Wisata ke Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur Yang Eksotis dan Mendunia

Wisata ke Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur Yang Eksotis dan Mendunia
4.3 (86.67%) 3 votes

indonesiaituindah.com – Siapa yang tidak mengenal Pulau Komodo yang telah mendunia yang berada di Indonesia yang terkenal dengan hewan purba bernama Komodo yang masih bertahan dan hidup dengan baik serta sehat di Pulau Komodo. Pulau Komodo terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Komodo pada tahun 1980 silam dan telah masuk dalam situs warisan dunia yang harus dilestarikan oleh UNESCO pada tahun 1991. Disini para wisatawan dapat melihat hewan purba yang memiliki kemiripan dengan naga dengan nama latin Varanus Komodoensister pada habitat aslinya dan merupakan satwa langka di dunia. Bahkan Pulau Komodo berhasil masuk sebagai New Seven Wonders of Nature atau 7 keajaiban baru dunia pada tahun 2011 bersama enam tempat eksotis lainnya didunia yakni Teluk Halong, Table Mountain, Hutan Amazon, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Air Terjun Iguazu, serya Pulau Jeju.

Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur

Awalnya pulau Komodo ditemuukan oleh seorang berkebangsaan Belanda bernama Letnan Steyn van Hens Broek pada tahun 1910 fimana dimana dalam sebuah laporannya mengatakan telah berhasil menemukan sebuah pulau yang berisi hewan besar yang menyerupai naga dan bersama pasukannya, Letnan Steyn van Hens Broek membunuh seekor Komodo untuk membuktikan laporannya dan membawa bangkai binatang ke museum and Botanical Garden di Bogor untuk diadakan penelitian lebih lanjut. Nama pulau Komodo semakin banyak dikenal masyarakat dunia berkat sebuah jurnal yang dibuat oleh Peter A. Ouwens yang juga merupakan direktur Museum Zoologi di Bogor dan di muat pada surat kabar milik Hindia Belanda.

Namun di pulau Komodo, para wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan melihat komodo pada habitat aslinya tetapi juga dapat melihat berbagai binatang eksotis lainnya seperti banteng liar, kuda, ular, kera, banteng, dan beraneka jenis binatang dan burung lainnya. Tetapi selain kaya akan fauna, pulau Komodo juga memiliki pantai yang indah dengan pasir pantai yang berwarna pink dimana pantai tersebut merupakan salah satu dari hanya 7 pantai diseluruh dunia yang memiliki pasir pantai yang berwarna pink, dan bagi anda yang gemar snorkeling atau diving, Pulau Komodo juga memiliki biota bawah laut yang menganggumkan dengan memiliki lebih dari 385 spesies terumbu karang dan menjadi rumah bagi ribuan spesies ikan, 10 jenis lumba-lumba, 6 macam paus, berbagai jenis hiu serta ikan pari serta rumah bagi 70 jenis bunga karang sehingga tidak heran Pulau Komodo menjadi surga bagi pecinta diving atau snorkeling.

Bagi anda yang berminat berwisata ke pulau komodo dan takut akan binatang besar komodo yang hidup secara liar tidak perlu kuatir sebab dalam mengelilingi pulau anda akan ditemani dengan pawang komodo dan anda juga akan dibekali dengan tongkat yang dapat berfungsi untuk melemahkan komodo. Sedangkan untuk penginapan, anda dapat menggunakan rumah penjaga komodo yang memiliki fasilitas yang cukup memadai dan nyaman, tetapi kebanyakan wisatawan memilih untuk menginap di berbagai hotel dan resort di Labuan Bajo yang dekat dengan pulau Komodo.

Sekian informasi wisata kami mengenai Wisata ke Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur Yang Eksotis dan Mendunia, semoga bermanfaat dan berguna. Terima kasih.

Baca juga informasi wisata kami lainnya mengenai Pesona Wisata Bahari di Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur Yang Wajib Anda Kunjungi

Add Comment