Kamu Pendaki? Belum Lengkap Rasanya Kalau Belum Mendaki 7 Gunung di Jawa Barat Ini

Rate this post

Jawa Barat merupakan Tanah Pasundan yang membawa banyak berkah. Bagaimana tidak? Jawa Barat dilewati gunung berapi aktif maupun tidak aktif. Jadi jangan heran kalau gunung-gunung yang berada di Jawa Barat sering menjadi incaran banyak pendaki dari berbagai penjuru, baik pemula maupun profesional.

Tanahnya yang subur, indah dan kontur alam yang disuguhkan akibat dari dampak letusan gunung berapi, justru memperindah pemandangan dan sayang sekali kalau kamu sampa tak meluangkan waktu untuk mendaki ke sana. Apa saja 7 gunung tersebut? Ini dia.

Gunung Patuha

via; pesona-ciwidey.blogspot.com

via; pesona-ciwidey.blogspot.com

Memang sih, nama gunung ini masih kalah populer jika dibanding Gunung Tangkubanperahu. Karena memang, yang lebih populer adalah justru Kawah Putih, yang merupakan kawah akibat letusan dari Gunung Patuha yang memilki ketinggian 2.386 Mdpl.

Pernah ke Kawah Putih? Kalau belum, coba saja berkendara dari arah Bandung. Setelah itu, silakan berjalan kaki sejauh 7 km dari objek wisata Punceuling. Atau lebih tepatnya, melewati jalan setapak yang dikelilingi hutan alam yang masih asri.

Kawah Putih ini unik karena warnanya yang selalu berubah-ubah. Saat-saat tertentu, kamu akan melihatnya berwarna hijau apel kebiru-biruan. Namun pada saat yang lain, kamu akan melihatnya berwarna coklat susu.

Keren kan? Kapan berkesempatan untuk ke sini?

Gunung Cikuray

Mount Cikuray from Cisurupan

Gunung Cikuray memiliki ketinggian 2.818 Mdpl dan berada di Kabupaten Garut. Untuk mencapai Gunung Cikuray kamu bisa melalui Kota Garut. Kemudian melalui Desa Babakan Loak kamu mengarah ke Desa Cisumur, berlanjut ke Desa Mekarsari, dan sampai di titik awal pendakian yang merupakan stasiun pemancar TV.

Oh ya, jika ingin mendaki Gunung Cikuray, siapkanlah uang yang berlebih. Uang banyak, lah. Hahaha. Karena memang butuh uang yang tak sedikit untuk bisa mencapai Gunung Cikuray ini. Iya sih, letak gunung ini di kota besar. Tapi transportasi untuk mengantarkanmu sampai ke titik pendakian, minim. Atau transportasi-transportasi yang tersedia sejauh ini, mau enggak mau harus membengkakkan isi dompetmu. Kamu bisa memilih, antara menyewa mobil atau menggunakan jasa ojek, bebas.

Gunung Puntang

gunung Puntang

Di Gunung Puntang ini kamu bisa melakukan hiking, camping, maupun outbond. Gunung ini memiliki ketinggian 2.224 Mdpl dan terletak di daerah Pengalengan, Bandung. Butuh waktu 3 sampai 5 jam untuk mendaki gunung ini. Dari bumi perkemahan kamu bisa melihat tebing Gunung Puntang yang curam. Ada 2 pos registrasi di Gunung Puntang ini. Pos berbayar adalah melalui Pos Perhutani, dan kamu akan dikenai biaya masuk sekitar 5 ribu rupiah. Namun jika kamu menghendaki pos yang gratis, cobalah lewat Pos PGPI.

Gunung Ciremai

Mendaki Gunung Gede Ciremai

Gunung Ciremai memiliki ketinggian 3.078 Mdpl dan termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dan berada di wilayah tiga kabupaten: Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan serta Kabupaten Majalengka.

Untuk mencapai Gunung Ciremai, ada 3 jalur pendakian yang bisa dilalui. Sebagai pendaki, jika kamu mendambakan tantangan, silakan lewat Jalur Linggarjati. Ada jalur berat dan terjal yang siap menyambutmu. Namun jika tak menghendaki, kamu bisa melewati 2 jalur lainnya: jalur dari Majalengka dan jalur dari Palutungan.

Setibanya di Gunung Ciremai, kamu akan disambut oleh dua buah kawah: sebuah kawah beradius 400 meter, dan kawah tersebut terpotong oleh kawah kedua yang berada di timur dengan radius 600 meter. Selain itu, di Gunung Ciremai ini juga terdapat hasil letusan pada jaman dulu, yakni sebuah gowa bernama Gowa Walet.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.665 Mdpl dan berada di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Semula, Gunung Papandayan memiliki empat buah kawah besar, namun setelah letusan yang terjadi pada tahun 2002, keempat kawah tersebut bergabung menjadi sebuah kawah yang cukup besar.

Untuk mendaki ke sini, ada 2 pilihan. Jika kamu ingin jalan yang mudah, hanya butuh waktu 5 menit saja kok. Karena jalur jalan menuju ke gunung ini sudah beraspal mulus, dari bawah hingga ke dekat kawah gunung. Enak kan? Nah, itu kalau kamu pengen jalan yang mudah-mudah. Jalan yang enak-enak. Kalau mau jalan yang berproses, pakai jalur yang kedua aja. Cuma ya gitu, kamu setidaknya butuh waktu sekitar 6 jam. Gimana? Lanjut? Atau sampai di sini sudah menyerah? Kalau lanjut, kamu bisa melakukan trekking dari alun-alun Pondok Salada hingga ke puncak gunung.

Jadi, mau pilih yang mana?

Gunung Pangrango

Mendaki Gunung Gede Pangrango

Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3.019 Mdpl, dan dinobatkan sebagai gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Gunung Pangrango masih berada dalam satu kawasan Taman Nasioanal Gede Pangrango. Gunung ini berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta dan berada di 3 wilayah: Kabupaten Cianjur, Bogor, serta Sukabumi.

Gunung Gede

Mendaki Gunung Gede Gede

Gunung Gede memiliki ketinggian 2958 Mdpl dan bersebelahan dengan Gunung Pangrango. Jika ingin jalur yang mudah untuk menuju ke sini, kamu bisa lewat Jalur Cibodas dan jalur Gunung Putri. Karena akses melalui jalan tersebut cukup mudah, dan banyak penjual di sepanjang perjalanan. Jadi memudahkanmu jika ingin belanja perbekalan. Tapi kalau kamu ingin lewat jalan yang lebih susah, bisa melalui jalur Salabintana. Kalau lewat jalur Salabintana, akses transportasi susah, banyak lintah di jalan, dan medan berat serta berlumpur. Mau pilih mana? Hahaha.

Baik Gunung Pangrango maupun Gunung Gede merupakan gunung yang menjadi langganan para pendaki. Jadi, sebelum memutuskan untuk ke sini, pastikan kamu sudah booking 3 sampai 30 hari sebelumnya. Karena jumlah pendaki di 2 gunung tersebut dibatasi, demi meminimalkan kerusakan ekositem. Batasnya adalah: 300 pendaki bagi yang melalui jalur Cibodas, 200 pendaki yang melewati jalur Gunung Putri, dan 100 bagi yang melewati jalur Selabintana. Enggak bisa lebih.

Bagaimana, sudah siap mendaki 7 gunung keren di Jawa Barat di atas. Siapkan mental, fisik dan perbekalan dengan baik, ya!

No Responses

Add Comment