapak ala pegunungan. Nggak mudah sih, tapi percaya deh, itu nggak ada apa-apanya dibandingkan dengan kepuasan setelah sampai di Curug Muncar. Setelah sampai, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang begitu indah, dengan perpaduan suasana alam pegunungan yang begitu sejuk. Penasaran? Langsung ke Curug Muncar aja!

Nah, itu tadi kawah-kawah keren dan air terjun menakjubkan yang cuma bisa kamu nikmati saat berwisata ke Banjarnegara! Udah nggak sabar pengen ke sana? Sekarang gih!

Add Comment