Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur

Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur
5 (100%) 3 votes

Indonesiaituindah.com – Tempat Wisata di Bali – Bali yang dijuluki sebagai Pulau Dewata merupakan destinasi wisata utama di Indonesia. Tidak hanya menarik wisatawan domestik, Bali pun sangat diminati oleh wisatawan asing. Beberapa kali, Bali bahkan disebut dalam film maupun serial produksi luar negeri yang membuktikan popularitasnya. Sebab itu, bahkan pada hari biasa pun Bali tetap ramai.

Destinasi Wisata Bali Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Demi mempertahankan minat wisatawan, Bali terus berinovasi dengan menghadirkan destinasi-destinasi wisata baru yang menawarkan hiburan berbeda. Namun, ada beberapa spot wisata di Bali yang sudah lama ada dan telah menjadi ikon Pulau Dewata tersebut yang tidak boleh sampai dilewatkan dalam kunjungan wisata. Tempat-tempat tersebut antara lain :

1. Tanah Lot

Destinasi wisata Bali yang sangat populer ini berada di Desa Beraban, Tabanan. Deskripsi dari Tanah Lot sebenarnya berupa sebuah tebing yang dikeramatkan. Sebab, di puncak tebing tersebut terdapat sebuah Pura atau tempat ibadah umat Hindu, keyakinan mayoritas penduduk Bali. Tempat tersebut tetap digunakan sebagai lokasi ritual sekaligus tempat wisata.

Di areal bawah tebing yang dikelilingi oleh lautan tersebut, terdapat seekor ular yang juga keramat dan dipercaya sebagai penjaga tebing. Ular itu tidak berkeliaran bebas, melainkan berada di dalam gua yang dijaga petugas. Diyakini, ular tersebut merupakan jelmaan dari selendang Dang Hyang Nirata, salah satu keturunan Brahmana Agung.

2. Pantai Kuta

Kawasan pantai yang berjarak hanya sembilan kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai ini merupakan pantai wisata utama dari sekian banyak pantai lain di Bali. Uniknya, meski sangat populer, wisatawan bebas mengunjungi Pantai Kuta kapan pun secara gratis. Sunrise dan sunset di Pantai Kuta sangatlah indah dan salah satu faktor popularitasnya.

Selain menikmati matahari terbit dan tenggelam, wisatawan juga dapat berjemur, berselancar, diving, snorkeling, bermain olahraga air seperti voli dan sepak bola pantai, atau dapat pula menjajal wahana permainan modern seperti banana boat, jet ski, dan juga terbaru adalah iron flying yang menawarkan sensasi terbang di permukaan air layaknya Iron Man.

3. Pasar Sukawati

Pasar tradisional yang satu ini merupakan destinasi wisata yang tepat bagi wisatawan domestik maupun asing yang ingin berburu oleh-oleh khas Bali. Tersedia berbagai kerajinan tangan khas Bali dengan beraneka macam rupa, mulai ornamen pajangan hingga kain Bali yang dikenal sangat lembut. Sebagaimana pasar tradisional pada umumnya, berlaku sistem tawar menawar.

Bagi wisatawan, harus pintar-pintar menawarkan harga karena biasanya pedagang membanderol harga yang sangat tinggi. Tetapi ada satu trik lagi untuk mendapatkan harga cindera mata murah, yakni dengan datang sepagi mungkin. Sebab, pedagang di sana percaya bahwa semakin pagi dagangan laku, semakin banyak pula rezeki yang akan didapatkan.

4. Monumen Bajra Sandhi

Di Lapangan Niti Mandala Renon, tepat di depan kantor Gubernur dan DPRD Bali, sejak lama telah berdiri Monumen Bajra Sandhi yang menggambarkan perjuangan warga Bali sejak zaman pra sejarah. Monument bergaya khas Bali tersebut merupakan bangunan tiga lantai yang terdiri dari museum, perpustakaan, dan gardu pandang.

5. Pura Besakih

Kawasan Pura terbesar di Bali, sekaligus juga di Indonesia ini berlokasi di Desa Besakih, Kabupaten Karangasem. Pada tahun 1995, kawasan ini dimasukkan dalam daftar warisan budaya UNESCO. Meski merupakan tempat ibadah, wisatawan umum tetap diizinkan mengeksplorasi Pura Besakih asal mematuhi peraturan yang ditetapkan.

Add Comment