4 Tempat Wisata Alam di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Dibalik gedung tinggi dan kepadatan lalu lintasnya, rupanya Jakarta memiliki tempat wisata bernuansa alam di dalamnya. Baik itu tempat wisata Jakarta Barat maupun daerah lain, semuanya memiliki kekuatan masing-masing dalam wisata alamnya.

Salah satu tempat wisata di Jakarta Barat yang cukup terkenal adalah Pantai Indah Kapuk. Namun, sebenarnya Jakarta masih menyimpan banyak tempat wisata alam yang lainnya. Apa saja itu? Simak uraian berikut ini.

Tempat Wisata Alam di Jakarta

1. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan via liputan6.com

Kebun Binatang Ragunan via liputan6.com

Kebun binatang Ragunan merupakan salah satu tempat wisata alam yang murah meriah di Jakarta. Kebun binatang ini bisa dikatakan cukup tua karena sudah berdiri sejak tahun 1864. Luas area tempat ini sekitar 140 hektar dan terdapat ratusan spesies satwa di dalamnya. Selain aneka satwa, tempat ini juga menyuguhkan lingkungan yang masih hijau dan sejuk.

Karena suasananya yang sejuk dan sangat berbeda jauh dari kota, banyak yang memanfaatkan tempat ini sebagai sarana untuk berolahraga pagi. Walaupun di masa-masa liburan tempat ini cenderung ramai, akan tetapi di hari normal tempat ini sangat ideal untuk jogging dan menikmati udara yang masih bersih dan sehat. Bagi Anda yang sedang bekerja di wilayah Jakarta Selatan, tempat ini tidak boleh Anda lewatkan.

2. Setu Babakan

Setu Babakan via beritalima.com

Setu Babakan via beritalima.com

Setu babakan adalah tempat wisata di Jakarta Selatan. Tempat ini merupakan sebuah danau yang terdapat di tengah kota dan dikelilingi perkampungan penduduk. Luas wilayah ini sekitar 32 hektar dan terletak di antara Danau Mangga Bolong dan Danau Babakan. Banyak sekali kegiatan air yang dapat Anda lakukan di Setu Babakan, salah satu yang paling populer adalah memancing ikan.

Yang menjadi daya tarik objek wisata di Jakarta Selatan ini selain pemandangan danaunya yang indah adalah karena Setu Babakan merupakan lokasi pusat dari budaya Betawi. Bahkan, status tempat ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Berbagai atraksi bernuansa budaya Betawi sering digelar di lokasi ini. Jadi, jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata alam dengan unsur Betawi yang masih kuat, sekarang Anda sudah tahu harus ke mana.

3. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk via wego.co.id

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk via wego.co.id

Objek wisata Jakarta Barat ini tidak boleh Anda lewatkan, yaitu hutan mangrove Pantai Indah Kapuk. Biasanya kawasan pantai cenderung panas, apalagi di wilayah Jakarta. Namun, hal itu tidak akan Anda temui di Pantai Indah Kapuk.

Objek wisata di Jakarta Barat ini menawarkan udara yang sejuk karena terdapat hutan mangrove atau bakau yang dirawat dengan baik. Tidak hanya itu, bakau di tempat ini juga telah ditata dengan baik sehingga menjadi tempat yang menarik dijadikan spot foto.

Anda dapat menikmati indahnya kawasan bakau dengan menggunakan geladak atau perahu bersama teman-teman dan keluarga. Jika ingin sesuatu yang lebih eksklusif, cobalah untuk menyewa sepeda air atau kano untuk menikmati sensasi yang lebih seru. Selain menikmati indahnya pemandangan, ada pula kursus singkat mengenai cara menanam mangrove. Jadi jika Anda mencari tempat wisata di Jakarta Barat untuk edukasi anak, inilah jawabannya.

4. Bumi Perkemahan Cibubur

Bumi Perkemahan Cibubur via pingpoint.co.id

Bumi Perkemahan Cibubur via pingpoint.co.id

Walaupun bernama bumi perkemahan, nyatanya tempat ini tidak hanya digunakan untuk camping saja, melainkan ada berbagai hal menarik yang dapat dinikmati. Di tempat ini terdapat danau yang sangat indah dan bisa dinikmati dengan menaiki perahu. Ada pula kolam dengan kedalaman yang beragam sehingga sangat cocok untuk bermain air bersama keluarga. Dengan harga tiket mulai dari Rp6.000,00 saja Anda sudah bisa menikmati fasilitas tersebut.

Jadi, meski Jakarta cenderung terkenal akan suasananya yang padat dan panas, ternyata masih ada berbagai tempat wisata alam yang tak kalah sejuknya dengan daerah lain. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat wisata di Jakarta Pusat yang murah atau sekitarnya untuk melepas rasa penat dan lelah dari padatnya suasana perkotaan.

Add Comment