7 Tempat Wisata Menarik Kawasan Dieng yang Wajib Dikunjungi

Dieng Plateu atau lebih sering dikenal Dataran Tinggi Dieng adalah salah satu wisata perbukitan yang berada di Wonosobo. Di sini Anda bisa mengunjungi berbagai pilihan wisata dan sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga, mulai dari pegunungan, lembah, budaya, dan lain-lain. Harga tiket masuk obyek wisata Dieng juga cukup murah, yakni mulai Rp10.000,00 saja.

Dengan tiket masuk wisata Dieng yang murah tersebut, Anda sudah bisa menikmati berbagai lokasi yang menarik. Lalu, apa saja tempat wisata tersebut? Simak pembahasan berikut ini.

7 Tempat Wisata Menarik Kawasan Dieng

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir via Kompas

Bukit Sikunir via Kompas

Wisata dataran tinggi Dieng pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Bukit Sikunir. Di tempat ini Anda bisa menikmati indahnya sunrise di gazebo sembari menyantap makanan yang dijajakan oleh penjual di area tersebut. Untuk mencapai puncak bukit Sikunir diperlukan waktu sekitar 1 jam dengan jalur tangga. Jadi, tempat ini sangat cocok Anda kunjungi bersama teman-teman Anda.

2. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka via KSMtour

Kawah Candradimuka via KSMtour

Ketika memilih paket wisata ke Dieng, tak lengkap jika tidak mengunjungi kawah Candradimuka. Dalam cerita pewayangan, konon kawah Candradimuka adalah tempat Gatotkaca disucikan. Kawahnya yang sangat panas mengubahnya menjadi seorang kesatria yang sakti dan bisa mengalahkan musuh. Jika masih belum puas dengan melihat kawah ini, pengunjung juga bisa mampir ke kawah yang lokasinya tidak terlalu jauh, yakni kawah Sinila dan kawah Timbang.

3. Lembah Sumurup

lembah sumurup via Diengcool

lembah sumurup via Diengcool

Lembah Sumurup merupakan taman wisata lembah Dieng yang tidak pernah absen dikunjungi wisatawan. Lembah yang juga terkenal sebagai padang savana Dieng ini memiliki wilayah yang sangat luas dengan hamparan rumput hijau yang menyegarkan mata. Nama Sumurup ini berasal dari bahasa Jawa “murup” yang berarti menyala, yakni karena warna rumput di sini seperti menyala.

4. Gunung Prau

Gunung Prau via genpi.id

Gunung Prau via genpi.id

Gunung Prau merupakan titik tertinggi yang berada di objek wisata di Dieng. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut. Ada beberapa jalur yang bisa dilalui oleh pengunjung antara lain jalur Dieng, Wates, Patak Banteng, dan lain-lain. Menariknya, di tempat ini Anda bisa menikmati sunset sekaligus sunrise yang sangat indah.

5. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin via kompas.com

Batu Pandang Ratapan Angin via kompas.com

Wisata yang selanjutnya adalah Batu Pandang Ratapan Angin. Di tempat ini terdapat dua batu yang saling bertumpuk di atas bukit. Dari tumpukan batu tersebut, Anda akan melihat indahnya Telaga Pengilon dan Telaga Warna yang terletak berdampingan. Warnanya yang sangat kontras akan memberikan Anda pengalaman yang tidak pernah terlupakan.

6. Telaga Warna

Telaga Warna via Tourdejava

Telaga Warna via Tourdejava

Salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di kawasan Dieng adalah Telaga Warna. Seperti namanya, Telaga Warna menawarkan telaga dengan warna yang sangat indah. Luas telaga ini diperkirakan beberapa kali lipat dari lapangan sepak bola. Harga paket wisata Dieng di tempat ini juga tidak terlalu mahal, yakni hanya dengan Rp7.000,00 saja per orang.

7. Komplek Candi Arjuna

Komplek Candi Arjuna via pegipegi.com

Komplek Candi Arjuna via pegipegi.com

Tidak hanya wisata alam, Anda juga bisa mengunjungi wisata buaya seperti Candi Arjuna. Kompleks candi seluas 1 hektare ini setidaknya terdapat lima candi. Candi tersebut adalah Candi Semar, Arjuna, Puntadewa, Sembada, dan Srikandi. Tempat ini biasa dipakai untuk pelaksanaan Galungan dan juga festival tahunan Dieng Culture Festival. Baca : Tempat Wisata Hits di Jogja, Liburan Lebih Seru dan Asyik

Itulah tadi beberapa wisata yang bisa Anda kunjungi di area Dieng. Sebenarnya masih ada banyak wisata Wonosobo selain Dieng yang tidak kalah bagus. Anda bisa langsung mencari tahu ketika berada di sana. Yang jelas, wilayah Dieng ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan Anda, baik dengan teman-teman maupun keluarga. Jadi, pastikan Anda mengosongkan hari khusus untuk mendatangi tempat ini.

Add Comment