Saat ke Sumatra, Jangan Lupa Berkunjung ke Pantai-Pantai Menawan di Medan – Bagian II

Rate this post

Menyikapi artikel bagian I pada postingan berikutnya, kayak-kayaknya kurang afdhol kalau bagian I aja ada masa bagian II enggak ada. Kan agak gimana gitu kan ya. Makanya pada postingan ini dibuatlah bagian II soal artikel yang membahas tentang pantai-pantai menawan di Medan. Jadi, ayo kita bahas tentang Medan buat basa-basi dulu.

Medan dalam ilmu fisika adalah kehadiran besaran fisika di setiap titik dalam ruang (atau, secara lebih umum, ruang-waktu). Itu kalau dalam ilmu fisika. Kalau di sini, kita membahas Medan yang sebagai tempat wisata. Jadi, penjelasan tadi tolong diabaikan saja.

Secara demografi, Medan terdiri dari beberapa suku bangsa, di antaranya: Batak, Melayu, Jawa, Tionghoa, Mandailing, Minangkabau, Karo, Aceh, dan Tamil. Tak hanya suku bangsa, bahasa yang mereka gunakan pun beragam, di antaranya: Indonesia, Melayu, Batak, Jawa, Hokkien, Minangkabau, Aceh, Mandailing, dan Tamil. Medan adalah daerah dengan kepadatan 8.008/km2 (20,740/sq mi) serta total penghuni 3.418.645 jiwa. Tentu dengan banyaknya penduduk tersebut sudah pasti diimbangi dengan beragamnya tempat wisata dong. Salah satunya, pantai. Berikut adalah pantai-pantai di Medan yang enggak ada di bagian I dan kami coba sajikan di artikel bagian II ini. Nikmatilah! Nikmatilah!

1. Pantai Cermin Serdang Begadai

via: www.panoramio.com

via: www.panoramio.com

Pantai Cermin Serdang Begadai berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Medan. Kalau kamu dari Kota Medan, mengarahlah ke Kota Lubuk Pakam daerah Kabupaten Deli Serdang, hingga berlanjut ke Kota Perbaungan. Pantai ini terletak di Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Begadai. Pantai ini berada di pesisir timur pulau Sumatra, langsung berbatasan dengan Selat Malaka.

Mulanya, Pantai Cermin Serdang Begadai hanyalah kawasan pantai wisata saja. Namun oleh pemerintah Kabupaten Serdang Begadai kemudian dikemas secara apik, hingga mampu disulap menjadi objek wisata yang sanggup menarik perhatian wisatawan, baik dalam maupun luar negeri.

2. Pantai Pondok Permai Serdang Begadai

via: www.panoramio.com

via: www.panoramio.com

Pantai Pondok Permai Serdang Begadai berjarak 50 kilometer dari Kota Medan. Terletak di Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin. Pantai ini terkenal bersih, berpemandangan indah, dangkal dan ombaknya tak terlalu besar.

Pantai Pondok Permai Serdang Begadai sering dipakai untuk wisata keluarga. Anak-anak suka berenang di pantai, karena dangkal. Orangtua-orangtua suka bermain voli dan menerbangkan layang-layang. Disediakan pula lapangan rumput bagi sesiapa yang suka bermain bola. Tentu bukan bola voli, apalagi bola bekel, melainkan sepak bola.

Jika ingin menikmati indahnya pantai, bisa menyewa sepeda air atau banan boat. Atau kalau mau menyewa speed boat, bahkan bisa diantarkan ke Pantai Gudang Garam dan Pantai Cermin.

3. Pantai Kuala Putri Perbaungan

via: libcnr.blogspot.com

via: libcnr.blogspot.com

Pantai Kuala Putri Perbaungan loh ya namanya, bukan Pantai Kuala Lumpur, apalagi Kuala Kumal. Pantai ini terletak sekitar 48 kilometer dari Kota Medan. Terletak di Desa Kuala Lama, Kecamatan Pantai Cermin. Pasir di Pantai Kuala Putri Perbaungan ini berwarna kecoklatan, enak banget buat tidur-tiduran. Apalagi kalau tidurannya ada yang nemenin.

Soal fasilitas, Pantai Kuala Putri Perbaungan enggak jauh beda sama pantai-pantai lainnya. Cuma, kalau di sini kamu bisa melihat kehidupan para nelayan lebih dekat.

4. Pantai Mutiara Serdang Begadai

via: ali-wisata.blogspot.com

via: ali-wisata.blogspot.com

Pantai Mutiara Serdang Begadai berada di areal hutan bakau (mangrove) desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin. Jaraknya sekitar 43 kilometer dari Kota Medan. Atau 23 kilometer dari Sei Rempah, tetapi bisa juga menjadi 25 kilometer kalau 2 kilometer dari Sei Rempah adalah rumah mantan kamu. Rute menuju ke sini, hampir sama dengan rute menuju Pantai Cermin dan Pantai Perbaungan kok.

Di sini kamu bisa menemukan tempat pembiakan ikan laut dan kepiting, di antara akar-akar pohon bakau. Saat perut keroncongan, tidak usah banyak-banyak cemas, karena di sini juga ada restoran seafood dengan beragam hidangan ikan-ikan laut. Atau kalau ingin istirahat, di Pantai Mutiara Serdang Begadai juga terdapat banyak pondok. Tentu bukan pondok pesantren. Melainkan, pondok-pondok penginapan.

5. Pantai Perjuangan Batubara

via: www.sentralpariwisata.xyz

via: www.sentralpariwisata.xyz

Meski judul ini tertulis Pantai Perjuangan Batubara, namun sebetulnya pantai ini lebih akrab dengan sebutan pantai Jono. Bukan pantai Lono. Pantai ini terletak di Dusun Masjid, Desa Lalang, Kecamatan Medan Deras, Kabupaten Batubara.

Pantai Perjuangan Batubara memiliki panorama laut yang menarik, hamparan pasir putih yang luas nan indah. Selain itu, banyak orang berkunjung ke sini untuk menikmati detik-detik tenggelamnya matahari.

Dikala lelah, mampirlah beristirahat di pondok-pondok yang disediakan di sekitar pantai. Atau kalau lapar, bisa juga mampir ke warung-warung yang ada di sana. Kamu akan disuguhi menu Sombom ikan. Itu adalah ikan yang dipanggang dengan bumbu khas daerah Batubara.

Jika ingin memancing dengan penuh kedamaian, cobalah menyewa kapal tradisional atau kapal kayu mesin.

6. Pantai Indah Pandan Tapanuli Tengah

via: www.wisatatiga.com

via: www.wisatatiga.com

Pantai Indah Pandan Tapanuli Tengah terletak di Desa Pandan, Kecamatan Pandan Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah. Kalau dari Sibolga, butuh waktu 30 menit menggunakan kendaraan untuk bisa sampai ke sini. Pantai ini menghadap Samudera Indonesia, dengan pasir putih yang memanjang luas serta merdunya suara deburan ombak yang tentu lebih merdu dari Syahrini. Mengapa lebih merdu dari Syahrini? Karena Syahrini belum tentu bisa menirukan suara ombak sebagaimana ombak menyuarakan dirinya.

Pantai Indah Pandan Tapanuli Tengah ini merupakan tempat wisata favorit keluarga pada saat liburan. Jika lapar, di sini tersedia restoran yang menyajikan makanan tradisional dengan harga terjangkau. Bila ingin beristirahat, penginapan pun juga ada.

7. Pantai Sikara-Kara

via: theopinies.blogspot.com

via: theopinies.blogspot.com

Pantai Sikara-Kara terletak di Desa Pantai Sikara-Kara, Kecamatan Natal. Rute menuju ke sini, sama dengan rute menuju pantai Natal, yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya. Pantai Sikara-Kara mudah ditemukan, karena berada di sisi jalan. Pada saatnya nanti, mungkin ia akan susah ditemukan, tepatnya jika sudah di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Sesampai di sini, nikmatilah hamparan pasir yang luas, serta indahnya detik-detik matahari terbenam pada saat senja.

Add Comment