Ingin Berhemat Saat Berlibur Ke Australia? Simak Tips Berikut !

Menjelang liburan ke negeri Kanguru, pastinya anda wajib hunting tiket ke australia agar segala sesuatunya lebih terencana sejak awal.

Liburan Ke Australia Hemat Budget? Kenapa Tidak?

Siapa yang tak kenal dengan negara Australia. Negara yang terkenal dengan Kangurunya ini memang cukup banyak dipilih sebagai destinasi wisata, terutama bagi masyarakat Indonesia yang ingin merasakan seperti apa rasanya berplesiran ke luar negeri. Hal ini wajar karena memang Australia sendiri juga menawarkan beragam pilihan tempat wisata yang indah dan unik dan sayang untuk dilewatkan.

Tapi membahas mengenai liburan ke luar negeri pastinya banyak orang yang insecure duluan karena takut budget membengkak. Tenang saja karena anda tetap bisa hemat kok meskipun berlibur ke Australia. Penasaran bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini.

Sidney Opera House, Photo by Keith Zhu on Unsplash

1. Pergi Rame – rame

Hal yang perlu digaris bawahi sebelum mengunjungi Aussie adalah bahwa negara ini memang sangat tidak cocok untuk solo traveler alias sangat tidak disarankan bepergian sendirian. Mengapa begitu? Karena biaya hidup di negara ini terbilang mahal. Jika anda pergi sendirian maka bisa dibayangkan apa – apa harus anda bayar sendiri.

Jika pergi rame – rame selain lebih seru juga bisa menghemat biaya karena biaya apapun bisa dibayar bersama. Biaya makan, penginapan, sewa kendaraan dan biaya lainnya.

2. Pilih Tiket Murah

Agar irit budget, carilah tiket murah sebelum keberangkatan ke Australia. Bandingkan harga tiket antara maskapai yang satu dengan yang lainnya. Dan tips keberangkatan paling tepat adalah berangkat saat malam hari. Tujuannya adalah agar anda sampai di Australia pas pagi hari sehingga tak perlu menginap karena anda bermalam di dalam pesawat.

3. Pilih Penginapan Di Tengah Kota

Mungkin yang ada di mindset anda adalah bahwa semua fasilitas yang ada di tengah perkotaan identik dengan biaya yang mahal. Yang mana jelas akan menguras dompet anda. Namun ini tidak berlaku bagi negara Australia.

Bisa dikatakan bahwa Australia merupakan negara yang menawarkan beragam pilihan penginapan yang menawarkan tarif yang cukup terjangkau. Bahkan di berbagai penjuru kota – kota besar di Australia juga menerapkan hal yang sama. Hal ini artinya menjadi note atau catatan bagi para turis, jika ingin berhemat saat berlibur ke Australia memang sangat disarankan untuk memilih penginapan yang berada di pusat kota saja.

4. Manfaatkan Shuttle Bus

Meskipun biaya hidup di Australia mahal namun ternyata pemerintah Australia sendiri menawarkan beragam fasilitas umum yang dapat menunjang kenyamanan para wisatawan. Salah satu diantaranya adalah dengan adanya Free City Shuttle Bus. Bus yang satu ini gratis bagi siapapun yang ingin naik.

Bus ini memang disediakan bagi para wisatawan karena secara rute memang melewati berbagai tempat wisata populer di Australia. Dan di seluruh kota besar yang ada di Australia memang menyediakan bus gratis ini. Sehingga sangat pas jika ingin berkeliling Australia sekaligus menghemat biaya.

5. Pergi Rame – rame? Sewa Campervan Saja !

Berlibur ke Australia memang sangat disarankan rame – rame alias group. Hal ini untuk menghemat biaya karena jika pergi sendirian maka budget bisa membengkak karena apapun dibayar sendiri. Menariknya adalah jika anda kebetulan pergi rame – rame atau group, maka anda bisa menyewa Campervan.

Apa itu Campervan? Campervan adalah sebuah mobil kemah yang sangat cocok untuk rombongan. Biasanya tarif sewa tergantung pada jenis mobilnya. Dengan menggunakan mobil ini, anda bisa juga tidak perlu menginap karena bisa tidur didalam mobil.

Anda juga bisa lebih leluasa  dalam menentukan lokasi tujuan. Hanya saja memang dibutuhkan SIM internasional agar bisa membawa atau menyewa Campervan ini.

6. Hindari Makan Diluar

Memang seperti benar jika biaya hidup di Australia memang mahal. Sekali makan di restoran Australia bisa dipakai 2 – 3 kali makan di Indonesia. Sebisa mungkin carilah penginapan yang ada dapurnya. 

Belanja bahan kemudian masak sendiri. Selain lebih terjamin, juga bisa digunakan untuk beberapa kali makan. Bawa juga air minum dari penginapan agar tak perlu beli minuman saat bepergian.  Lebih hemat juga kan?

7. Pilih Tempat Wisata yang Gratis Saja

Berwisata tak harus selalu yang membayar kok. Di Australia pun juga ada beberapa tempat wisata populer tapi GRATIS. Demi menghemat biaya, sangat disarankan mengunjungi tempat – tempat wisata yang gratis saja. Misalnya ada :

  • Sydney Opera House
  • Royal Botanical Garden
  • Sydney Harbour

Dengan  tips – tips diatas, maka anda bisa sepuasnya mengeksplor Australia tanpa takut biaya akan membengkak. Yuk segera pesan Tiket ke Australia sekarang juga dan nikmati serunya berlibur hemat di Australia tersebut.

Anda mungkin akan juga tertarik dengan tempat wisata di Bali yang cocok untuk anda kunjungi.

Add Comment