Wisata Pesona dan Kemegahan Candi Prambanan Yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata Pesona dan Kemegahan Candi Prambanan Yang Wajib Anda Kunjungi
4.2 (84%) 5 votes

indonesiaituindah.com –Sebagai bangsa Indonesia, kita patut berbangga dimana di Indonesia selain kaya akan keindahan alam yang menakjubkan, Indonesia juga memiliki berbagai peninggalan sejarah yang fenomenal yang terkenal didunia dimana salah satunya peninggalan budaya yang paling terkenal di Indonesia adalah Candi Prambanan yang merupakan bukti sejarah besarnya peradaban Hindu di tanah Jawa pada dahulu kala.

Wisata Pesona dan Kemegahan Candi PrambananCandi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia bahkan menjadi salah satu candi Hindu terindah di kawasan Asia Tenggara dan telah masuk ke dalam daftar UNESCO sebagai World Wonder Heritage atau Cagar Budaya Dunia yang harus dilestarikan pada tahun 1991 silam dimana hal tersebut tidak terlepas dengan kemegahan arsitektur Candi Prambanan yang sangat indah menjadikan Candi Prambanan merupakan maha karya umat Hindu di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi oleh Wangsa Sanjaya dan kini menjadi salah satu objek wisata sejarah yang ramai dikunjungi baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Candi Prambanan berada pada desa Prambanan Kecamatan Bokoharjo, Yogyakarta dimana candi ini sangat mudah terlihat dan ditemukan sebab ketinggian candi yang menjulang hingga setinggi 47 m. Candi Prambanan memiliki 3 candi utama yakni candi Brahma, Wisnu, dan Siwa dimana ketiga candi tersebut merupakan sebuah lambang Trimurti dalam kepercayaan umat Hindu. Selain candi utama, juga terdapat beberapa candi pendamping dan beberapa candi tambahan yang tidak kalah menarik.

Hal yang menarik dari Candi Prambanan adalah relief-relief yang terdapat pada dinding candi dimana terdapat relief kisah fenomenal yakni kisah Ramayana yang menjadi relief utama serta beberapa relief lainnya seperti pohon kalpataru yang bagi umat Hindu dipercaya sebagai simbol kelestarian, pohon kehidupan, dan keserasian lingkungan, dimana hal tersebut membuktikan bahwa pada abad ke 9 lalu, masyarakat Jawa sudah mengenal kearifan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Menarik bukan untuk dikunjungi ? di Candi Prambanan ini pun terdapat area dan taman bermain untuk anak-anak bagi anda yang ingin berwisata dengan keluarga, dan juga kendaraan berkeling candi Prambanan menggunakan kereta mini. Pada bagian dalam Taman Wisata Prambanan ini terdapat sebuah museum yang telah dilengkapi dengan peralatan audio visual mengenai sejarah Candi Prambanan untuk para wisatawan.

Sekian informasi wisata kami mengenai Wisata Pesona dan Kemegahan Candi Prambanan Yang Wajib Anda Kunjungi, semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga informasi wisata kami mengenai Tips Pintar Liburan Bersama Anak

Add Comment