Destinasi Pura Ulu Watu yang Unik dan Menarik

Rate this post

Indonesiaituindah.com – Pura Ulu Watu – Selain menyimpan keindahan alamnya, Bali juga menyimpan keunikan tersendiri. Pulau Dewata tersebut merupakan pusatnya agama Hindu di Indonesia dan memang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Tak heran jika di Bali banyak pura yang digunakan untuk beribadah. Salah satu tempat ibadah yang unik dan menyimpan keindahan adalah Pura Ulu Watu. Seperti apakah keindahan serta keistimewaan di sana? Simak ulasannya di bawah ini.

Keindahan yang Ada pada Pura Ulu Watu


Mendengar kata Bali pastinya semua orang langsung berpikir tentang pantai dan juga kebudayaannya. Adat istiadat Bali memang sudah terkenal seantero dunia dan salah satunya yang menjadi pusat perhatian adalah pura. Pura sendiri selain dijadikan tempat suci dan beribadah bagi umat Hindu juga memiliki keindahan yang bisa dijadikan tempat wisata religi. Berada di daerah Bali Selatan, pura ini pun disebut juga sebagai poros mata angin Pulau Bali.

Berbeda dengan Pura Tanah Lot, Pura Ulu Watu memang begitu spesial karena pengunjung bisa melihat pemandangan Samudra Hindia yang luas. Di pura tersebut anda bisa melihat keindahan yang ditawarkan di sekeliling pura. Ulu watu dalam bahasa Sansekerta sendiri memiliki arti puncak batu dan memang letaknya berada di atas batu karang. Tercatat ketinggian dari pura ini adalah sekitar 97 meter di atas permukaan laut. Yang menjadikan pura di sini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara adalah adanya spot sunset.

Para pengunjung di sini nantinya akan disuguhi dengan keindahan sunset yang terlihat jelas dari atas pura. Kemudian keistimewaan lainnya adalah pertunjukkan tari tradisional Bali yaitu Tari Kecak. Pertunjukkan tari tersebut merupakan ciri khas dari pura yang ada di Ulu Watu Bali. Tari Kecak dimainkan oleh 50-100 orang laki-laki dan dimainkan dengan duduk melingkar sambil bersuara cak cak cak. Itu lah mengapa tari ini bisa disebut dengan tari Kecak. Pertunjukkan tari Kecak di pura ini akan dimulai setelah matahari terbenam biasanya, yaitu sekitar pukul 18.00 sampai 19.00 WITA.

Memang pertunjukkan tari tersebut menjadi ciri khas yang dimiliki oleh pura yang beralamat di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali. Tari Kecak sendiri biasanya mengangkat cerita Ramayana. Selain melihat pertunjukkan tari, pura di sini memang dikenal sebagai pura yang memiliki pemandangan indah dan menakjubkan. Bagaimana tidak? Terletak di ketinggian bukit karang dan di bawahnya merupakan laut yang menghadap langsung ke Samudra Hindia menjadikan pura tersebut begitu menarik untuk dikunjungi.

Bagi para wisatawan yang tidak membawa bekal minuman dan makanan pun tak perlu khawatir karena di sekitar pura sudah banyak penjual makanan serta minuman. Tidak hanya warung kecil saja tetapi ada juga restoran mewah yang ada di situ. Selain itu, lokasi wisata Pura Ulu Watu juga dekat dengan tempat wisata populer lainnya di Bali. Contohnya adalah Pantai Pandawa, Pantai Dreamland, Monkey Forest Ubud, Pantai Jimbaran dan Garuda Wisnu Kencana. Jika anda bertanya-tanya tentang harga tiket, khusus anak-anak adalah Rp 10.000 dan dewasa Rp 20.000. Namun jika anda ingin melihat pertunjukkan tari Kecak, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 per orang. Baca juga Hotel Murah Jakarta Rp. 100 Ribuan yang Tetap Nyaman Dan Berkelas

Bali memang menyimpan sejuta keindahan tak hanya alamnya saja yang memukau tetapi kearifan lokalnya pun tak kalah indahnya. Bagi anda yang ingin mencari spot sunset terbaik di Pulau Dewata bisa datang ke pura tersebut dan nikmati pertunjukkan tari Kecak nya.

Add Comment