Tempat Wisata di Jogja Sebagai Rekomendasi Liburan Anda

Tempat Wisata di Jogja – Apakah Anda sudah pernah berlibur ke Jogja? Biasanya banyak wisatawan yang datang ke Jogja untuk mendatangi Malioboro atau Candi Prambanan. Keduanya memang sangat populer sebagai tempat wisata di Jogja. Namun bagi Anda yang ingin mencoba untuk melakukan eksplorasi terhadap tempat-tempat wisata di Jogja, kami sudah siapkan daftarnya untuk Anda.

Kota Jogja sebenarnya dikenal terutama sebagai kota pelajar dan kota budaya. Di kota ini, terdapat banyak universitas, baik negeri maupun swasta, yang mahasiswanya tidak hanya berasal dari warga asli Jogja saja, namun berasal dari hampir seluruh wilayah Indonesia. Itu sebabnya Jogja sebenarnya juga kaya secara budaya, salah satunya karena banyaknya mahasiswa pendatang tersebut.

Banyaknya orang-orang yang datang ke Jogja pada gilirannya juga berdampak terhadap meningkatnya kunjungan wisata ke Jogja. Hampir setiap tahunnya jumlah wisatawan yang datang ke kota ini angkanya terus bertambah. Hal ini juga secara tidak langsung mendukung pengembangan dan peningkatan tempat-tempat wisata di kota pelajar ini.

Contents

10 Tempat Wisata di Jogja Rekomended

Nah bagi Anda yang ingin berlibur ke Jogja, Anda bisa melihat daftar tempat wisata berikut sebagai rekomendasi destinasi liburan Anda.

1. Gua Kidang Kencana

Tempat pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Gua Kidang Kencana. Berlokasi di Kabupaten Kulon Progo, dari Jogja kota gua ini berjarak sekitar 33 Km atau sekitar perjalanan satu jam mengendarai kendaraan bermotor. Kata Kidang Kencana sendiri adalah kata-kata dalam bahasa Jawa yang berarti rusa atau kijang kencana.

Nama: Gua Kidang Kencana
Lokasi: Dusun Sabrangkidul, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo
Tiket masuk: gratis
No. Telepon: 085292113991

2. Gua Kiskendo

Selain Gua Kidang Kencana, Gua Kiskendo adalah tempat yang perlu Anda datangi untuk berwisata sambil berpetualang. Gua Kiskendo sebenarnya juga dikeramatkan oleh masyarakat setempat karena menjadi tempat pertapaan para leluhur. Gua ini konon diyakini sebagai tempat tinggal Mahesa Sura dan Lembu Sura, dua tokoh utama dalam mitologi Agama Hindu.

Nama: Gua Kiskendo
Lokasi: Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo
Tiket masuk: gratis
Jam operasional: 09.00 sampai 17.00

3. Gua Rancang Kencono

Gua Rancang Kencono adalah destinasi wisata berikutnya bagi Anda penyuka petualangan menelusuri perut bumi. Sebagaimana 2 tempat sebelumnya, gua ini juga memiliki nilai historis yang cukup kuat. Pasalnya pada zaman dahulu gua ini menjadi markas tentara Mataram dalam menghadapi Belanda. Selain itu, gua ini juga diperkirakan telah ditempati oleh manusia sejak 3000 tahun yang lalu.

Nama: Gua Rancang Kencono
Lokasi: Mungguran II, Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul
Tiket masuk: 35.000 rupiah per pengunjung
Jam operasional: 08.00 sampai 16.00

4. Gumuk Pasir Parangkusumo

Apakah Anda pernah melihat hamparan pasir di sebuah gurun? Biasanya pemandangan ini jamak kita temui di Timur Tengah atau di benua Afrika. Namun Anda tidak perlu pergi jauh-jauh kesana. Di Jogja terdapat tempat wisata yang bernama Gumuk Pasir Parangkusumo jika Anda ingin menikmati wisata padang pasir.

Nama: Gumuk Pasir Parangkusumo
Lokasi: Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul
Tiket masuk: gratis
Jam operasional: 07.00 sampai 18.00
No. Telepon: 0895392825163

5. Gunung Gambar

Berbicara tentang tempat wisata bersejarah di Jogja, ada yang tidak boleh dilewatkan juga nih. Gunung Gambar namanya. Terletak di Gunungkidul, tempat wisata yang baru dibuka ini dulunya adalah tempat Raden Mas Said, menantu Pangeran Mangkubumi, mendapatkan wangsit dan mengatur siasat perangnya dalam menghadapi pasukan Belanda.

Nama: Gunung Gambar
Lokasi: Wonosari, Kampung, Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul
Tiket masuk: 3.000 rupiah per pengunjung
Jam operasional: 08.00 sampai 17.00

6. Gunung Ireng

Bagi Anda yang menyukai sunrise, gunung ini adalah tempat yang menawan untuk mendapatkan spot foto selfie menarik dengan latar belakang matahari terbit. Selain itu, pemandangan lautan kabut dan hamparan pegunungan juga menambah keindahan view yang bisa didapatkan dari puncak gunung ini yang bisa kita capai dengan berjalan kaki selama sekitar 5 menit.

Nama: Gunung Ireng
Lokasi: Ngrancahan, Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul
Tiket masuk: 3.000 rupiah per pengunjung
Jam operasional: 24 jam

7. Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran merupakan sebuah gunung berapi yang terbentuk pada masa purba, yakni sekitar 0,6 sampai 70 juta tahun yang lalu. Kata Nglanggeran sendiri adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti “melanggar”. Konon penamaan ini berasal dari orang-orang yang dibuang ke gunung ini karena telah melakukan pelanggaran. Gunung ini juga diyakini memiliki penjaga bernama Kiai Ongko Wijoyo.

Nama: Gunung Nglanggeran
Lokasi: Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul
Tiket masuk: 15.000 rupiah per pengunjung
Jam operasional: 24 jam
No Telp: 081802606050

8. Hutan Pinus Pengger

Apabila Anda ingin menikmati udara segar dan pemandangan sejuk pepohonan, Anda bisa datang ke Hutan Pinus Pengger. Tempat ini banyak didatangi oleh para pengunjung, terutama anak-anak muda, yang ingin menyaksikan panorama matahari terbenam atau sunset di sore hari. Selain itu, dari tempat ini pengunjung juga bisa melihat kerlap-kerlip lampu Kota Jogja di malam hari.

Nama: Hutan Pinus Pengger
Lokasi: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul
Tiket masuk: 3.000 rupiah per pengunjung
Jam operasional: 08.00 sampai 17.30
No Telp: 082135753988

9. Kalibiru

Selain Hutan Pinus Pengger, Anda juga bisa datang ke Kalibiru apabila Anda menyukai pemandangan pepohonan di hutan. Kalibiru sendiri merupakan kawasan hutan yang dilindungi oleh pemerintah. Dari puncak gunung ini, pengunjung dapat memandangi hamparan hutan yang luas. Selain itu, masyarakat lokal sekitar juga terkenal ramah dan santun sehingga menambah nyaman kunjungan kesana.

Nama: Kalibiru
Lokasi: Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo
Tiket masuk: 5.000 rupiah di hari biasa; 10.000 rupiah di akhir pekan
Jam operasional: 07.00 sampai 17.00
No Telp: 081392947249

10. Kaliurang

Terakhir ada taman bermain yang cocok untuk Anda dan keluarga, yakni Taman Wisata Kaliurang. Di tempat ini Anda bisa mencoba berbagai macam jenis outbound, yang salah satunya adalah flying fox. Udara di sekitar ini juga sejuk dengan pepohonan yang rindang.

Nama: Taman Wisata Kaliurang
Lokasi: Jl. Siaga, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman
Tiket masuk: 8.000 rupiah per pengunjung
Jam operasional: 08.00 sampai 16.00
No Telp: 085717354282

Wisata Candi Yogyakarta dan Sekitarnya

1. Candi Borobudur

Siapa tidak kenal dengan candi Borobudur? Ini merupakan salah satu candi paling popular di Indonesia bahkan menjadi salah satu warisan budaya di Indonesia. Untuk anda yang ingin berwisata dengan nuansa yang berbeda, candi Borobudur bisa menjadi pilihan terbaik. candi ini berlokasi di Jalan Badrawti, Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah.

Untuk anda yang ingin menikmati kemegahan dari candi ini, maka harus menyiapkan biaya tiket masuk mulai dari 25 ribu hingga 75 ribu atau tergantung dengan usia para wisatawan. Datanglah mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Di tempat inilah, anda akan dimanjakan dengan panorama alam yang sangat menajubkan dan tidak ternilai.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan menjadi salah satu candi Hindu terbesar dan termegah yang dibangun di jawa Kuno. Ini juga bisa menjadi alternatif lainnya jika anda ingin berwisata candi. Adapun lokasi dari tempat ini ada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta Nomor 16 Kranggan, Bokoharjo Kecamatan Prambanan. Nomor telefon 0274 496401.

Untuk anda yang ingin berwisata ke candi Prambanan, maka bisa langsung menyiapkan dana mulai dari 30 ribu hingga 40 ribu per orang dengan jam operasional mulai pagi hingga sore hari. Fasilitas yang ada di tempat inipun ternyata sudah tergolong lengkap.

3. Candi Mendut

Tempat wisata yang terletak di Jalan Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut-Mungkid tepatnya di kabupaten magelang/ nomor telefon: 0293 788564 inipun bisa menjadi altenatif wisata berikutnya bagi anda ketika sedang berada di Magelang. Lokasi dari Candi mendut inipun ternyata tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta sehingga sangat mudah ditemukan.

Para pengunjung bisa menyiapkan biaya tiket masuk sebesar 10 ribu per orang serta biaya parkir sebesar 2000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp5000 untuk mobil tempat wisata ini akan dibuka mulai pukul 7.00-19.00.

4. Candi Ratu Boko

Ini merupakan salah satu candi yang cukup legend dimana menjadi situs purbakala yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan kompleks candi Prambanan. Jika anda sedang berkunjung ke Candi Prambanan, sempatkan untuk mampir disini.

Lokasinya berada di Jalan Raya Piyungan-Prambanan Nomor 2, Gatak, Bokoharjo tepatnya di kecamatan Prambanan-Sleman. Pengunjung bisa datang mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore dengan membayar biaya tiket masuk sebesar 20 ribu-75 ribu. Nomor telefon 0274-496510

5. Candi Ijo

Anda juga bisa menikmati keindahan arsitektur dari Candi Ijo yang berlokasi di Kikis, Sambirejo, Prambanan, Sleman-Jogja ini. ini menjadi salah satu destinasi wisata lainnya yang ada di Jogja. Bangunan dari Candi ini sendiri terdiri dari 17 struktur bangunan dimana terbagi menjadi 11 teras berundak.

Untuk menikmati keindahannya, anda tidak perlu merogok kocek yang dalam. Pasalnya pengunjung hanya perlu mengeluarkan dana 5000-10.000 mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Di tempat inilah, kamu bisa menikmati panorama alam yang cukup cantik.

6. Candi Plaosan

Candi Plaosan ini menjadi candi berikutnya yang ada di kawasan Jogja. Candi ini sendiri sudah dibangun sejak abad ke 9. Dan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk keluarga maupun rekan-rekan.

Adapun lokasinya berada di Jalan Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Berada di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sangat murah yakni sebesar Rp3000 per orang dengan biaya parkir Rp2000 untuk motor dan Rp5000 untuk mobil pada pukul 9 pagi hingga 5 sore.

7. Candi Kalasan

Candi Kalasan merupakan candi umat Buddha dimana sudah berdiri sejak 778 Masehi. Candi inipun juga menjadi tujuan wisata bagi banyak orang ketika berada di Jogjakarta. Menurut prasasti Kalasan, Candi ini merupakan sebuah wihara dimana digunakan sebagai penghormatan terhadap Bodhisattva wanita.

Objek wisata ini berada di Jalan Raya Jogja-Solo, Suryatamajan, Danurejan, Glondong, Tirtomartani di Kalasan-Sleman. Para pengunjung yang menikmati keindahannya bisa menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp500 per orang dengan jam operasional 07.00-17.00.

8. Candi Pawon

Candi Pawon ini berada di kawasan Magelang dan menjadi salah satu jejak peninggalan pada era kerajaan Hindu dan Budha. Dulu, Negara ini sendiri dikuasai oleh kerajaan dimana kekuatannya cukup tersohor hingga seluruh penjuru. Dari seni bangunan, candi ini menggabungkan corak Hindu Jawa Kuno dan India.

Untuk anda yang tertarik, bisa langsung datang ke Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Magelang-Jateng. Jangan lupa menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000. datanglah ke tempat ini mulai pukul 9 pagi hingga 17.30 sore.

9. Candi Sambisari

Candi Sambisari Yogyakarta ini merupakan alternative wisata candi lainnya yang bisa anda pilih. Candi ini sendiri berada tidak jauh dari candi Prambanan. Bangunan yang sudah ada di abad ke-9 ini memang mempunyai daya tarik tersendiri terutama pada struktur bangunan yang dimiliki dimana halamannya dikelilingi oleh pagar batu.

Candi Sambirsari berada di Jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sambisari-Slemat. Pengunjung bisa datang ke tempat wisata ini mulai pukul 08.00-17.00 dengan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp5000 per orang. Di tempat inilah, para pengunjung juga bisa menemukan museum mini dimana menyimpan banyak informasi mengenai penemuan candi hingga penggalian bersejarah.

10. Candi Sari

Candi Sari merupakan candi yang sudah dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 ketika zaman kerajaan Mataram Kuno oleh pemerintahan Rakai Pikatan Penangkaran. Candi ini sendiri mempunyai fungsi sebagai biara tempat ibadah dimana mempunyai kemiripan dengan candi Kalasan.

Untuk bisa menikmati keindahannya, anda bisa langsung datang ke Dusun Bendan-Tirtamartani tepatnya di Kecamatan Kalasan-Slemat mulai pagi hingga sore hari. Jangan lupa siapkan biaya tiket masuk sebesar Rp5000 per orang dengan biaya masuk sebesar Rp3000 untuk parkir motor dan Rp5000 untuk parkir mobil.

11. Candi Barong

Masih mencari lokasi wisata candi di Jogja? Candi barong ini adalah pilihan yang terbaik. ini merupakan salah satu candi bercorak agama Hindu. Sesuai dengan namanya, anda akan menemukan bagian candi yang berbentuk seperti barong atau singa. Nama lain dari candi ini adalah Candi Sari Suragedug.

Lokasinya berada di Dusun Candisari-Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirego, Prambanan-Slemat. Datanglah kesini pada pukul 08.00-17.00 dengan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp5000. Lokasi di tempat wisata inipun sangat menajubkan.

12. Candi Kimpulan

Candi kimpulan merupakan candi yang berlokasi di halaman perpustakaan pusat UII. Bentuk dari candi ini sendiri cukup minimalis tetapi tidak banyak mengalami kerusakan dan konstruksinya cukup rinci. Keberadaan candi Kimpulan, ini sendiri menjadikan kompleks perpustakaan universitas Islam Indonesia menjadi lebih unik.

Para pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk jika ingin melihat tempat bangunan bersejarah ini. tetapi diharuskan buat mengisi buku tamu terlebih dahulu. adapun jam operasional dari tempat ini adalah mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Candi ini berada di Lodadi, Umbulmartani, Ngemplak-Slemat, Yogyakarta.

Tempat Wisata Yogyakarta Anti-Mainstream

1. azz Mben Senen

Untuk anda yang ingin berwisata ke Jogja dengan nuansa yang unik, Jazz Mben Senen ini dapat menjadi solusi yang paling recommended untuk anda. sesuai dengan namanya, anda pasti sudah bisa menebak seperti apakah gambaran dari destinasi satu ini. ini merupakan tempat wisata yang akan memanjakan telinga anda dengan alunan music jas.

Lokasi wisata ini berada di Bentara Budaya Yogyakarta yang terletak di kota Baru. Tiket masuk untuk menikmati sajian music jazz di tempat inipun juga sangat terjangkau. Anda bisa langsung datang pada Senin malam hari untuk menikmati sajian wisata yang satu ini. dijamin akan menemani waktu bersantai di malam hari anda.

2. Jemparingan

Yogyakarta memang dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia dimana memiliki berbagai macam budaya hingga kesenian tradisional didalamnya. Berbicara mengenai tempat wisata di Jogja, Jemparingan bisa menjadi salah satu referensi wisata anti-mainstream yang bisa anda coba.

Ini merupakan tempat wisata dimana akan mengajak anda untuk belajar bagaimana cara memanah yang benar dengan menggunakan pakaian adat jawa serta gaya mataram. Lokasinya berada di Royal Ambarrukmo dan dibuka setiap hari jumat sore mulai dari jam 3 hingga 5 sore. Siapkan dana sekitar kurang lebih 200 ribuan untuk menikmati wisata satu ini.

3. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta menjadi destinasi favorit bagi siapapun yang datang ke kota ini. rasanya memang kurang lengkap jika sudah sampai di Jogja tetapi tidak mengunjungi keraton ini. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini berlokasi di Jalan Rotowijayan Blok No 1 Panembahan Keraton Yogyakarta.

Untuk bisa menikmati keindahan dari keraton, para pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp8000 dengan jam operasional mulai pukul 8 pagi hingga 2 siang. Hubungi 0274 373721 buat memperoleh info lebih lengkap.

4. Ramayana Ballet

Ramayana Ballet menjadi salah satu tempat seni pertunjukan wisata di Jogja dimana akan mengisahkan tentang cinta sejati rama dan Shinta. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang menyukai kegiatan seni. Lokasinya tidak jauh dari pusat perkotaan.

Yakni berada di Purawwisata, Kawasan Mandira Baruga, Jalan Brigjen Katamso Keparakan tepatnya di Kecamatan Mergangsan. Untuk menikmati wisata ini sendiri lumayan mahal yakni sekitar Rp 600 ribu per orang. Untuk bisa menikmati wisata ini, bisa datang setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu mulai dari pukul 19.30 hingga 21.30.

5. Rumah Seni Cemeti

Bagi pecinta karya seni, Rumah Seni Cemeti seakan menjadi rumah terbaik bagi penikmat seni. Lokasinya berada di Jalan Di panjaitan Nomor 41 tepatnya di Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Disinilah anda bisa menikmati berbagai macam karya seni kontemporere dari Nindityo Adipurnomo dan Mella Jaarsma.

Untuk bisa menikmati karya seni di tempat ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sepeserpun. Selain itu, datanglah ke tempat ini pada hari selasa hingga sabtu mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Hubungi 0274 371 015 buat memperoleh info lebih lanjut.

6. Sendratari Sugriwa Subali

Legenda mengenai Sugriwo Subali dipentaskan dalam bentuk sendratari dimana berlokasi di Gua Kiskendo Kulon Progo. Wisata seni inipun ternyata menjadi wisata yang paling banyak digemari oleh para wisatawan.

Untuk bisa menikmati tempat wisata yang satu ini, anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah saja. Acara ini biasanya digelar pada hari minggu tepatnya di minggu ketiga setiap bulan mulai dari pukul 10 pagi.

7. Museum Sonobudoyo

Masih ada lagi tempat wisata di Yogyakarta yang anti-mainstream. Jika anda bosan dengan wisata pantai di Jogja, Museum Sonobudoyo bisa menjadi pilihan terbaik. ini merupakan tempat wisata dimana berisi barang-barang anti terlengkap yang bisa anda nikmati.

Untuk lokasinya berada di alun-alun utara Jogja tepatnya di Jalan Pangurakan Nomor 6 Ngupasan Gondomanan. Untuk biaya tiket masuk di tempat inipun ternyata juga sangat terjangkau yakni hanya sekitar 5000 rupiah per orang dengan jam operasional pukul 8 pagi hingga setengah 4 sore./ nomor telefon 0274 385664.

8. Taman Tino Sidin

Bagi anda yang ingin menikmati atau mengenal memorabilia Tino Sidin, Taman Wisata Tino Sidin yang berada di Jalan Tino Sidin 297, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan Bantul. Didalam museum ini berisi berbagai macam koleksi foto, kliping media massa, surat-surat pribadi hingga penghargaan yang diterima oleh Tino Sidin.

Desain rumahnya sendiri masih mempertahankan desain rumah asi Tino Sidin. Untuk bisa menikmati koleksi yang ada di tempat ini, anda tidak perlu mengeluarkan dana sedikitpun. Taman ini akan dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore. Nomor telefon 0812-1530-1188.

9. Pertunjukan Wayang Kulit

Wayang kulit menjadi salah satu kesenian tradisional yang sangat popular di Jogja. Untuk bisa menikmati wisata wayang kulit ini bisa langsung datang ke Museum Sonobudoyo dimana berlokasi di Jalan Pangurakan, Ngupasan.

Acaranya digelar setiap hari Senin-Sabtu dengan tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang. Untuk jam operasional dari acara ini akan dimulai dari pukul 8-10 malam. Anda bisa menikmati pagelaran wayang kulit hingga 2 jam.

10. Wisata Bintaran Kebon Empring

Ini merupakan wisata alam dan kuliner dengan nuansa tradisional dimana menjadi pilihan bagi banyak keluarga ketika sedang berada di Jogja. Untuk bisa menikmati tempat wisata ini, anda tidak perlu khawatir karena lokasi dekat dengan kota Jogja tepatnya di desa Bintaran Wetan, Piyungan Bantul.

Disinilah nuansa yang tradisional akan anda rasakan. Untuk bisa menikmati tempat wisata satu ini, para pengunjung bisa datang setiap hari mulai dari pukul 6 pagi hingga 6 sore. Anda hanya perlu membayar sukarela untuk menikmati tempat wisata ini. nomor telefon : 0896-0401-6936.

11. Gereja Ganjuran

Bagi anda umat katholik yang sedang berada di Jogja, anda bisa langsung menikmati wisata religi di Gereja Ganjuran ini. wisata religi yang satu ini memang sangat unik dan berbeda. hal tersebut bukan tanpa alasan karena arsitektur gereja disini sangat unik yakni berupa candi.

Untuk peziarah yang ingin berwisata kesini, maka bisa datang setiap hari. Hanya saja, waktu terbaik untuk datang kesini adalah pada pagi hari. Tidak ada biaya masuk untuk berwisata kesini. Disamping itu, tidak ada larangan buat umat non katolik atau kristiani apabila ingin berkunjung ke wisata ini. nomor telefon 0274 367154.

12. Gua Jepang Parangtritis

Gua peninggalan Jepang ini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang sedang popular belakangan ini. salah satu daya tarik didalamnya adalah karena adanya fenomena sunset yang sangat cantik. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Seloharjo tepatnya di Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul.

Tempat wisata ini akan dibuka secara umum selama 24 jam dan para pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk didalamnya. Ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan ketika berada di gua Jepang parangtritis ini seperti menyusuri gua hingga berburu foto.

Tempat Wisata Pantai di Yogyakarta

1. Pantai Indrayanti

Sejak dibuka pada tahun 2009, sampai saat ini Pantai Indrayanti sudah menjadi tempat yang wajib dikunjungi apabila sedang liburan di Yogyakarta. Pantai yang berlokasi di Tepus, Gunung Kidul ini dapat dikunjungi kapan saja selama 24 jam. Yang jelas, pastikan bahwa cuaca sedang cerah jika ingin datang ke pantai ini untuk menikmati pemandangan yang luar biasa indah.

Nama sebenarnya pantai ini adalah Pantai Pulang Syawal. Indrayanti hanyalah merupakan gabungan nama sepasang suami istri yang memiliki restoran di area pantai tersebut. Untuk masuk kawasan pantai ini juga sangat murah, yakni hanya Rp10.000,00 saja per orang. Dengan biaya tersebut, pengunjung sudah bisa menikmati indahnya pasir dan karang di tepi laut yang sangat menawan. Untuk informasi lebih jelas, Anda bisa menghubungi nomor telepon 0817 279 545.

2. Pantai Parangtritis

Bisa dikatakan Pantai Parangtritis adalah salah satu wisata pantai paling populer di Yogyakarta. Pantai yang erat kaitannya dengan mitos Nyi Roro Kidul ini berlokasi di Jalan Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti Pantai Indrayanti, pengunjung bisa datang ke pantai kapan saja. Bahkan, tidak sedikit orang yang sengaja datang ke pantai malam-malam dan menginap untuk merasakan pagi hari di pantai.

Harga tiket masuk Pantai Parangtritis tidak terlalu mahal, yakni hanya Rp10.000,00 untuk setiap orang. Di Pantai Parangtritis, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas dan spot menarik, antara lain pemandian air hangat, penyewaan payung, ATV, paralayang, jasa sewa kuda, atau sekadar membeli jajanan-jajanan ringan untuk menemani menikmati pemandangan laut yang indah.

3. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan termasuk salah satu pantai di Yogyakarta yang memiliki ombak relatif tenang. Jadi, pengunjung bisa bermain air di pinggir pantai dengan tenang. Ombak yang tenang ini disebabkan karena adanya penghalang alami untuk memecah ombak berupa gili dan gugusan karang. Pengunjung bisa datang ke pantai yang berlokasi di Pule Gundes II, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta ini kapan saja.

Untuk tiket masuk, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp10.000,00 saja. Selain sebagai tempat wisata, pantai ini juga kerap dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan spiritual. Nama Sadranan berasal dari kata “Nyadran” yang merupakan ritual bersedekah kepada laut sebagai rasa syukur kepada Sang Pencipta atas segala rezeki yang diberikan kepada masyarakat berupa tangkapan laut yang banyak.

4. Pantai Baron

Di antara pantai-pantai indah di Yogyakarta, Pantai Baron merupakan salah satu pantai klasik yang wajib dikunjungi. Pada awalnya, pantai ini memang terlihat biasa saja dan kurang menarik. Namun, berkat pengelolaan yang baik dari pemerintah beserta masyarakat sekitar, saat ini Pantai Baron bertransformasi menjadi salah satu pantai terindah di Indonesia.

Pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas seperti mercusuar, jam matahari, dan berbagai kuliner lezat. Pantai ini berlokasi di Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk masuk ke Pantai Baron, pengunjung cukup merogoh kocek Rp10.000,00 saja dan langsung bisa menikmati keindahan pantai yang menakjubkan.

5. Pantai Drini

Pantai Drini terletak di Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak salah jika pantai ini mendapatkan julukan Pantai Perawan karena kondisinya yang masih bersih dan sejuk. Jika Anda menyukai pantai yang masih bersifat alami dan belum terlalu tergusur oleh suasana modern, tempat ini sepertinya tidak boleh untuk dilewatkan.

Dengan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000,00, pengunjung sudah bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai seperti berfoto, memancing, berjemur, berenang, atau menyelam. Di pantai ini juga terdapat berbagai permainan menarik seperti kano, snorkeling, dan surfing.

6. Pantai Nglambor

Satu lagi pantai indah di Yogyakarta yang memiliki ombak yang tenang. Pantai yang berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul ini diapit oleh dua pantai terkenal lainnya, yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan. Karena kondisi pantai yang masih asri dan ombaknya yang tenang, pantai ini mempunyai spot khusus jika pengunjung ingin melakukan snorkeling di air yang tenang.

Spot snorkeling berada di antara gugusan batu karang. Karena terhalang batu karang ini, ombak akan terpecah sebelum sampai ke pesisir. Walaupun begitu, tim rescue tetap siaga berjaga-jaga untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Dengan berbagai fasilitas yang ada, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk Rp10.000,00 saja.

7. Pantai Pok Tunggal

Gunung Kidul sepertinya tidak henti-henti menawarkan pantai-pantai yang indah dan mempesona, salah satunya adalah Pantai Pok Tunggal. Pantai ini beralamat di Jalan Pok Tunggal, Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk masuk ke pantai ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan Rp10.000,00 saja dan bisa datang kapan saja selama 24 jam.

Ciri khas dari pantai ini adalah bentuknya yang memanjang dan sempit. Selain itu, Pantai Pok Tunggal juga dikelilingi batu karang dan bukit kapur sehingga pemandangannya menjadi lebih eksotis. Di Pantai Pok Tunggal, pengunjung bisa menikmati bermain ombak dengan tenang, menikmati payung warna-warni, mencari spot foto yang indah, melihat pemandangan sunset, dan masih banyak lagi.

8. Pantai Glagah

Dari Kabupaten Gunung Kidul, kini beralih ke Kabupaten Kulon Progo. Salah satu ciri khas dari Pantai Glagah adalah adanya ratusan pemecah ombak yang berbentuk tetrapod. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot berfoto. Fasilitas di pantai ini juga sudah sangat lengkap seperti tempat ibadah, warung makan, kamar mandi, kolam anak, dan lain-lain.

Untuk berkunjung ke pantai yang berlokasi di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini, pengunjung cukup membayar Rp5.000,00 saja untuk tiket masuk dan tambahan biaya parkir. Dengan harga tersebut, pengunjung bisa menikmati berbagai kegiatan menarik seperti bermain ombak, menyewa ATV, naik sampan, wisata kuliner, dan bermain di kolam.

9. Pantai Krakal

Pantai ini terletak di Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan biaya masuk Rp4.000,00 saja, pengunjung sudah bisa menikmati berbagai fasilitas dan pemandangan menarik di kawasan pantai. Salah satu keunggulan dari Pantai Krakal adalah memiliki berbagai spot surfing yang sangat terkenal, bahkan termasuk salah satu yang terbaik di kawasan pantai selatan di Yogyakarta.

Pengunjung bisa datang ke pantai ini mulai dari pukul 09.00—17.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi nomor 0313 2656 7422.

10. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo memiliki bentuk yang sempit dan memanjang. Tidak terlalu banyak lahan pasir yang dimiliki. Di bibir pantai lebih didominasi oleh gugusan batu karang. Inilah yang menyebabkan sebagian orang menganggap pantai ini kurang bagus untuk dikunjungi. Padahal, kenyataannya sebaliknya. Semua itu justru menjadi daya tarik pantai yang berlokasi di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta ini.

Untuk menikmati semua pemandangan di pantai ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang Rp5.000,00 saja. Selain itu, tempat ini dapat dikunjungi kapan saja selama 24 jam. Pengunjung dapat menikmati indahnya panorama laut di hari yang cerah, melihat hamparan batu karang yang masih alami, dan mendirikan tenda di sepanjang pantai.

11. Pantai Sepanjang

Terakhir adalah Pantai Sepanjang. Pantai ini terletak di Jalan Sepanjang, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul. Karena keindahannya, beberapa orang menyebut bahwa Pantai Sepanjang adalah “Kuta”-nya Yogyakarta. Untuk masuk ke pantai ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp10.000,00 saja. Dengan biaya tersebut, panorama pemandangan pantai yang indah sudah bisa dinikmati.

Daftar Tempat Wisata yang Menarik di Jogja

1. Gunung Merapi

Wisata di Gunung Merapi tidak lengkap jika Anda hanya berwisata saja. Anda wajib membawa kamera untuk mengabadikan keindahan di sana. Apalagi jika Anda bertujuan untuk mencari sunrise ataupun sunset, pastinya momen seperti itu harus diabadikan lewat jepretan kamera. Saat berwisata ke Merapi, terdapat spot yang wajib Anda kunjungi seperti kalikuning, kaliadem, dan pastinya kaliurang.

Harga tiket masuk ke kawasan wisata Gunung Merapi sangat bervariasi mulai dari Rp. 5000 sampai dengan Rp 50.000, tergantung Anda ingin menuju kawasan yang mana. Dengan harga tiket seperti itu, Anda sudah dapat merasakan berbagai macam fasilitas menarik dan pemandangan yang sangat indah pastinya.

2. Pemandian Tirta Budi

Pemandian Tirta Budi atau blue lagoon sangat cocok bagi Anda yang mencari tempat wisata yang bernuansa alam. Tempat wisata ini berada di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Keindahan dan pesona tempat ini begitu mengagumkan sehingga sering dibandingkan dengan pemandian serupa yang ada di Islandia. Di sini, Anda dapat bermain air atau berendam sambil menikmati pemandangan yang sangat alami.

Selain berendam, Anda juga dapat menikmati hal lain di sini seperti bendungan, terapi pijat, dan juga tebing backflip. Pemandian Tirta budi mulai beroperasi dari jam 06.00 WIB sampai dengan jam 17.00 WIB. Untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda cukup membayar tiket sebesar Rp 10.000 saja.

3. Puncak Becici

Wista Puncak Becici terletak di Gunung Cilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, DIY. Tempat ini memiliki panorama alam yang sangat indah dengan adanya pohon pinus dan pemandangan dari puncak bukit. Di sini, Anda dapat mengambil foto dengan background keindahan alam yang menakjubkan. Di Puncak Becici terdapat banyak spot foto yang dapat digunakan untuk mengambil foto.

Harga tiket masuk ke Puncak Becici dapat dikatakan bervariasi mulai dari Rp 2000 sampai dengan Rp 5000 rupiah saja. Jika Anda ingin berkunjung ke Puncak Becici, tempat ini buka mulai pukul 05.00 sampai 19.00 WIB.

4. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan salah satu bukit di Yogyakarta yang memiliki panorama dan pemandangan alam yang indah. Lokasi Puncak Suroloyo ini ada di Desa Keceme, Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, DIY. Untuk dapat menikmati wisata alam Puncak Suroloyo yang indah ini, Anda cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp 5000 saja. Tempat wisata Puncak Suroloyo dibuka untuk umum 24 jam setiap hari. Selain keindahannya, tempat ini juga sering dijadikan tempat untuk berkemah.

5. Selokan Mataram

Bagi Anda yang hidup di kota, berwisata ke sepanjang Selokan Mataram dapat memberikan Anda petualangan kecil yang mengesankan. Di sepanjang jalan selokan Anda akan diberikan pemandangan sawah hijau yang menyejukkan khas suasana pedesaan yang asri. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengagumi keindahan desain selokan dan juga keindahan terowongan di bawah Kali Krasak.

Untuk dapat berwisata di sepanjang selokan ini, Anda tidak dipungut biaya masuk. Selain itu, Anda dapat datang ke sana kapan saja. Yang jelas, Anda membutuhkan kendaraan seperti sepeda gunung untuk mengarungi jalan sepanjang Selokan Mataram.

6. Air Terjun Sri Gethuk

Destinasi wisata Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu objek wisata di Yogyakarta yang menyajikan pemandangan air terjun yang cantik. Air terjun ini terletak di Menggoran, Bleberan, Playen, Gunung Kidul, DIY. Untuk urusan tiket masuk, Anda tidak perlu khawatir. Anda cukup siapkan uang sebanyak Rp 15.000 saja untuk dapat menikmati keindahan Sri Gethuk.

Jam operasional dari Air Terjun Sri Gethuk mulai dari jam 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Di area wisata Air Terjun Sri Gethuk juga memiliki berbagai fasilitas yang dapat Anda nikmati seperti Mushola, penyewaan ban pelampung, penitipan barang, toilet umum, parkir luas, dan juga penyewaan rakit.

7. Taman Sungai Mudal

Wisata Taman Sungai Mudal merupakan wisata pemandian yang memiliki warna air biru jernih. Air pemandian tersebut berasal dari mata air Mudah yang ada di lokasi wisata sendiri. Keindahan pemandangan di Sungai Mudal ini sangat cocok untuk diabadikan melalui foto. Anda dapat berenang, main air, berfoto ria, dan menikmati fasilitas lainnya.

Bagi Anda yang ingin datang ke Sungai Mudal, langsung saja cari lokasinya di Banynganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, DIY. Untuk masuk ke lokasi wisata, Anda hanya dibebankan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000 rupiah saja. Untuk jam operasionalnya, Anda dapat kunjungi tempat ini pada jam 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB.

8. Waduk Sermo

Waduk Sermo merupakan danau buatan yang memiliki air berwarna hijau jernih. Di sekelilingnya terdapat banyak pepohonan rimbun yang membuat pemandangan menjadi lebih asri dan sejuk. Apalagi dengan adanya rumput yang menyelimuti permukaan tanah di sekitar waduk membuat keindahannya semakin bertambah lagi.

Waduk Sermo ini terletak di Sermo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, DIY. Untuk masuk ke lokasi, Anda harus membayar tiket masuk sekitar Rp 5000 sampai dengan Rp 15.000 saja. Tempat wisata ini mulai buka sejak pukul 07.00 sampai dengan jam 17.00 WIB.

9. Hutan Wanagama

Hutan Wanagama sangat cocok untuk Anda yang ingin mengisi liburan bernuansa alam di Yogyakarta. Di tempat ini, pengunjung akan diberikan suguhan pemandangan alam yang begitu indah dan menyejukkan. Di Wanagama, Anda dapat menemukan berbagai macam jenis tumbuhan dan juga fauna seperti unggas, kera, dan hewan reptil.

Hutan Wanagama ini terletak di Banaran, Playen, Gunung Kidul, DIY. Untuk masuk ke dalam Wanagama, Anda diharuskan membayar harga tiket sebesar Rp 5000 saja per orang. Anda dapat mengunjungi tempat wisata ini mulai dari jam 07.00 sampai dengan jam 16.00 WIB.

10. Museum Affandi

Museum Affandi adalah salah satu museum di Yogyakarta yang berisi berbagai macam karya-karya lukisan dari Affandi. Di sana terdapat sekitar 300 karya yang dapat pengunjung nikmati. Wisata ini sangat cocok untuk Anda yang gemar mengagumi keindahan seni terutama seni lukis. Selain memajang karya Affandi, di lokasi tersebut juga ada studio belajar murid Affandi dan juga ada rumah miliki Affandi.

Museum Affandi ini terletak di Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY. Sementara untuk tiket masuk, harga yang diberikan bervariasi mulai dari Rp 10.000 sampai dengan Rp 50.000 untuk wisatawan asing. Anda dapat mengunjungi museum ini pada hari senin sampai sabtu mulai jam 09.00 WIB sampai jam 16.00 WIB.

11. Festival Kesenian Yogyakarta

Festival Kesenian Yogyakarta atau dikenal dengan FKY merupakan sebuah acara seni budaya di Yogyakarta yang diadakan setiap tahun di bulan Juni sampai dengan Juli. Acara ini biasanya menampilkan beberapa kategori seperti atraksi budaya, hiburan keluarga, dan juga berbagai pertunjukan kesenian. Tempat dan tema dari penyelenggaraan FKY setiap tahun juga berbeda-beda.

12. Pertunjukan Gamelan

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan keindahan alam saja tetapi juga keseniannya. Salah satu kesenian khas dari Yogyakarta adalah Gamelan. Pertunjukan gamelan pada umumnya dilakukan untuk pendamping seni tari, wayang kulit, ataupun ketoprak. Namun, pertunjukan Gamelan juga dapat digelar sendiri dipadukan dengan suara sinden atau waranggana.

Pertunjukan Gamelan ini dapat Anda nikmati di Kraton Yogyakarta secara langsung. Waktu pertunjukan Gamelan ini dapat dinikmati pengunjung setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. Untuk dapat masuk ke Kraton dan menikmati pertunjukan gamelan tersebut Anda cukup bayar Rp 7000 untuk wisatawan lokal dan Rp 12.500 untuk wisatawan asing.

Wisata Pantai di Yogyakarta

Meskipun lebih dikenal dengan wisata budaya, ternyata Yogyakarta juga menyimpan potensi wisata alam yang menarik terutama pantai. Tidak kurang ada ratusan pantai yang berada di daerah tersebut. namun, hanya beberapa diantaranya yang sering dijadikan sebagai objek wisata. Jika kalian tertarik untuk kesana, berikut beberapa contohnya.

1. Pantai Ngrenehan

Sebenarnya, tempat ini merupakan pantai nelayan. Oleh sebab itu, kalian jangan heran dengan banyaknya kapal nelayan yang berlabuh di tepi pantai. Meskipun cukup ramai, tapi pantai ini bisa dikatakan cukup nyaman serta memiliki pemandangan indah nan klasik khas pantai tropis.

Kalian bisa melihat deretan tebing tinggi di tepi pantai, pasir putih yang indah, pepohonan hijau yang tumbuh di sekeliling pantai serta tebing serta kumpulan batu karang yang membentuk sebuah teluk. Fasilitas disana juga sangat lengkap karena sudah ada warung makan, tempat parkir, mushola, pelelangan ikan bahkan tempat camping untuk pengunjung.

Nama : Pantai Ngrenehan
Lokasi : Desa kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Tiket masuk : Rp5.000,00 per orang serta biaya parkir sebesar Rp3.000,00 untuk sepeda motor, Rp5.000,00 untuk mobil, Rp15.000,00 untuk bus sedang serta Rp Rp20.000,00 untuk bus besar
Jam operasional : Setiap hari, 24 jam

2. Pantai Jogan

Pantai ini dikenal karena memiliki pemandangan yang langka di dunia yaitu sebuah air terjun yang berada di bibir pantai. Air terjun tersebut cukup tinggi yaitu sekitar 10 meter. Airnya sangat jernih karena berasal dari pegunungan dan langsung mengalir ke laut lepas.

Sayangnya, meski memiliki pemandangan langka nama pantai ini kurang begitu populer di wisatawan baik lokal maupun asing. Hal ini kerap disebabkan cara untuk melihat air terjun tersebut yang dirasa sulit. Pengunjung harus menuruni tebing atau menuruni tangga yang licin sehingga tidak semua orang mau melakukannya.

Nama : Pantai Jogan
Lokasi : Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket masuk : Rp10.000,00 per orang serta biaya parkir sebesar Rp3.000,00 untuk sepeda motor, Rp5.000,00 untuk mobil, Rp20.000,00 untuk bus.
Jam operasional : Setiap hari, 24 jam

3. Pantai Sundak

Pantai ini merupakan salah satu pantai paling banyak dikunjungi. Pemandangannya sangat indah dengan air yang masih bersih serta pasir putih yang lembut. Selain itu, tempat ini dikenal dengan batu karang yang memiliki goa serta tebing kapur yang tinggi. Pemandangan dari atas tebing dikenal indah sehingga sering dijadikan tempat selfie.

Sayangnya, ombak tempat ini lumayan ganas sehingga kalian harus berhati-hati jika ingin berenang. Jika tidak, maka kalian bisa menggunakan berbagai fasilitas seperti gazebo, kamar ganti, kamar kecil serta mushola yang ada.

Nama : Pantai Sundak
Lokasi : Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket masuk : Rp5.000,00 per orang saat weekday dan Rp6.000,00 saat weekend. Biaya sewa gazebo sekitar Rp 20.000,00. Parkir sekitar Rp2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.
Jam operasional : Setiap hari, 24 jam

4. Pantai Wohkudu

Pantai ini lumayan populer sehingga cukup banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak seperti pantai lainnya, tempat ini bisa dikatakan masih asri dan terjaga sehingga sangat cocok dijadikan tempat menikmati matahari tenggelam. Meskipun areanya tidak terlalu luas tapi tempat ini memiliki pasir putih serta rumput hijau yang masih alami.

Nama : Pantai Wohkudu
Lokasi : Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Wiloso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893
Tiket masuk : Rp3.000,00 per orang serta biaya parkir sebesar Rp3.000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.
Jam operasional : Setiap hari, 24 jam

5. Pantai Kesirat

Berbeda dengan pantai lain yang biasanya memiliki pasir putih, tempat ini justru tidak memiliki pasir melainkan tebing batu yang memiliki struktur mengagumkan. Saking indahnya pemandangan pantai tersebut, tempat ini sering direkomendasikan untuk melihat matahari tenggelam bersama pasangan.

Sayangnya, karena tempat ini lumayan tersembunyi maka fasilitasnya juga masih minim. Ada beberapa rumah makan yang berdiri, tempat memancing serta tempat camping yang bisa digunakan pengunjung.

Nama : Pantai Kesirat
Lokasi : Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872
Tiket masuk : Rp5.000,00 per orang serta biaya parkir sebesar Rp2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil
Jam operasional : Setiap hari, 24 jam

6. Pantai Sadeng

Bagi kalian yang hobi memancing maka pantai ini perlu masuk dalam daftar kunjungan ketika berkunjung ke Gunung Kidul. Sebab, selain dikenal dengan nelayan yang berlabuh, kalian juga bisa ikut memancing serta membeli ikan di pelelangan. Fasilitasnya juga lengkap yaitu ada rumah makan,kamar mandi bahkan penginapan.

Tempat ini juga cukup unik karena dikenal sebagai salah satu muara sungai Bengawan Solo purba yang masih tersisa. Selain itu, tempat ini juga memiliki telaga dengan 2 buah perbukitan kapur yang saat ini ditanami palawija oleh penduduk setempat.

Nama : Pantai Sadeng
Lokasi : Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883
Tiket masuk : Rp5.000,00 per orang serta biaya parkir sebesar Rp3.000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil
Jam operasional : Setiap hari, 24 jam

7. Pantai Baru

Pantai ini lumayan populer di sosial media. Tempat ini dikenal memiliki kincir angin, kolam air tawar di pesisir pantai serta tempat piknik yang asyik di bawah pohon cemara. Meski belum terlalu banyak dikunjungi, pantai ini sudah memiliki fasilitas yang lumayan lengkap seperti warung makan, penyewaan tikar hingga sewa kendaraan APV.

Nama : Pantai Baru
Lokasi : Ngentak, Poncosari, Kec. Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55762
Tiket masuk : Rp4.000,00 per orang serta biaya parkir sebesar Rp3.000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil
Jam operasional : Setiap hari, 24 jam

8. Pantai Parangkusumo

Pantai ini sangat lekat dengan cerita-cerita legenda dan mistik karena tempat ini dianggap keramat oleh warga sekitar. Hal ini dikarenakan tempat ini dikenal sebagai tempat bertemunya Ratu Kidul dengan Panembahan Senopati sehingga saat ini salah satu tempat di sana yaitu Batu Cinta disebut-sebut bisa mengabulkan permintaan apapun.

Nama : Pantai Parangkusumo
Lokasi : Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772
Tiket masuk : Rp3.000,00 per orang serta biaya parkir sebesar Rp2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil
Jam operasional : Setiap hari, 24 jam

9. Pantai Depok

Pantai ini dikenal dengan pasir hitamnya yang halus dan memukau. Selain itu, tempat ini juga sangat dikenal dengan wisata kuliner seafood yang lezat. Hal ini dikarenakan tempat ini dekat dengan pusat pelelangan ikan sehingga pengunjung bisa membeli seafood segar secara langsung. sehingga cocok jika kalian datang bersama rombongan.

Nama : Pantai Depok
Lokasi : Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket masuk : Rp10.000,00 per orang serta biaya parkir sebesar Rp2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil
Jam operasional : Setiap hari, 24 jam

10. Pantai Ngungap

Pantai ini sangat jarang diketahui oleh wisatawan karena sulit dijangkau. Pantai ini juga dikenal sebagai tempat dengan nuansa mistik sekaligus eksotis. Berbeda dengan pantai lainnya, tempat ini tidak memiliki pasir namun berbatasan langsung dengan samudra Hindia. Tempatnya juga masih sangat asri dan sunyi sehingga cocok bagi kalian yang menyukai ketenangan.

Nama : Pantai Ngungap
Lokasi : Wonotoro, Pucung, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883
Tiket masuk : Gratis
Jam operasional : Setiap hari, 24 jam

11. Pantai Siung

Pantai Siung merupakan salah satu pantai yang ada di kota Yogyakarta. Meskipun kurang dikenal secara luas tapi tempat ini merupakan salah satu pantai paling indah di kota tersebut. Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dengan pasir putih yang luas serta berbagai tanaman pandan yang tumbuh di pinggir pantai.

Meskipun tidak seterkenal pantai Parangtritis, tapi tempat ini bisa dikatakan sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Terdapat rumah makan untuk pengunjung yang ingin mengisi perut, penginapan, pendopo, mushola, kamar mandi serta tempat parkir yang luas.

Nama : Pantai Siung
Lokasi : Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket masuk : Rp 10.000,00 per orang serta biaya parkir sebesar Rp2.000,00 untuk sepeda motor, Rp5.000,00 untuk mobil serta Rp10.000,00 untuk bus
Jam operasional : Setiap hari, 24 jam

Tempat Wisata Susah Dilupakan di Jogja

1. Gua Maria Tritis

Gua Maria Tritis adalah tempat favorit ziarah untuk umat Katolik yang berada di Yogyakarta. Bagi para umat Katolik yang ingin mendapatkan ketenangan saat berdoa, tempat ini sangat wajib untuk dikunjungi. Berbeda dengan Gua Maria di tempat lain, Gua Maria Tritis adalah gua alami dan pada awalnya terdapat stalagtit dan stalagmit di dalamnya.

Wisata ini berlokasi di Jalan Goa Maria Tritis, Giring, Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena merupakan tempat ziarah, tidak ada biaya untuk tiket masuk dan bisa dikunjungi setiap pagi hingga sore hari. Pengunjung hanya perlu membayar parkir saja, yakni Rp2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

2. Kampung Kauman

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Yogyakarta tidak berkunjung ke Kampung Kauman Yogyakarta. Kampung ini berada di Jalan Kauman, Alun-Alun Keraton, Ngupasan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kampung Kauman adalah tempat pertama kali organisasi Muhammadiyah didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan hingga saat ini sudah menjadi salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia.

Selain unik dan bernuansa sangat religius, di tempat ini pengunjung bisa mendatangi berbagai tempat wisata gratis di lokasi sekitar seperti Masjid Kauman, Pengulon, Langgar K.H. Ahmad Dahlan, Pasar Sore Ramadhan, dan lain-lain. Tempat ini bisa dikunjungi kapan saja tanpa harus dikenakan biaya masuk.

3. Kotabaru

Tempat ini berlokasi di Jalan Kotabaru Yogyakarta. Di kawasan ini, pengunjung akan merasakan berada di masa-masa kolonial Belanda. Hal ini karena masih banyak bangunan-bangunan peninggalan dari Belanda. Ada beberapa tempat menarik di Kotabaru yang bisa didatangi seperti pasar bunga, cagar budaya Kotabaru, kawasan spiritual, dan kawasan kuliner.

Seperti Kampung Kauman, untuk datang ke tempat ini tidak diperlukan tiket masuk. Pengunjung cukup membayar parkir kendaraan saja di tempat yang ingin dikunjungi. Biasanya tarif parkir untuk sepeda motor Rp2.000,00 dan mobil Rp5.000,00.

4. Kotagede

Selain Kotabaru, Anda juga bisa merasakan sensasi tempo dulu di Kotagede. Di sini pengunjung akan disuguhi dengan bangunan kuno khas arsitektur Jawa. Wisata ini berlokasi di Jalan Karanglo, Jagalan, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk dapat menikmati wisata klasik di tempat ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Semua bebas datang bersama keluarga atau teman kapan saja untuk menikmati pesona klasik dari tempat ini. Namun, sangat disarankan untuk berkunjung ketika terdapat acara adat.

5. Makam Raja-Raja Imogiri

Makam Raja-Raja Imogiri berlokasi di Jalan Makam Raja, Karang Kulon, Karangtalun, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Tempat ini merupakan kompleks makam Raja-Raja Mataram Islam beserta para keturunannya seperti Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Pengunjung bisa menyewa pakaian adat Jawa dan melihat langsung makam di bagian atas setelah menaiki ratusan anak tangga.

Untuk biaya masuk sifatnya sukarela, sedangkan untuk menyewa pakaian tradisional dikenakan biaya Rp10.000,00. Pengunjung bisa berkunjung ke tempat ini setiap hari Senin sampai Kamis pukul 10.00—13.00 WIB, Jumat pukul 13.30—16.00 WIB, dan Minggu pukul 10.00—13.00 WIB.

6. Masjid Kotagede

Masjid Kotagede merupakan masjid tertua di Yogyakarta yang bahkan lebih tua daripada Masjid Kauman. Salah satu keunikan masjid ini adalah di bagian mimbar yang dihiasi ukiran yang indah. Masjid ini berlokasi di Jalan Watu Gilang, Kotagede, Yogyakarta. Layaknya tempat ibadah pada umumnya, untuk mengunjungi tempat ini tidak dikenakan biaya tiket masuk dan bisa dikunjungi kapan saja.

7. Monumen Jogja Kembali

Bangunan berbentuk kerucut ini merupakan bangunan bersejarah di Yogyakarta. Tempat yang kerap disebut Monjali ini berlokasi di Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk masuk dikenakan biaya Rp15.000,00 dan pengunjung bisa datang mulai pukul 09.00 WIB. Jika ingin menghubungi pihak pengelola, Anda bisa menghubungi nomor 0274868225.

Di tempat ini pengunjung bisa mempelajari sejarah perebutan kembali Yogyakarta dari tangan Belanda. Oleh sebab itu, Monjali sangat cocok dijadikan tempat edukasi untuk anak-anak supaya mengenal sejarah Yogyakarta lebih dalam lagi.

8. Pecinan

Pecinan Jogja atau Kampung Ketadan merupakan salah satu tempat vital untuk perekonomian di Yogyakarta. Kampung ini terletak di selatan kawasan Malioboro Yogyakarta. Jadi, ketika berkunjung ke Malioboro, tidak lengkap jika tidak mampir ke tempat ini. Selain menyajikan suasana khas Tionghoa, pengunjung bisa menikmati banyak hal seperti pengobatan Cina, jual beli aneka barang, dan wisata kuliner.

Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk ke kawasan ini. Pengunjung bisa datang kapan saja sesuai selera masing-masing. Namun, lebih baik berkunjung ke tempat ini ketika terdapat event-event spesial seperti hari raya Imlek.

9. Pabrik Gula Madukismo

Wisata tidak harus selalu tentang pantai atau pemandangan alam lainnya. Salah satu alternatif wisata menarik yang wajib dikunjungi adalah pabrik gula Madukismo. Pabrik ini terletak di Jalan Padokan, Dusun Rogocolo, Tirtonimolo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana pengunjung bisa melihat langsung proses pengolahan tebu hingga menjadi gula yang siap didistribusikan ke masyarakat.

Harga tiket masuknya juga tidak terlalu mahal, yakni cukup Rp7.000,00 saja. Hanya saja, untuk mendatangi tempat ini, Anda harus datang berkelompok minimal 40 orang. Untuk jam buka, pengunjung bisa datang hari Senin sampai Kamis pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

10. Sasana Wiratama

Tempat yang dulunya merupakan kediaman Pangeran Diponegoro ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Didirikan pada Agustus 1969, museum ini didirikan dengan tujuan mengenang perjuangan Pangeran Diponegoro sehingga sangat cocok dijadikan tempat wisata edukasi untuk anak-anak.

Museum Sasana Wiratama berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto TR III/430, Yogyakarta. Pengunjung bisa datang pada hari Senin—Sabtu mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB. Biaya tiket masuk juga sangat terjangkau, yakni Rp2.000,00 saja per orang.

11. Museum Sasmitaloka

Satu lagi museum yang wajib dikunjungi di Yogyakarta, yaitu Museum Sasmitaloka Pangeran Jenderal Sudirman. Museum ini terletak di Jalan Bintaran Wetan No.3 Yogyakarta. Untuk reservasi atau menghubungi pihak pengelola, Anda dapat menelpon di (0274) 376663. Tempat ini dapat dikunjungi paa hari Senin—Jumat pukul 08.00—17.00 WIB dan libur pada hari besar dan akhir pekan.

12. Sendang Sono

Sendang Sono berlokasi di Dusun Semagung, Banjaroya, Kalibawang, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada di kawasan Bukit Menoreh, Sendang Sono sampai saat ini menjadi tempat ziarah paling sering dikunjungi. Di kawasan ini, pengunjung bisa menikmati sejuknya udara perbukitan, melihat keindahan pemandangan alam, dan berdoa di bawah kaki Bunda Maria.

Setelah puas melakukan ziarah di tempat ini, Anda bisa mampir ke beberapa destinasi wisata menarik di sekitarnya. Wisata tersebut antara lain Embung Banjaroya, Air Terjun Sidoharjo, Kebun Teh Nglingo, Candi Borobudur, dan masih banyak lagi. Karena merupakan tempat ziarah, tidak ada biaya tiket masuk yang harus dikeluarkan. Pengunjung cukup membayar biaya parkir saja.

13. Kotabaru

Tempat ini berlokasi di Jalan Kotabaru Yogyakarta. Di kawasan ini, pengunjung akan merasakan berada di masa-masa kolonial Belanda. Hal ini karena masih banyak bangunan-bangunan peninggalan dari Belanda. Ada beberapa tempat menarik di Kotabaru yang bisa didatangi seperti pasar bunga, cagar budaya Kotabaru, kawasan spiritual, dan kawasan kuliner.

Seperti Kampung Kauman, untuk datang ke tempat ini tidak diperlukan tiket masuk. Pengunjung cukup membayar parkir kendaraan saja di tempat yang ingin dikunjungi. Biasanya tarif parkir untuk sepeda motor Rp2.000,00 dan mobil Rp5.000,00.

14. Kotagede

Selain Kotabaru, Anda juga bisa merasakan sensasi tempo dulu di Kotagede. Di sini pengunjung akan disuguhi dengan bangunan kuno khas arsitektur Jawa. Wisata ini berlokasi di Jalan Karanglo, Jagalan, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk dapat menikmati wisata klasik di tempat ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Semua bebas datang bersama keluarga atau teman kapan saja untuk menikmati pesona klasik dari tempat ini. Namun, sangat disarankan untuk berkunjung ketika terdapat acara adat.

15. Makam Raja-Raja Imogiri

Makam Raja-Raja Imogiri berlokasi di Jalan Makam Raja, Karang Kulon, Karangtalun, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Tempat ini merupakan kompleks makam Raja-Raja Mataram Islam beserta para keturunannya seperti Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Pengunjung bisa menyewa pakaian adat Jawa dan melihat langsung makam di bagian atas setelah menaiki ratusan anak tangga.

Untuk biaya masuk sifatnya sukarela, sedangkan untuk menyewa pakaian tradisional dikenakan biaya Rp10.000,00. Pengunjung bisa berkunjung ke tempat ini setiap hari Senin sampai Kamis pukul 10.00-13.00 WIB, Jumat pukul 13.30-16.00 WIB, dan Minggu pukul 10.00-13.00 WIB.

16. Masjid Kotagede

Masjid Kotagede merupakan masjid tertua di Yogyakarta yang bahkan lebih tua daripada Masjid Kauman. Salah satu keunikan masjid ini adalah di bagian mimbar yang dihiasi ukiran yang indah. Masjid ini berlokasi di Jalan Watu Gilang, Kotagede, Yogyakarta. Layaknya tempat ibadah pada umumnya, untuk mengunjungi tempat ini tidak dikenakan biaya tiket masuk dan bisa dikunjungi kapan saja.

17. Monumen Jogja Kembali

Bangunan berbentuk kerucut ini merupakan bangunan bersejarah di Yogyakarta. Tempat yang kerap disebut Monjali ini berlokasi di Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk masuk dikenakan biaya Rp15.000,00 dan pengunjung bisa datang mulai pukul 09.00 WIB. Jika ingin menghubungi pihak pengelola, Anda bisa menghubungi nomor 0274868225.

Di tempat ini pengunjung bisa mempelajari sejarah perebutan kembali Yogyakarta dari tangan Belanda. Oleh sebab itu, Monjali sangat cocok dijadikan tempat edukasi untuk anak-anak supaya mengenal sejarah Yogyakarta lebih dalam lagi.

18. Pecinan

Pecinan Jogja atau Kampung Ketadan merupakan salah satu tempat vital untuk perekonomian di Yogyakarta. Kampung ini terletak di selatan kawasan Malioboro Yogyakarta. Jadi, ketika berkunjung ke Malioboro, tidak lengkap jika tidak mampir ke tempat ini. Selain menyajikan suasana khas Tionghoa, pengunjung bisa menikmati banyak hal seperti pengobatan Cina, jual beli aneka barang, dan wisata kuliner.

Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk ke kawasan ini. Pengunjung bisa datang kapan saja sesuai selera masing-masing. Namun, lebih baik berkunjung ke tempat ini ketika terdapat event-event spesial seperti hari raya Imlek.

19. Pabrik Gula Madukismo

Wisata tidak harus selalu tentang pantai atau pemandangan alam lainnya. Salah satu alternatif wisata menarik yang wajib dikunjungi adalah pabrik gula Madukismo. Pabrik ini terletak di Jalan Padokan, Dusun Rogocolo, Tirtonimolo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana pengunjung bisa melihat langsung proses pengolahan tebu hingga menjadi gula yang siap didistribusikan ke masyarakat.

Harga tiket masuknya juga tidak terlalu mahal, yakni cukup Rp7.000,00 saja. Hanya saja, untuk mendatangi tempat ini, Anda harus datang berkelompok minimal 40 orang. Untuk jam buka, pengunjung bisa datang hari Senin sampai Kamis pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

20. Sasana Wiratama

Tempat yang dulunya merupakan kediaman Pangeran Diponegoro ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Didirikan pada Agustus 1969, museum ini didirikan dengan tujuan mengenang perjuangan Pangeran Diponegoro sehingga sangat cocok dijadikan tempat wisata edukasi untuk anak-anak.

Museum Sasana Wiratama berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto TR III/430, Yogyakarta. Pengunjung bisa datang pada hari Senin—Sabtu mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB. Biaya tiket masuk juga sangat terjangkau, yakni Rp2.000,00 saja per orang.

21. Museum Sasmitaloka

Satu lagi museum yang wajib dikunjungi di Yogyakarta, yaitu Museum Sasmitaloka Pangeran Jenderal Sudirman. Museum ini terletak di Jalan Bintaran Wetan No.3 Yogyakarta. Untuk reservasi atau menghubungi pihak pengelola, Anda dapat menelpon di (0274) 376663. Tempat ini dapat dikunjungi pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB dan libur pada hari besar dan akhir pekan.

22. Sendang Sono

Sendang Sono berlokasi di Dusun Semagung, Banjaroya, Kalibawang, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada di kawasan Bukit Menoreh, Sendang Sono sampai saat ini menjadi tempat ziarah paling sering dikunjungi. Di kawasan ini, pengunjung bisa menikmati sejuknya udara perbukitan, melihat keindahan pemandangan alam, dan berdoa di bawah kaki Bunda Maria.

Setelah puas melakukan ziarah di tempat ini, Anda bisa mampir ke beberapa destinasi wisata menarik di sekitarnya. Wisata tersebut antara lain Embung Banjaroya, Air Terjun Sidoharjo, Kebun Teh Nglingo, Candi Borobudur, dan masih banyak lagi. Karena merupakan tempat ziarah, tidak ada biaya tiket masuk yang harus dikeluarkan. Pengunjung cukup membayar biaya parkir saja.

23. Gua Maria Tritis

Gua Maria Tritis adalah tempat favorit ziarah untuk umat Katolik yang berada di Yogyakarta. Bagi para umat Katolik yang ingin mendapatkan ketenangan saat berdoa, tempat ini sangat wajib untuk dikunjungi. Berbeda dengan Gua Maria di tempat lain, Gua Maria Tritis adalah gua alami dan pada awalnya terdapat stalagtit dan stalagmit di dalamnya.

Wisata ini berlokasi di Jalan Goa Maria Tritis, Giring, Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena merupakan tempat ziarah, tidak ada biaya untuk tiket masuk dan bisa dikunjungi setiap pagi hingga sore hari. Pengunjung hanya perlu membayar parkir saja, yakni Rp2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

24. Kampung Kauman

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Yogyakarta tidak berkunjung ke Kampung Kauman Yogyakarta. Kampung ini berada di Jalan Kauman, Alun-Alun Keraton, Ngupasan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kampung Kauman adalah tempat pertama kali organisasi Muhammadiyah didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan hingga saat ini sudah menjadi salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia.

Selain unik dan bernuansa sangat religius, di tempat ini pengunjung bisa mendatangi berbagai tempat wisata gratis di lokasi sekitar seperti Masjid Kauman, Pengulon, Langgar K.H. Ahmad Dahlan, Pasar Sore Ramadhan, dan lain-lain. Tempat ini bisa dikunjungi kapan saja tanpa harus dikenakan biaya masuk.

25. Air Terjun Lepo

Bertepat pada kota pelajar atau Yogyakarta, Air Terjun Lepo Dlingo memang sudah cukup terkenal untuk surga penggemar kegiatan wisata. Daerah utama dari tempat air terjun sendiri merupakan Kabupaten Gunung Kidul dimana sudah ada sejak tahun 2013 berdiri. Untuk bisa menikmati tempat wisata, pengunjung akan dikenakan tiket sebesar 5000 saja setiap orang dengan adanya biaya parkir.

Bila sulit menemukan lokasi, maka pengunjung bisa bertanya pada warga sekitar dimana membantu memandu jalan. Karena memang tidak bisa dipungkiri bila mengetahui posisi tepatnya pada daerah di tengah kampung serta jalan sempit. Sebagai pengingat saja, untuk bisa menikmati fasilitas hanya beroperasi dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Nomor telefon bisa dihubungi adalah 085325666745 supaya memudahkan kegiatan wisata.

26. Cave Tubing Kalisuci

Bagi penyuka wisata dengan tipikal ada olahraga arum jeram, maka jangan sampai tidak sampai datang ke Cave Tubing Kalisuci di Yogyakarta. Mudah dijangkau serta bertepat detail di Desa Bejiharjo daerah kabupaten Gunung Kidul bisa didatangi secara mudah. Supaya tidak salah, ketahui juga bahwa biaya untuk bisa masuk adalah sebesar 5000 setiap orang dengan biaya lain untuk menikmati fasilitas.

Jangan lupa juga, bahwa ada beberapa jenis harga parkir tergantung dari jenis kendaraan digunakan untuk dipersiapkan mulai dari 2 hingga 15 ribu. Jam operasional dari tempat ini juga termasuk cukup lama dimana ditujukan dari pagi yaitu pukul 8 pagi hingga 2 siang setiap harinya. Catat juga untuk nomor telefon yang bisa dihubungi adalah 081931797178 maka kegiatan liburan lebih mudah.

27. Goa Pindul

Masih seputaran wisata di Yogyakarta, ketika sudah berada disini maka jangan sampai tidak mengunjungi Goa Pindul. Lokasi detailnya sebenarnya berada di Desa Bejiharjo dengan lokasi Kabupaten GunungKidul. Bagian paling menarik ketika sudah sampai di Goa ini adalah menaiki ban pelampung menelusuri seluruh tempat. Jangan khawatir, biaya tiket masuk pun cukup terjangkau yaitu 10 ribu sajapada khawasannya.

Perlu dipahami juga, bahwa untuk bisa menuju Goa Pinjulnya sendiri akan dikenai sebesar sekitar 40 ribu untuk bisa menikmati berbagai aktivitas. Masalah jam buka atau tutupnya sendiri, tempat ini sendiri pada jam 7 pagi buka hingga 5 sore selesai setiap harinya. Bila kebutuhan orang banyak dan perlu pemesanan, maka menghubungi nomor 081229449004 adalah jawaban terbaik disini.

28. Desa Wisata Ketingan

Mencari tempat memicu adrenalin tentunya harus, tetapi ketika ingin ketenangan bisa juga mengunjungi Desa Wisata Ketingan di Yogyakarta Desa Tirtoadi. Beroperasi sejak lama, perlu dipahami bahwa tidak terdapat tiket masuk disini tetapi hanya ada tempat penginapan. Jumlah tempat rumah menginap sendiri ada sekitar 30 rumah dengan kapasitas mencapai 70 orang. Biayanya sendiri juga cukup ramah yaitu 50ribu setiap harinya per orang.

Jadi perlu diketahui bahwa tidak terdapat jam operasional untuk setiap pendatang desa wisata ini secara umum. Jangan lupa ada juga sebuah makanan atau minuman khas untuk bisa dinikmati agar tidak rugi jika sudah mencapai daerah ini. Pastinya pemandangan sekitar tidak akan membuat wisatawan bosan.

29. Embung Batara Sriten

Menjelajah semua titik di Yogyakarta juga belum lengkap bila tidak memasukkan nama Embung Batara Sriten karena sangat mempesona. Mengingat lokasi detailnya di daerah Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul bisa dengan penyewaan mobil tentunya. Pastikan ketahui juga akan tiket masuk sebesar hanya 4 ribu saja tetapi memiliki biaya parkir untuk motor 2 ribu dan mobil 10 ribu.

Terkait jam operasional dari tempat wisata juga cukup panjang dimana hampir bisa dikatakan 24 jam karena adanya aktifitas berkemah yaitu 5 pagi hingga 6 sore secara tertulis. Keindahan alam serta berbagai fasilitas di dalam tempat wisata memang menjadi suatu nilai tambah. Untuk menghubungi tempat ini juga tidak terdapat nomor untuk bisa didapatkan sehingga langsung datang menuju lokasi.

30. Geoforcest Watu Payung

Bertahan pada tempat wisata dengan keindahan alam tidak biasa, maka nama Geogorest Watu Payung merupakan jawaban terbaik lainnya. Berlokasi tepat di Turunan, Girisuko, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta bisa ditempuh sejauh 49 dari pusat kota. Satu hal menarik disini adalah jam bukanya yaitu bisa 24 jam sehingga bisa dinikmati kapan saja.

Harga tiket untuk masuk juga cukup terjangkau yaitu 5 ribu per orang ditambah parkir dan biaya lain agar bisa menikmati fasilitas. Letak lokasi sendiri juga berada sekitar 300 meter di atas permukaan laut sehingga pemandangan tampak sangat asri. Terkait nomor telefon bisa dihubungi ketika akan kesini, maka langsung saja pada nomor 087739727837 secara langsung.

31. Green Village Gedangsari

Nampaknya memang daerah Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta menjadi salah satu titik dimana banyak wisatawan datang. Wisata layak dikunjungi dan cukup baru adalah Green Village Gedangsari dimana konsepnya cukup menarik didatangi. Pahami juga, bahwa ketika berada disini tidak akan ada namanya tiket masuk alias gratis untuk siapa saja. Para wisatawan sendiri cukup membayar biaya parkir sesuai kendaraan.

Untuk waktu operasional sendiri bertepat dari jam 6 pagi hingga 6 sore atau 12 jam sehingga cukup panjang bagi wisatawan. Walau bisa dibilang tempatnya jauh dari pusat kota, tetapi ketika melihat keindahan serta fasilitas disini maka akan terasa nyaman. Kemudahan akses sendiri bisa menghubungi nomor 085228868024 untuk melakukan pemesanan atau lainnya.

32. Gua Jomblang

Mencari tempat cukup unik lainnya ketika berada di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta juga bisa datang pada tempat bernama Gua Jomblang ini. Bertepat pada Dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Yogyakarta menjadi salah satu tempat menantang. Bukan tanpa alasan, karena memang jam operasional dahulu adalah pukul 8 pagi hingga 2 sore untuk bisa didatangi.

Terkait tiket masuk sebenarnya tidak ada bayaran, tetapi bayaran hanya pada proses parkir serta menikmati fasilitas secara lengkap. Sebagai saran saja, pastikan untuk selalu mengabadikan momen yang terdapat di dalam gua karena sangat menantang. Terkait kemudahan bertanya terkait tempat wisata, maka hubungi nomor 081862901 bisa menjadi jawaban.

33. Kebun Teh Nglinggo

Beroperasi sejak tahun 2004 dan bertepat di Desa Wisata Nglinggo memiliki satu tempat menarik yaitu bernama kebun teh. Untuk bisa memasuki area ini, sebenarnya wisatawan akan dikenakan tarif sebesar 5 ribu setiap orang tetapi belum dengan biaya parkirnya. Luas lahan disini juga sangat besar yaitu sekitar 136 hektar dengan banyak pemandangan hijau segar. Untuk lokasi detail yaitu Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, DIY.

Sebagai waktu terbaik, maka jam operasional disini sendiri yaitu dimulai dari 7 pagi hingga 6 sore agar membantu setiap pengunjung lebih bebas. Bagian menarik ketika sudah sampai kebun teh yaitu menikmati daerah medan jalanan atau sekitarnya supaya menantang adrenalin. Untuk nomor yang bisa dihubungi pun sebenarnya tidak ada sehingga langsung saja datang menuju lokasi tersebut.

34. Kedung Pedut

Mendengar nama Kedung Pedut mungkin akan terasa cukup unik, dimana ini meruapakan salah satu destinasi wisata terbaik di Yogyakarta masa kini. Berbentuk sebagai air terjun, lokasi tepat dari wisata ini adalah Pegunungan Manoreh, Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Daya tarik terbaik ketika sudah sampai pada area ini adalah berbagai arena permainan baik untuk pasangan atau keluarga.

Menariknya lagi, sebenarnya disini juga bebas jam atau bisa selama 24 jam menikmati setiap keindahan tempat tersebut. Terkait harga tiket masuknya sendiri, disini cukup terjangkau yaitu 6 ribu per orangnya supaya bebas akses ke dalam tersebut. Terkait kontak akses dengna Kedung Pedut sendiri, maka bisa menghubungi nomor yaitu 085233486269 untuk memudahkan terkait liburan disini.

35. Puncak Kosakora

Selain terkenal dengan kebun, gua, serta ragam jenis lainnya akan didapati bila menuju garis pantai bernama Puncak Kosakora. Tempat ini bertepat pada Pantai Gunung Kidul yaitu Banjarejo, Tanjungsari apalagi kondisinya cukup bersih. Jangan lupa juga, bahwa akses disini juga sangat bebas dimana bisa 24 jam tanpa batas terkait keinginan untuk berkemah pastinya. Bagian terpenting juga disini tidak ada kontak untuk dihubungi, sehingga bila ingin datang langsung saja.

36. Hutan Pinus Mangunan

Mendatangi hutan tentu juga bisa menjadi alternatif terutama bagi penyuka kegiatan di luar dengan menapaki langsung alam. Tentunya Yogyakarta tepatnya Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten bantul memiliki Hutan Pinus Mangunan terkenal dengan keindahannya. Melihat berbagai keindahan alam serta berkemah tentunya bisa dilakukan dimana disini dibuka dari jam 08.30 hingga 17.00 bagi wisatawan.

Sisi terbaiknya tentunya adalah tiket masuk sangat rendah yaitu 3 ribu saja dan akan terasa sangat murah ketika sudah berada di dalam. Jangan sampai tidak melakukan kegiatan berfoto karena disini banyak titik terbaik melakukakannya. Sebagai nomor kontak pun juga tidak, sehingga para wisatawan harus datang langsung dan menikmati indahnya.

Semangat Liburan, Ini Dia Deretan Rekomendasi Tempat Wisata di Yogyakarta

Kota Yogyakarta tidak hanya memiliki tempat wisata religi tapi juga wisata lainnya mulai dari kuliner, belanja bahkan hingga edukasi. Ada banyak sekali rekomendasi tempat yang bagus tapi sayangnya belum semuanya dikenal oleh wisatawan. Berikut adalah beberapa contohnya.

1. Gua Maria Sendang Sriningsih

Bagi umat Katolik, tempat wisata Sendang Sriningsih tidak hanya dikenal sebagai tempat dengan suasana yang asri dan menyejukkan tapi juga religius. Hal ini tentu saja sangat erat kaitannya dengan keberadaan patung bunda Maria yang sangat terkenal sehingga membuat tempat ini kerap disebut dengan tempat wisata gua Maria.

Nama : Gua Maria Sendang Sriningsih
Lokasi : Jali, Gayamharjo, Prambanan, Jali, Gayamharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572
Tiket masuk : Gratis, namun ada biaya parkir sendiri
Jam operasional : buka 24 jam

2. Situs Warungboto

Tempat ini sangat cocok bagi para pencinta sejarah dan fotografi. Dari segi arsitektur, bangunan yang dulunya adalah pemandian tersebut memiliki bentuk yang indah sehingga cocok jika dijadikan lokasi prewedding, pemotretan atau sekadar selfie saja.

Tidak hanya dari segi tampilan, fasilitas di objek wisata ini juga sudah tersedia lengkap. Meskipun terhitung masih baru tapi disana sudah ada taman, kebun dan mushola yang ditata rapi dan terjaga kebersihannya.

Nama : Situs Warungboto
Lokasi : Jl. Veteran No.77, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164
Tiket masuk : Belum ada tiket resmi jadi tiketnya gratis namun pengunjung harus membayar parkir sebesar Rp 3 ribu per kendaraan.
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 08.00-17.00 WIB

3. Toko Diamond Baru

Selain kuliner, Yogyakarta juga terkenal dengan industri kerajinan tegel atau ubin dengan berbagai motif yang berwarna-warni. Di Yogyakarta sendiri kalian bisa menemukan berbagai toko yang menjual kerajinan ini dengan harga yang bervariasi. Salah satunya adalah Diamond Biru yang sudah terkenal dengan produknya yang telah memiliki sertifikat ISO 9001.

Meskipun fungsinya untuk mempercantik lantai rumah tapi harga produk ini bisa dikatakan lumayan mahal. Semakin rumit pola yang dicetak maka harganya bisa semakin tinggi. Oleh sebab itu,tidak semua orang mau membelinya. Selain itu, toko perlengkapan rumah tangga yang menyediakan tegel Yogyakarta sendiri lumayan jarang ditemui di kota lain.

Nama : Diamond Baru
Lokasi : Jl. Magelang No.115 A, Kricak, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55242
Tiket masuk : Gratis
Jam operasional : Senin sampai Sabtu, 08.00-17.00 WIB
No. Telp : (0274) 558171

4. Kampung Batik Giriloyo

Bagi para pencinta kain batik maka kota Yogyakarta merupakan tempat yang tepat untuk mencari batik terbaik. Selain karena industri batik di sana sudah maju, kota ini juga memiliki banyak motif batik yang unik serta berbeda dari daerah lain. Oleh sebab itu, sangat layak untuk dikoleksi.

Bagi kalian yang tidak hanya ingin berbelanja maka ada baiknya kalian juga belajar sejarah dan seluk-beluk batik di kampung edukasi batik yang berada di dekat dengan pusat kota Yogyakarta. Uniknya, selai batik, pengunjung juga bisa sekaligus belajar tentang pengobatan tradisional yang dikenal dengan nama “Durah”.

Nama : Batik Giriloyo
Lokasi : Gazebo Wisata Giriloyo Jalan Imogiri Timur No.Km. 14, Karang Kulon, Wukirsari, Kec. Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782
Tiket masuk : Gratis tapi ada biaya jika pengunjung ingin mengikuti workshop sekitar Rp 25-50 ribu.
Jam operasional : Seni sampai Minggu, 08.00-16.00 WIB
No. Telp : 0819 1288 9075

5. Pasar Kangen

Bagi kalian pencinta wisata belanja maka sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk datang ke tempat ini. Namun, meskipun namanya pasar tapi sebenarnya ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh pihak UPTD Dinas Kebudayaan setempat. Jadi, pasar ini tidak setiap hari bisa didatangi.

Oleh sebab itu, tidak heran jika ‘pasar’ ini memiliki konsep yang sangat unik dan lain daripada yang lain. Sebab, selain menghadirkan suasana tempo dulu yang membangkitkan nostalgia, tempat ini juga menghadirkan berbagai pertunjukan seni, kuliner lawas dan barang antik dengan kualitas yang masih bagus.

Nama : Pasar Kangen Jogja
Lokasi : Taman Budaya Yogyakarta, Jl. Sriwedani No.1, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55122
Tiket masuk : Gratis
Jam operasional : Digelar setahun sekali selama satu minggu, 10.00-22.00 WIB

6. Sagio Puppet

Sebagai kota budaya, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Yogyakarta tanpa membeli wayang kulit. Selain unik, wayang kulit merupakan kerajinan dengan nilai seni yang sangat tinggi. Kalian bisa membeli atau memesan wayag kulit yang sesuai dengan keinginan.

Tempat ini telah lama dikenal di kota Yogyakarta sebagai salah satu pembuat wayang pertama di kota tersebut. oleh sebab itu,tidak heran jika hasil kerajinanya sangat detail dan memiliki harga yang lumayan mahal. Selain membuat wayang, tempat ini juga mengajarkan makan filosofis serta cara membuat wayang bagi pengunjung yang tertarik.

Nama : Sagio Griya Ukir Kulit (Sagio Puppet Handicraft)
Lokasi : JL. Gendeng RT.04/RW. 02, Kalirandu, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Tiket masuk : Gratis
Jam operasional : Senin sampai Sabtu, 08.00-16.00 WIB
No. Telp : (0274) 413267

7. Pasar Seni Gabusan

Para pencinta wisata belanja sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk datang ke tempat ini. Sebab, sesuai namanya tempat ini menjual berbagai seni kerajinan setempat. Kurang lebih ada sekitar 444 pengrajin telah ditampung di tempat ini. fasilitasnya juga sudah lengkap. Ada tempat makan, toko kebutuhan sehari-hari hingga akses wifi.

Nama : Pasar Seni Gabusan
Lokasi : Jl. Parangtritis, Balong, Timbulharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55185
Tiket masuk : Gratis
Jam operasional : Senin sampai Kamis (09.00-19.00 WIB), Jumat (13.00-19.00 WIB), Sabtu (09.00-17.00 WIB)
No. Telp : (0274) 7490553

8. Pasar Beringharjo

Pasar ini merupakan salah satu ikon kota Yogyakarta. Selain itu,tempat ini merupakan pasar tertua sehingga memiliki nilai filosofis serta historis yang sangat tinggi. Produk yang dijualnya juga sangat lengkap sehingga cocok dijadikan tempat berburu oleh-oleh.

Nama : Pasar Beringharjo Yogyakarta
Lokasi : Pasar Beringharjo timur Lt. 3, dekat parkiran, Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
Tiket masuk : Gratis tapi ada biaya parkir
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 08.30-21.00 WIB

9. Kasongan

Tempat ini dikenal sebagai sentra pembuatan gerabah yang sangat terkenal di kota Yogyakarta. Produk yang dibuat juga bervariasi mulai dari hiasan hingga barang keperluan rumah tangga. Selain membeli gerabah, kalian juga bisa melihat proses pembuatannya secara langsung.

Nama : Desa Wisata Gerabah Kasongan
Lokasi : Jl. Kasongan No.3, Kajen, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Tiket masuk : Gratis
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 08.00-16.00 WIB
No. Telp : 0895 363 171 116

10. Alun-Alun Kidul

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Yogyakarta khususnya bagi wisatawan asing. Meski hampir semua kota di Indonesia memiliki alun-alun tapi tempat ini sedikit istimewa karena menghadirkan berbagai pertunjukan seni serta permainan yang sangat menarik.

Nama : Alun Alun Kidul Yogyakarta
Lokasi : Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
Tiket masuk : Gratis tapi ada biaya parkir
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 24 jam

11. Malioboro

Belum lengkap rasanya jika wisata ke Yogyakarta tanpa mengunjungi tempat ini. Selain dikenal sebagai surganya wisata kuliner dan belanja, tempat ini juga dikenal sebagai tempat nongkrong yang asyik. Selain instastrukturnya sudah lengkap, daerah Malioboro juga dekat dengan berbagai penginapan serta hotel terjangkau sehingga cocok bagi para wisatawan.

Nama : Jalan Malioboro
Lokasi : Jl. Malioboro Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket masuk : Gratis
Jam operasional : Senin sampai Minggu, 24 jam

12. Tugu Jogja

Landmark kota Yogyakarta ini sering sekali dijadikan lokasi kumpul-kumpul serta ajang selfie baik wisatawan maupun warga setempat yang masih muda. Selain karena arsitektur serta pemandangannya yang bagus terutama di malam hari, tempat ini juga memiliki makna filosofis penting atas perlawanan terhadap penjajah.

Nama : Monumen Tugu Yogyakarta
Lokasi : Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233
Tiket masuk : Gratis
Jam operasional : Senin sampai Minggu,24 jam

13. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar adalah salah satu destinasi wisata populer di Yogyakarta dan sangat cocok dikunjungi oleh anak-anak bersama dengan keluarga. Hal itu karena di Taman Pintar, Anda dapat memperoleh edukasi dalam bidang sains yang disajikan dengan smart and fun. Jadi, anak dapat bermain dan belajar dalam waktu yang bersamaan.

Fasilitas yang ada di Taman Pintar antara lain Playground, Planetarium, Zona Perpustakaan, Wahana Bahari, dan lain sebagainya. Untuk dapat masuk ke Taman Pintar, Anda tidak dipungut biaya, namun untuk beberapa wahana Anda akan dikenakan tarif. Jika tertarik, langsung saja Anda datangi di alamat Jl. Panembahan Senopati No 1-3, Ngupasan, Gondomanan, DIY pada hari selasa-minggu mulai jam 8.30 pagi sampai jam 4 sore.

14. Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo Yogyakarta mempunyai koleksi satwa yang sangat lengkap. Anda dapat melihat berbagai macam hewan dilindungi seperti orang utan, gajah, harimau, zebra, komodo, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat berbagai macam fasilitas dan tempat permainan seperti perahu, kapal bemper, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alamat Gembira Loka Zoo ada di Jl. Kebun Raya no.2, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara untuk tiket masuknya, untuk senin-jumat sebesar Rp 20.000 dan untuk hari sabtu, minggu, dan hari libur nasional harga tiketnya Rp 25.000. Untuk jam operasional, Gembira Loka buka mulai jam 6.30 pagi sampai dengan jam 17.30 sore.

15. Museum Gunung Api Merapi

Museum Gunung Api Merapi adalah tempat wisata edukasi tentang kegunungapian dan kebencanaan geologi yang lainnya. Di tempat wisata ini Anda dapat memperoleh banyak wawasan dan pemahaman dalam aspek ilmiah-sosial-budaya terutama dengan hal yang berhubungan dengan gunung api dan sumber kebencanaan geologi yang lainnya.

Museum ini berada di Jl. Kaliurang KM 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Harga tiket masuk museum ini sebesar Rp 5000 untuk lokal dan Rp 10.000 untuk wisatawan asing. Museum ini beroperasi setiap selasa-minggu mulai jam 8.00 pagi sampai 15.30 Sore. Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang museum ini, Anda dapat hubungi di nomor 0274896498.

16. Museum Sandi

Museum Sandi menjadi destinasi wisata yang tepat bagi Anda yang tertarik dalam hal keamanan dalam berkomunikasi. Di tempat ini, Anda akan mendapatkan informasi tentang bentuk dan cara membuat sandi sederhana. Di museum yang terletak di Jl. FM Noto 21, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta, DIY ini, Anda dapat menikmati berbagai koleksi dan fasilitas menarik di dalamnya.

Untuk dapat masuk ke Museum Sandi, pengunjung hanya dibebankan biaya tiket sebesar Rp. 3000 saja. Anda dapat mengunjungi Museum ini pada hari Senin-Jumat mulai jam 8.30-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu pada jam 9.00-12.00 WIB. Museum hanya libur pada hari libur nasional dan keagamaan.

17. Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY)

Apabila Anda ingin berburu satwa dan tanaman hias di Yogyakarta, PASTY merupakan jawabannya. PASTY atau Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta ini memiliki dua bagian yakni bagian satwa dan bagian tanaman hias. Di pasar yang terletak di Jl Bantul Km 1, Dongkelan, Yogyakarta ini, Anda dapat mencari satwa, tanaman hias, pakan hewan, dan berbagai hal lainnya terkait keperluan satwa dan tanaman hias.

PASTY sendiri memiliki jam operasional buka yakni mulai jam 07.00 pagi sampai dengan jam 17.00 sore. Untuk harga tiket masuk, Anda tidak dibebankan biaya apapun. Anda cukup membayar biaya parkir kendaraan saja.

18. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark (SKE) merupakan taman rekreasi di Yogyakarta yang menawarkan berbagai macam atraksi dan wahana menarik. Terdapat lebih dari 10 permainan dan wahana menari di SKE yang dapat dicoba oleh anak-anak ataupun dewasa. Salah satu wahana menarik di Edupark ini adalah Ferris Wheel dengan tinggi 48m dengan 28 kabin yang setiap kabinnya dapat muat 4 orang dewasa.

Harga tiket masuk di SKE ini bervariasi yakni tiket masuk Rp. 10.000, tiket masuk plus Taman Lampu Rp. 30.000, tiket terusan anak plus Rp. 45.000, dan ada juga tiket terusan dewasa sebesar Rp. 50.000. Untuk jam operasional, Anda dapat datang ke SKE pada hari sabtu, minggu, dan hari libur mulai pukul 8.00 sampai dengan 20.00 WIB.

19. Taman Pelangi

Taman Pelangi merupakan destinasi wisata unik dan menarik untuk semua usia. Di sana, Anda dapat menikmati berbagai macam ukuran lampion indah di setiap sisi taman. Pemandangan warna-warni lampion di malam hari pastinya dapat membuat mata Anda betah berada di sana. Sangat cocok sekali bagi Anda yang punya hobi fotografi atau berselfie ria.

Taman pelangi ini berada di Jl Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DIY. Untuk masuk ke taman tersebut, Anda dapat membayar tiket mulai harga Rp 15.000 sampai dengan Rp 20.000. Untuk mendapatkan informasi lengkapnya, Anda dapat hubungi nomor +62 274 868225.

20. Gardu Action

Gardu Action merupakan tempat wisata edukasi tentang pengelolaan sampah. Di sana, Anda dapat belajar cara mengolah limbah untuk dijadikan barang bernilai ekonomi. Selain itu, ada juga tempat bermain anak dan spot foto menarik berlatar benda yang terbuat dari bahan limbah.

Untuk masuk ke tempat wisata yang terletak di Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta ini, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 2000 saja. Anda dapat kunjungi tempat ini kapan saja karena Gardu Action buka setiap hari dari mulai pagi sampai dengan malam.

21. Tebing Breksi

Tempat wisata Taman Tebing Breksi menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Yogyakarta. Tempat wisata cagar budaya tersebut diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tahun 2015 silam. Lokasi wisata ini terletak di dusun Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman.

Untuk dapat melihat keindahan alam di Taman Breksi, Anda tidak dipungut tiket masuk alias gratis sampai saat ini. Sementara untuk jam operasionalnya, Taman Breksi sudah buka mulai dari jam 05.00 WIB sampai dengan jam 18.00 WIB. Jadi, Anda dapat menikmati sunrise jika datang di pagi hari dan juga mendapatkan sunset apabila Anda datang pada sore harinya.

22. Taman Sari

Wisata Taman Sari Yogyakarta menawarkan kepada Anda wisata tempat bersejarah yang memiliki arsitektur unik yakni perpaduan Jawa dan Portugis. Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Kompleks Taman Sari, Patehan, Kraton, DIY ini masih menjadi bagian dari Keraton Yogyakarta. Di tempat ini Anda akan diberikan suguhan menarik berupa pemandian yang memiliki julukan Istana Air atau Water Castle.

Untuk dapat menikmati wisata di Taman Sari, Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar 5000 rupiah untuk wisatawan lokal dan 12.000 rupiah untuk wisatawan asing. Dengan harga tersebut, Anda sudah dapat menikmati arsitektur bangunan kuno yang unik dan juga indah pastinya. Tempat wisata Taman Sari buka mulai pukul 8 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Demikianlah rekomendasi destinasi-destinasi yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur ke Jogja. Mungkin masih banyak tempat wisata di Jogja yang belum masuk dalam daftar ini. Namun untuk Anda yang ingin merasakan pengalaman berlibur di Jogja dengan berbagai jenis wisata, mulai dari petualangan di gua-gua, menikmati pemandangan pegunungan dan pepohonan di hutan, dan banyak lainnya, maka daftar di atas berisi tempat-tempat pertama yang perlu Anda coba.

Add Comment