Panduan Cara Naik Pesawat Terbang Pertama Kali

Panduan Cara Naik Pesawat Terbang Pertama Kali
4.8 (95%) 8 votes

Bagi anda yang baru pertama kali naik pesawat terbang, mungkin info panduan cara naik pesawat terbang ini akan sangat berarti sekali, namun bagi yang sudah sering naik pesawat, mungkin bisa untuk menambah wawasan. Naik pesawat terbang berbeda dengan naik kereta, kapal laut atau angkot. Disini membutuhkan beberapa step-step yang harus dilalui. Secara garis besar, ada 6 step yang harus di lalui yaitu :

1. Pembelian Tiket
2. Check in di Bandara
3. Boarding
4. Take Off
5. Di Pesawat
6. Landing

Pembelian Tiket

Untuk saat ini, pembelian tiket tidak bisa dilakukan di bandara setelah beredarnya surat edaran Menteri Perhubungan nomor HK.209/I/16PHB.2014 kepada seluruh penyelenggara bandar udara tertanggal 31 Desember 2014 tentang Peningkatan Pelayanan Publik di Bandar Udara Seluruh Indonesia sebagai upaya untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal bagi para pengguna jasa transportasi udara.

Untuk itu, salah satu alternatif pembelian tiket bisa melalui online, salah satunya Traveloka. Atau bisa melalui agen-agen, biasanya mereka buka di pinggir jalan di sekitar jalan menuju bandara. Setelah melakukan pembelian tiket, anda akan mendapatkan kode booking, simpan baik-baik kode booking tersebut.

Pesawat lion air view gunung merapi

Check In di Bandara

Sebelum naik ke pesawat, penumpang di haruskan check in di counter sesuai maskapai yang akan ditumpangi. Sebelumnya persiapkan identitas diri bisa berupa KTP, SIM atau Passport untuk setiap penumpang. Lakukan check in di counter check in sesuai maskapai, beberapa maskapai memberikan fasilitas bagasi antara 15-20kg/penumpang, kalau kamu ada koper/bagasi boleh di masukkan ketika check in. Sekedar saran, lebih baik kamu sudah tiba di bandara 90 menit sebelum keberangkatan. Mengapa demikian? Karena kadang terjadi antrian di counter check in, dan juga di security sebelum ruang tunggu. Jangan sampai kamu ketinggal pesawat gara-gara mengantri terlalu lama di counter check in.

Setelah proses check in selesai, anda akan mendapatkan boarding pass, kemudian silahkan berjalan menuju ke ruang tunggu. Biasanya akan ada pengecekan lagi, baik itu boarding pass disertai kartu identitas diri dan keamanan, barang-barang bawaan anda akan di periksa sebelum masuk ke ruang tunggu.

Lion air antri

Boarding

Boarding yaitu istilah sederhana-nya yaitu menaikkan penumpang ke pesawat. Ketika di ruang tunggu, perhatikan baik-baik ketika ada pengumuman. Jika ada pengumuman untuk naik ke pesawat sesuai dengan tiket anda, segeralah menuju ke gerbang yang di maksud, nanti disana akan di cek lagi boarding passnya. Ketika sudah sampai di pesawat, duduklah sesuai dengan tiket anda.

Take Off

Take off merupakan bagian yang sangat krusial, untuk itu selalu ikuti aturan yang berlaku, seperti memasang sabuk pengaman dan meluruskan sandaran kursi. Jangan lupa untuk menonaktifkan perangkat elektronik anda.

Di Pesawat

Ketika di pesawat, anda bisa melakukan beberapa kegiatan seperti membaca buku, ngemil, atau tidur. Ketika lampu sabuk pengaman dimatikan, artinya aman apabila ada penumpang yang ingin ke kamar kecil. Meski demikian, bagi anda yang duduk disarankan untuk tetap memakai sabuk pengaman, karena walaupun penerbangan sudah mulus, kadang terjadi goncangan, contohnya ketika menabrak awan.

Landing

Biasanya dua puluh menit sebelum mendarat, penumpang akan di beri informasi oleh kapten atau pramugari bahwa pesawat akan segera landing. Jangan lupa untuk menegakkan sandaran kursi dan memakai sabuk pengaman. Jangan melepas sabuk pengaman ketika pesawat belum benar-benar berhenti sempurna. Disarankan pada bagian ini untuk tetap tidak menyalakan perangkat elektronik(HP-red) sampai anda berada di terminal kedatangan karena dapat mengganggu komunikasi pesawat dengan ATC.

Tips dan Trik

  1. Usahakan 90 menit sebelum jam keberangkatan anda sudah berada di bandara.
  2. Jangan membawa barang-barang terlarang(Senjata tajam, benda mudah terbakar, narkoba).
  3. Bawalah barang-barang secukupnya dan semisal membawa oleh-oleh bisa dimasukkan ke kardus atau memakai jasa wrapping di bandara.
  4. Jangan sekali-kali menyalakan alat elektronik di dalam pesawat.
  5. Selalu bawa uang cadangan, untuk penerbangan domestik usahakan membawa uang cash 500rb-1juta.
  6. JANGAN PERNAH BERCANDA MASALAH BOM, anda akan diproses dan kemungkinan akan gagal terbang.
  7. Selalu berdoa meminta perlindungan.

Semoga informasi tentangĀ  panguan cara naik pesawat terbang ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa juga membaca artikel Booking Hotel Gratis Dengan Kode Promo Hotel Quickly.

No Responses

Add Comment